Minggu, 19 Februari 2012

BERMIMPI YANG TIDAK DISUKAI

Rasulullah saw berpesan kepada yang bermimpi sesuatu yang tidak disukai, hendaklah ia bangun, lalu shalat dan berdoa memohon perlindungan kepada Allah swt.

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ أَبِي عُبَيْدِ اللَّهِ السَّلِيمِيُّ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرُّؤْيَا ثَلَاثٌ فَرُؤْيَا حَقٌّ وَرُؤْيَا يُحَدِّثُ بِهَا الرَّجُلُ نَفْسَهُ وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنْ الشَّيْطَانِ - فَمَنْ رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ وَكَانَ يَقُولُ يُعْجِبُنِي الْقَيْدُ وَأَكْرَهُ الْغُلَّ الْقَيْدُ ثَبَاتٌ فِي الدِّينِ وَكَانَ يَقُولُ مَنْ رَآنِي فَإِنِّي أَنَا هُوَ فَإِنَّهُ لَيْسَ لِلشَّيْطَانِ أَنْ يَتَمَثَّلَ بِي وَكَانَ يَقُولُ لَا تُقَصُّ الرُّؤْيَا إِلَّا عَلَى عَالِمٍ أَوْ نَاصِحٍ. (رواه الترمذي :2206– سنن الترمذي – المكتبة الشاملة -بَاب فِي تَأْوِيلِ الرُّؤْيَا - الجزء : 8 – صفحة : 243)

Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Mimpi itu ada tiga, yaitu : (1) mimpi yang benar, (2) mimpi yang dibisikkan oleh jiwa seseorang, (3) mimpi dari kesedihan yang dibuat oleh setan. Barangsiapa yang bermimpi sesuatu yang tidak disukai, hendaklah ia bangun, lalu shalat. Beliau bersabda : Ada yang mena’jubkan aku, yaitu mimpi diikat dengan tali, namun aku tidak suka bermimpi kedua tanganku terikat di tengkukku. Bermimpi terikat dengan tali itu, maknanya adalah teguh dalam agama. Beliau bersabda : Barangsiap bermimpi melihat aku, berarti betul-betul melihatku, karena setan tidak dapat menyerupai aku. Beliau bersabda : Janganlah menceritakan mimpi kecuali kepada orang alim atau penasehat. (HR. Tirmidzi : 2206, Sunan Tirmidzi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Fii ta’wiulir rau’ya, juz : 8, hal. 243)

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ الرُّؤْيَا مِنْ اللَّهِ وَالْحُلْمُ مِنْ الشَّيْطَانِ فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ شَيْئًا يَكْرَهُهُ فَلْيَنْفُثْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا فَإِنَّهَا لَا تَضُرُّهُ. (رواه الترمذي : 2203 – سنن الترمذي – المكتبة الشاملة - بَاب إِذَا رَأَى فِي الْمَنَامِ مَا يَكْرَهُ مَا يَصْنَعُ- الجزء : 8 – صفحة : 237)

Dari Abi Qatadah, dari Rasulullah saw, bahwa beliau bersabda : Mimpi baik itu dari Allah dan mimpi buruk itu dari setan. Apabila salah seorang dari kalian bermimpi sesuatu yang tidak disukai, hendaklah meludah ke kiri tiga kali, dan berdoa mohon perlindungan kepada Allah dari keburukannya, maka ia tidak akan membahayakannya. (HR.Tirmidzi : 2203, Sunan Tirmidz, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab idzaa Ra-aa filmanami maa yakrahu maa yashna’u, juz : 8, hal.237) - Wasslm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar