وَحُرُوفُ اَلِاسْتِثْنَاءِ ثَمَانِيَةٌ وَهِيَ
Huruf Istitsna ada delapan, yiatu :
إِلاَّ, وَغَيْرُ, وَسِوَى, وَسُوَى, وَسَوَاءٌ, وَخَلَا, وَعَدَا, وَحَاشَا.
فَالْمُسْتَثْنَى بِإِلاَّ يُنْصَبُ إِذَا كَانَ اَلْكَلاَمُ تَامًّا مُوجَبًا,
MUSTATSNA (yang dikecualikan) DENGAN HURUF ILLAA, DINASHABKAN APABILA KALAMNYA “TAAM dan MUJAB”.
- Disebut “TAM” (sempurna) , apabila ada “MUSTASNAA [terletak setelah adat/alat istitsna] dan MUSTATSNA MINHU [terletak sebelum adatul istitsna]
- Dan disebut “MUJAB” apabila tidak ada NAFI, NAHI atau ISTIFHAM).
Contoh – TAM - MUJAB
منصوب/مستثنى | اداة الإستثناء | فاعل/مستثنى منه | فعل | contoh |
زَيْدًا | إِلاَّ | الْقَوْمُ | قَامَ | قَامَ الْقَوْمُ إِلاَّ زَيْدًا |
عَمْرًا | إِلاَّ | النَّاسُ | خَرَجَ | خَرَجَ النَّاسُ إِلاَّ عَمْرًا |
- Jika MUSTASNAA itu termasuk jenis dari MUSTATSNA MINHU, maka disebut (الإستثناء متصل) “ISTITSNA’ MUTTASHIL”, seperti contoh diatas.
- Jika MUSTASNAA itu tidak termasuk jenis dari MUSTATSNA MINHU, maka disebut (الإستثناء منقطع) “ISTITSNA’ Munqathi’”. Perhatikan contoh berikut :
الإستثناء منقطع | الإستثناء متصل |
خَرَجَ اَلنَّاسُ إِلاَّ حِمَارًا | خَرَجَ اَلنَّاسُ إِلاَّ عَمْرًا |
وَإِنْ كَانَ اَلْكَلَامُ مَنْفِيًّا تَامًّا جَازَ فِيهِ اَلْبَدَلُ وَالنَّصْبُ عَلَى اَلِاسْتِثْنَاءِ
DAN APABILA KALIMATNYA MANFIY TAAM, MAKA BOLEH MENJADIKANNYA SEBAGAI PENGGANTI (BADAL) ATAU NASHAB ATAS ISTITSNA.
- Nafi atau yang menyerupai Nafi, yaitu Nahi dan Istifham. CONTOH – TAM MANFIY
اسْتِثْنَاء | بدل | اداة الإستثناء | مستثنى منه | فعل | نفي وشبهه | CONTOH |
زَيْدًا | زَيْدٌ | إِلاَّ | اَلْقَوْمُ | قَامَ | مَا | مَا قَامَ اَلْقَوْمُ إِلَّا زَيْدٌ/زَيْدًا |
زَيْدًا | زَيْدًا | إِلاَّ | اَلْقَوْمَ | رَاَيْتُ | مَا | مَا رَاَيْتُ اَلْقَوْمَ إِلَّا زَيْدًا/زَيْدًا |
زَيْدًا | زَيْدٍ | إِلاَّ | بِالْقَوْمِ | مَرَرْتُ | مَا | مَامَرَرْتُ بِالْقَوْمِ إِلَّا زَيْدٌ/زَيْدًا |
وَإِنْ كَانَ اَلْكَلَامُ نَاقِصًا كَانَ عَلَى حَسَبِ اَلْعَوَامِلِ
DAN apabila Kalimatnya NAAQISH (Berkurang), maka i’rab Akhir lapazh-nya sesuai dengan amil-amil yang masuk kepada-nya.
- NAQISH maksudnya yaitu TIDAK ADA MUSTATSNAA MINHU.
مستثنى- مجرور | مستثنى- منصوب | مستثنى- مرفوع |
مَا مَرَرْتُ إِلَّا بِزَيْدٍ | مَا ضَرَبْتُ إِلَّا زَيْدًا | مَا قَامَ إِلَّا زَيْدٌ |
وَالْمُسْتَثْنَى بِغَيْرٍ, وَسِوَى, وَسُوَى, وَسَوَاءٍ, مَجْرُورٌ لَا غَيْرُ
Adapun MUSTATSNA dengan lapaz GHAIR, SIWA SUWAN SAWAA-UN, maka i'rabnya adalah MAJRUR atau KASRAH, dan yang lainya tidak.
مستثنى-مجرور | اداة الإستثناء | مستثنى منه | فعل | contoh |
زَيْدٍ | غَيْرَ | الْقَوْمُ | قَامَ | قَامَ الْقَوْمُ غَيْرَ زَيْدٍ |
زَيْدٍ | غَيْرَ/عَيْرُ | الْقَوْمُ | مَا قَامَ | مَا قَامَ الْقَوْمُ غَيْرَ/عَيْرُ زَيْدٍ |
زَيْدٍ | سِوَى | الْقَوْمُ | قَامَ | قَامَ الْقَوْمُ سِوَى زَيْدٍ |
زَيْدٍ | سُوَى | الْقَوْمُ | قَامَ | قَامَ الْقَوْمُ سُوَى زَيْدٍ |
وَالْمُسْتَثْنَى بِخَلَا, وَعَدَا, وَحَاشَا, يَجُوزُ نَصْبُهُ وَجَرُّهُ,
Adapun MUSTATSNA dengan lapaz KHALAA, ‘ADAA, DAN HAASYAA, maka boleh menashabkan-nya atau menjarkan-nya. Seperti Contoh :
contoh | فعل | مستثنى منه | اداة الإستثناء | مستثنى-منصوب | مستثنى- مجرور |
قَامَ الْقَوْمُ خَلَا زَيْدًا/زَيْدٍ | قَامَ | الْقَوْمُ | خَلَا | زَيْدًا | زَيْدٍ |
قَامَ الْقَوْمُ عَدَا عَمْرًا / عَمْرٍو | قَامَ | الْقَوْمُ | عَدَا | عَمْرًا | عَمْرٍو |
قَامَ الْقَوْمُ حَاشَا بَكْرًا/بَكْرٍ | قَامَ | الْقَوْمُ | حَاشَا | بَكْرًا | بَكْرٍ |
Subhanallah sangat jelas 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻
BalasHapus