Rabu, 30 Desember 2009

ASBABUNNUZUL SURAH AL-IKHLASH

-->
قُلْ هُوَ اللهُ احَدٌ - اَللهُ الصَّمَدُ- لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ - وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا اَحَدٌ
Katakanlah, Dia-lah Allah Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.
اسباب نزول الآية :
اخرج الترمذي والحاكم وابن خزيمة من طريق أبى العالية عن ابي بن كعب : اَنَّ الْمُشْرِكِيْنَ قَالُوْا لِرَسُوْلِ اللهِ : اُنْسُبْ لَنَا رَبَّكَ. فَاَنْزَلَ اللهُ "قُلْ هُوَ اللهُ احَدٌ " اِلَى آخِرِ ها
Imam Tirmidzi, Imam Hakim dan Imam Ibnu Khuzaimah, telah mengetengahkan sebuah hadis melalui jalur Abul Aliyah, yang ia terima dari Ubay bin Kaab, bahwasanya orang-orang musyrik telah berkata kepada Rasulullah saw, "Ceritakanlah kepada kami mengenai Tuhanmu." Maka Allah menurunkan firman-Nya, "Katakanlah! Dialah Allah Yang Maha Esa.” (Q.S. Al-Ikhlash ayat 1 hingga akhir surah)
وأخرج الطبراني وابن جرير مثله من حديث جابر بن عبد الله فاستدل بها على أن السورة مكية
Imam Tabrani dan Imam Ibnu Jarir mengetengahkan hadis yang sama melalui hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin 'Abdullah. Dengan demikian maka dapat disimpulkan, bahwa surah Al-Ikhlash ini termasuk surah Makkiah.
وأخرج ابن أبي حاتم عن ابن عباس أن اليهود جاءت إلى النبي صلى الله عليه وسلم منهم كعب بن الأشرف وحيي بن أخطب فقالوا يا محمد صِف لنا ربَّك الذي بعثك فأنزل الله قل هو الله أحد إلى آخرها
Imam Ibnu Abu Hatim mengetengahkan sebuah hadis melalui Ibnu Abbas, bahwasanya orang-orang Yahudi datang kepada Nabi saw, di antara mereka terdapat Ka’ab bin Asyraf dan Huyay bin Akhthab. Mereka berkata : "Hai Muhammad! Gambarkanlah kepada kami Tuhanmu yang telah mengutusmu." Maka Allah swt. menurunkan firman-Nya : "Katakanlah! Dialah Allah Yang Maha Esa'." (Q.S. Al Ikhlash (112) ayat 1 hingga akhir surah)
وأخرج ابن جرير عن قتادة وابن المنذر عن سعيد بن جبير مثله فاستدل بهذا على أنها مدنية
Imam Ibnu Jarir mengetengahkan pula hadis yang sama melalui Qatadah. Demikian pula Imam Ibnu Munzir mengetengahkan pula hadis yang sama melalui Said bin Jubair. Maka dengan riwayat ini dapat disimpulkan bahwa surah ini termasuk ke dalam kelompok surah Madaniah.
وأخرج ابن جرير عن أبي العالية قال قال قتادة قالت الأحزاب انسب لنا ربك فأتاه جبريل بهذه السورة
Imam Ibnu Jarir mengetengahkan sebuah hadis melalui Abul Aliyah yang menceritakan, bahwa ia telah mendengar Qatadah menuturkan sebuah hadis, bahwasanya golongan yang bersekutu mengatakan kepada Nabi saw : "Gambarkanlah kepada kami Tuhanmu” Lalu datanglah malaikat Jibril kepada Nabi saw, dengan membawa surah ini.
وهذا المراد بالمشركين في حديث أبي - فتكون السورة مدنية -كما دل عليه حديث ابن عباس وينتفي التعارض بين الحديثين
Dan inilah orang-orang musyrik yang dimaksud di dalam hadis Ubay tadi. Dengan demikian maka dapat disimpulkan, bahwa surah ini termasuk ke dalam kelompok surah Madaniah. Seperti halnya pula pengertian yang diisyaratkan oleh hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dan kedua hadis tersebut tidak bertentangan.
لكن أخرج أبو الشيخ في كتاب العظمة من طريق أبان عن أنس قال : أتت يهود خيبر إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقالوا يا أبا القاسم خلق الله الملائكة من نور الحجاب وآدم من حمأ مسنون وإبليس من لهب النار والسماء من دخان والأرض من زبد الماء فأخبرنا عن ربك فلم يجبهم فأتاه جبريل بهذه السورة قل هو الله أحد
Akan tetapi Imam Abu Syekh di dalam kitabnya Al 'Azhamah, mengetengahkan sebuah hadis melalui jalur Abban yang ia terima dari Anas yang menceritakan, bahwasanya orang-orang Yahudi Khaibar datang kepada Nabi saw, lalu mereka berkata : "Hai Abul Qasim! (nama julukan Nabi Muhammad) Allah telah menciptakan malaikat dari nur (cahaya) Al-Hijab, Nabi Adam dari lumpur hitam yang diberi bentuk, iblis dari nyala api, langit dari asap dan bumi dari buih air. Maka ceritakanlah kepada kami tentang Tuhanmu." Nabi tidak menjawab, maka datanglah malaikat Jibril dengan membawa surah ini, yaitu firman-Nya : "Katakanlah! Dialah Allah Yang Maha Esa." (Q.S. 112 Al-Ikhlash, 1 hingga akhir surah).
(Kitab Asbabun-Nuzul okeh Imam As-Suyuthi, Dar Al-Fajr Litturats, Kaero, 2002/1423, hal.476-477)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar