Sabtu, 18 Februari 2012

BERJUANG DAN BERKORBAN UNTUK MERAIH RIDHA ALLAH

QS. AL-BAQARAH : 207

Saudaraku, mencari ridla Allah perlu perjuangan dan pengorbanan. Suatu ketika salah seorang sahabat Nabi bernama SHUHAIB berangkat pergi hijrah ke Madinah menyusul Rasulullah saw; lalu dia dikejar oleh sepasukan kaum Quraisy untuk dihalangi berhijrah. Melihat pasukan Quraisy mengejarnya, dia turun dari kendaraannya dengan panah yang telah siap di tangannya, seraya berucap : Wahai kaum Quraisy, kalian semua tahu, akulah pemanah ulung. Demi Allah, kalian tidak akan sampai kepadaku selagi panah dan pedang ada di tanganku. Sekarang pilihlah satu diantara dua : KALIAN MATI TERBUNUH atau MEMILIKI HARTAKU YANG ADA DI MAKKAH, DENGAN MEMBIARKAN AKU PERGI HIJRAH KE MADINAH. Ternyata mereka memilih harta dan membiarkan Shuhaib pergi hijrah ke Madinah. Sesampainya di hadapan Nabi saw ia ceritakan apa yang telah terjadi. Nabi saw–pun bersabda : Telah beruntung perdaganganmu itu. Engkau telah beruntung wahai Abu Yahya. Berkaitan dengan peristiw tersebut, maka turunlah QS.Al-Baqarah ayat : 207.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْرِي نَفْسَهُ ابْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللَّهِ وَاللَّهُ رَءُوفٌ بِالْعِبَادِ

Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya. (QS. Al-Baqarah : 207)

أخرج الحرث بن أبي وأسامة في مسنده وابن أبي حاتم عن سعيد بن المسيب قال أقبل صهيب مهاجرا إلى النبي صلى الله عليه وسلم فأتبعه نفر من قريش فنزل عن راحلته وانتشل ما في كنانته ثم قال يا معشر قريش لقد علمتم أني من أرماكم رجلا وأيم الله لا تصلون الي حتى أرمي كل سهم معي في كنانتي ثم أضرب بسيفي ما بقي في يدي منه شئ ثم افعلوا ما شئتم وإن شئتم دللتكم على مالي بمكة وخليتم سبيلي قالوا نعم فلما قدم على النبي صلى الله عليه وسلم المدينة قال ربح البيع أبا يحيى ربح أبي يحي ونزلت ومن الناس من يشري نفسه ابتغاء مرضاة الله والله رؤوف بالعباد.(لباب النزول – جلال الدين السيوطي – المكتبة الشاملة – الجزء : 1- صفحة : 29-30)

Telah meriwayatkan [Al-Harts bin Abi Usamah] dalam musnadnya dan [Ibnu Abi Hatim] yang bersumber dari [Sa’id bin Al-Musayyab], ia berkata : Shuhaib yang hijrah mengikuti Nabi saw dikejar oleh sepasukan kaum Quraisy. Maka ia turun dari kendaraannya dengan siap panah di tangannya, seraya berucap : Wahai kaum Quraisy, kalian semua tahu, akulah pemanah ulung. Demi Allah, kalian tidak akan sampai kepadaku selagi panah dan pedang ada di tanganku. Sekarang piulihlah satu diantara dua : Kalian mati terbunuh atau memiliki hartaku yang ada di Makkah, dengan membiarkan aku pergi hijrah ke Madinah. Mereka memilih harta dan membiarkan Shuhaib pergi. Sesampainya di hadapan Nabi saw ia ceritakan apa yang telah terjadi. Nabi saw –pun bersabda : UNTUNG PERGADANGANMU ITU. Engkau telah beruntung hai Abu Yahya. Maka turunlah QS. Al-Baqarah ayat : 207. (Lubabun Nuzul oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, juz : 1, hal. 29-30) –

Semoga kita senantiasa mendapatkan pertolongan Allah untuk terus berjuang dan berkorban dalam usaha maraih ridha-Nya. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar