Rabu, 11 Agustus 2010

RENUNGAN RAMADHAN (3)) PAKAIAN TAKWA)

Assww. Saudaraku, bagian yang ke 3 ini kita tadabbur dan tafakkur tentang “PAKAIAN TAKWA” yang telah diabadikan dalam Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 26. Dan berkaitan dengan perintah puasa, takwa adalah menjadi tujuan yang hendak dicapai.

Suatu ketika Rasulullah saw. masuk pasar, ditemani oleh Abu Hurairah ra. dengan niat hendak membeli sehelai baju yang agak pantas beliau pakai. Dalam perjalanan akan keluar dari pasar, beliau mendengar suara seorang pemuda berseru : “Barangsiapa yang sudi memberiku sehelai baju, niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik. Hai dermawan! Berilah aku baju, semoga Allah memberi gantinya buat kamu”. Pemuda itu tidak mengetahui, bahwa Rasulullah saw, berada di dekatnya. Setelah pemuda itu mengucapkan seruan yang kedua kalinya, Rasulullah saw, sampai di tempat pemuda itu berdiri, lalu beliau serahkan dasar baju yang baru dibelinya itu dengan ikhlas, tanpa ada pertimbangan panjang lebar lagi.[i]

Rasulullah saw, dan pemuda dalam kisah di atas, berusaha mendapatkan pakaian untuk memenuhi salah satu kebutuhan pokoknya. Hal itu dilakukan, karena mereka memahami betul manfaatnya yang sangat penting dalam hidupnya. Dasar baju yang baru saja Rasulullah saw, beli diserahkan kepada pemuda dengan hati yang bersih, karena beliau mengetahui bahwa pemuda itu lebih membutuhkannya.

Pakaian tidak hanya berkaitan dengan etika dan estetika, tetapi juga dengan sosial ekonomi, budaya, iklim, dan bahkan agama. Menurut ajaran agama islam, berpakaian hanya diwajibkan bagi umat manusia, sehingga tidak keliru kalau dikatakan, bahwa salah satu ciri manusia adalah “makhluk yang wajib berpakaian”.

Manfaat pakaian sungguh sangat besar, antara lain adalah untuk memelihara kulit dari sengatan panas, cuaca dingin dan dari segala sesuatu yang dapat mengganggu jasmani. Renungkan Firman Allah :

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِمَّا خَلَقَ ظِلَالًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْجِبَالِ أَكْنَانًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَكُمْ كَذَلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ

Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas, dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya)”. (QS.An-Nahl [16] : 81)

Dalam bahasa Arab terdapat kata “tsaw-bun” yang berarti baju atau pakaian. Ketika kata itu dikembangkan keluarlah kata “tsawaa-bun” yang berarti “pahala”. Dari arti bahasa ini mudah dipahami, bahwa pakaian dapat membuahkan pahala. Untuk itu perlu kiranya diketahui, bahwa pahala merupakan dampak positif dari segala aktivitas yang berlandaskan iman dan takwa, yang dalam jangka panjang akan mendatangkan kebahagiaan dan kedamaian. Renungkan rekaman firman Allah :

وَلَوْ أَنَّهُمْ آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَمَثُوبَةٌ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ خَيْرٌ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Sesungguhnya kalau mereka beriman dan bertakwa, (niscaya mereka akan mendapat pahala), dan sesungguhnya pahala yang datang dari sisi Allah adalah lebih baik, kalau mereka mengetahui (QS.Al-Baqarah [2] : 103)

Dari berbagai macam bentuk pakaian, maka pakaian yang dibuat dan dipakai berdasarkan iman dan takwa itulah yang akan menjadi sarana untuk meraih rido Allah.

Dalam kitab suci Al-Qur’an ditemukan kalimat “Libaasut-taqwa”, yang terdiri dari dua kata, yaitu “Libaasun” yang berarti “pakaian” dan berasal dari kata “La-bi-sa” yang berarti “memakai”. Ketika dikembangkan timbul kata “Albasa” yang berarti “menutupi”.

Kata yang kedua adalah “Al-Taqwa” yang salah satu artinya adalah memelihara atau menjaga diri dari hal-hal yang tidak disukai Allah. Disinilah, kata “Libaasut-taqwa” kita artikan dengan “pakaian takwa” yang berfungsi untuk memelihara atau menjaga diri dari sikap atau perbuatan yang dapat menjatuhkan ke dalam jurang nista dan dosa. Demikianlah yang dinamakan “pakaian takwa” menurut pendapat Abdurrahman bin zaid bin Aslam dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir.[ii] Renungkan firman Allah :

يَا بَنِي آَدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآَتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آَيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”. (QS.Al-A’raaf [7] : 26)

Mencermati ayat di atas, ada fungsi lain dari pakaian yaitu sebagai hiasan yang menambah keindahan bagi pemakainya. Hal ini dapat dipahami dari kalimat dalam terjemahan di atas yang berbunyi : “pakaian indah untuk perhiasan” yang merupakan terjemahan dari kata “Riisyun” ( رِيْشٌ) yang arti asalnya adalah “bulu burung” atau “pakaian yang sangat bagus”. Seekor burung yang beraneka ragam warna bulunya selalu tampak indah, sehingga mampu menarik perhatian setiap mata yang memandangnya, karena keindahannya yang menggoda. Tampilan itu bukanlah menurut kehendak burung itu sendiri, tetapi berjalan sesuai sunnatullah __undang-undang atau aturan-aturan Allah__, sehingga keindahannya asli dan lebih abadi.

Manusia sebagai hamba pilihan yang dimuliakan Allah, seharusnya mampu memilih bentuk pakaian dan berpakaian sesuai sunnatullah, bukan hanya sekedar mengikuti selera manusia itu sendiri, sehingga dapat tampil indah __ salah satu arti ihsan __[iii] menurut pandangan Allah dan indah pula menurut pandangan manusia. Hal ini dapat diwujudkan hanya oleh hamba yang bertakwa, karena sikap takwa itu mesti dibuktikan dengan menjalankan perintah dan meninggalkan laranagn Allah.- Dan jiwa takwa inilah yang akan membentuk manusia berakhlak mulia yang menjadi ciri khas orang yang beriman, yaitu orang yang tulus menerima kebenaran yang datang dari Allah. Sabda Nabi :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلًَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِنَّ مِنْ اَكْمَلِ الْمُؤْمِنِيْنَ اِيْمَانًا اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَاَلْطَفُهُمْ بِاَهْلِهِ (رواه الترمذي)

Dari Aisah ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya orang-orang yang beriman yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan bersikap lemah lembut terhadap keluarganya. (HR.Tirmizi) [iv]

Dalam ayat 26 surat Al-A’raaf itu pula, setelah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, terdapat kata “aurat” yang merupakan terjemahan dari kata “saw-aatun” (سَوْءَاتٌ ) yang merupakan perkembangan dari kata “suu- un” (سُوْءٌ ) yang berarti keji, buruk, cacat dan jahat. Dan kata “aurat” itu sendiri, sebenarnya diambil juga dari bahasa Arab, yang berasal dari kata “ ’awira ” ( عَوِرَ ) yang berarti “buta sebelah mata”. Kemudian kata tersebut berkembang menjadi “ ‘awaarun” ( عَوَارٌ ) yang berarti cacat, cela dan aib.

Dari uraian di atas, dapat dipahami, bahwa aurat adalah sesuatu yang mesti ditutupi dan tidak baik dibuka atau dilihat karena berpotensi untuk menimbulkan perbuatan keji dan tercela, baik bagi pelaku maupun bagi orang yang melihatnya. Dan orang yang suka membuka auratnya adalah tergolong hamba yang cacat dan tercela karena hanya melihat dengan sebelah mata, yaitu mata fisik jasmaniah, sementara mata ruhaniahnya buta, tidak dapat melihat, sehingga tidak mampu merespon positif hukum ketentuan Allah. Renungkan firman Allah :

أَفَلَمْ يَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَتَكُونَ لَهُمْ قُلُوبٌ يَعْقِلُونَ بِهَا أَوْ آَذَانٌ يَسْمَعُونَ بِهَا فَإِنَّهَا لَا تَعْمَى الْأَبْصَارُ وَلَكِنْ تَعْمَى الْقُلُوبُ الَّتِي فِي الصُّدُورِ (46)

Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? karena sesungguhnya bukanlah mata itu (mata jasmaniah) yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada. (QS.Al-Hajj [22] 46)

Semua yang kita tampilkan di muka bumi, termasuk bentuk pakaian dan cara kita berpakaian serta akibat dari pakaian yang kita kenakan, selalu berada dalam pengawasan Allah dan akan tercatat serta tersimpan dengan rapi dalam buku induk di Lauh Al-Mahfuzh. Demikian pula akibatnya, jika dampaknya baik __ menurut aturan Allah __ terhadap diri dan lingkungannya, maka akan dicatat sebagai kebaikan, dan demikian pula sebaliknya. Renungkan firman Allah :

إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَى وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَآَثَارَهُمْ وَكُلَّ شَيْءٍ أحْصَيْنَاهُ فِي إِمَامٍ مُبِينٍ

Sesungguhnya Kami menghidupkan orang-orang yang mati dan Kami menuliskan apa yang telah mereka kerjakan dan bekas-bekas (akibat) yang mereka tinggalkan. Dan segala sesuatu Kami kumpulkan dalam kitab induk yang nyata (Lauh Al-mahfuzh) (QS.Yasin [36] : 12)

Menurut Qatadah dan Ibnu Juraij dalam Tafsir Ibnu Katsir, pakaian takwa adalah “iman”, sedangkan menurut pendapat Ibnu Abbas adalah “amal saleh”. [v]

Dalam Al-Qur’an ditegaskan, bahwa pakaian yang bernuansakan taqwa menunjukkan identitas bagi orang yang beriman sebagai pemakainya, sehingga dapat terpelihara dari gangguan-gangguan tangan jahil. Renungkan firman Allah :

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min : “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” Yang demikiamn itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS.Al-Ahzab [33] : 59)

Bertambah jelaslah bagi kita, bahwa pakaian takwa adalah pakaian yang mencerminkan pribadi orang yang beriman dan bertakwa dan dapat dipertanggung jawabkan dalam kehidupan jangka panjang yang abadi.

Allah mengingatkan kita agar selalu waspada menghadapi serangan yang dilancarkan Iblis dan pengikut-pengikutnya, sebab mereka selalu mengintai dan melihat kita, sementara kita tidak melihat mereka. Cermati firman Allah berikut ini :

يَا بَنِي آَدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآَتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (QS.Al-A’raaf [7] : 27)

Adalah suatu sikap yang sangat merugikan jika belum merespon positif tuntunan Allah dalam memilih pakaian dan berpakaian. Allah mengingatkan kita :

َمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى (124) قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا (125) قَالَ كَذَلِكَ أَتَتْكَ آَيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا وَكَذَلِكَ الْيَوْمَ تُنْسَى (126) وَكَذَلِكَ نَجْزِي مَنْ أَسْرَفَ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِآَيَاتِ رَبِّهِ وَلَعَذَابُ الْآَخِرَةِ أَشَدُّ وَأَبْقَى (127)

Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Berkatalah ia : Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?. Allah berfirman : Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan. Dan demikianlah Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan lebih kekal. (QS.Thaha [2] : 124-127)

Pakaian takwa adalah pakaian terbaik bagi hamba-hamba Allah yang beriman. Dan apabila kita memakainya dengan hati yang ikhlas, pasti Allah akan selalu mengucurkan rahmat-Nya yang penuh dengan berkah.

Dan akhirnya, kita mohon pertolongan Allah semoga kita senantiasa mendapatkan hidayah-Nya. Aamiin. Wasslm



[i]. Hamka Prof. Dr. Tafsir Al-Azhar juz IV, Pustaka Panjimas, Jakarta 1983, hal. 20

[ii]. Ismail bin Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, jilid 2, Dar Al-kutub al-mishriyah, tanpa tahun, hal. 207

[iii]. Ihsan menurut arti bahasa adalah indah dan bagus. Dalam Hadits Nabi ditegaskan : Ihsan adalah hendaklah kamu menyembah Allah seolah-olah kamu melihat-Nya, jika tidak, yakinkan, bahwa sesungguhnya Allah melihatmu.

[iv]. Abi ‘Isa Muhammad bin ‘Isa bin Saurah, Sunan Tirmidzi, jilid 5 ,Dar Al-Kutub Al-ilmiah, Beirut, tanpa tahun, hal. 11

[v]. Ismail bin Katsir, Tafsir Ibnu Katsir, jilid 2, Op cit, hal. 207

Tidak ada komentar:

Posting Komentar