Sabtu, 04 Februari 2012

TEGAKKAN KEBENARAN

Saudaraku, Orang yang menegakkan kebenaran Janganlah menjadi korban karena hendak membela para pengkhianat. Suatu ketika pada zaman Rasulullah saw, terjadi PENCURIAN YANG DILAKUKAN THU'MAH dan ia menyembunyikan barang curian itu di rumah seorang Yahudi. THU'MAH TIDAK MENGAKUI PERBUATANNYA ITU MALAH MENUDUH BAHWA YANG MENCURI BARANG ITU ORANG YAHUDI. Hal ini diajukan oleh kerabat-kerabat Thu'mah kepada Nabi saw dan mereka meminta agar Nabi membela Thu'mah dan menghukum orang-orang Yahudi, Kendatipun mereka tahu bahwa yang mencuri barang itu ialah Thu'mah, NABI SENDIRI HAMPIR-HAMPIR MEMBENARKAN TUDUHAN THU'MAH DAN KERABATNYA ITU TERHADAP ORANG YAHUDI. Berkaitan dengan hal tersebut, maka turunlah ayat berikut ini :

إِنَّا أَنزلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَا أَرَاكَ اللَّهُ وَلا تَكُنْ لِلْخَائِنِينَ خَصِيمًا (النساء : 105)

Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia DENGAN APA YANG TELAH ALLAH WAHYUKAN KEPADAMU, dan JANGANLAH KAMU MENJADI PENANTANG (ORANG YANG TIDAK BERSALAH), KARENA (MEMBELA) ORANG-ORANG YANG KHIANAT. (QS.An-Nisa’ : 105)

Ayat ini dan beberapa ayat berikutnya diturunkan berhubungan dengan PENCURIAN YANG DILAKUKAN THU'MAH dan ia menyembunyikan barang curian itu di rumah seorang Yahudi. Thu'mah tidak mengakui perbuatannya itu malah menuduh bahwa yang mencuri barang itu orang Yahudi. Hal ini diajukan oleh kerabat-kerabat Thu'mah kepada Nabi saw dan mereka meminta agar Nabi membela Thu'mah dan menghukum orang-orang Yahudi, Kendatipun mereka tahu bahwa yang mencuri barang itu ialah Thu'mah, Nabi sendiri Hampir-hampir membenarkan tuduhan Thu'mah dan kerabatnya itu terhadap orang Yahudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar