Jumat, 17 Februari 2012

SEIMBANG ANTARA KIKIR DAN DERMAWAN

Saudaraku, Rasulullah saw adalah seorang yang dermawan. Suatu ketika beliau mendapatkan kiriman pakaian yang cukup banyak, dan pakaian itu habis dibagi-bagikan, sampai-sampai ada yang tidak kebagian. Pernah beliau membuka gamisnya dan diberikan kepada seseorang yang memintanya, sehingga di rumahnya, beliau tidak lagi menganakan gamis. Beliau pernah berucap kepada ‘Aisyah, bahwa beliau akan selalu menginfaqkan segala sesuatu yang ada padanya. Lalu ‘Aisyah berkata : Kalau begitu terus menerus, tentu tidak akan ada sisanya sedikitpun. Berkenaaan dengan peristiwa tersebut Allah menurunkan ayat sebagai petunjuk agar “JANGAN TERLALU KIKIR, DAN JANGAN PULA TERLALU PEMURAH” :

وَلَا تَجْعَلْ يَدَكَ مَغْلُولَةً إِلَى عُنُقِكَ وَلَا تَبْسُطْهَا كُلَّ الْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُومًا مَحْسُورًا

Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal. (QS. Al-Isra : 29)

أخرج سعيد بن منصور عن سيار أبي الحكم قال أتى رسول الله صلى الله عليه وسلم بر وكان معطيا كريما فقسمه بين الناس فأتاه قوم فوجدوه قد فرغ منه فأنزل الله ولا تجعل يدك مغلولة إلى عنقك ولا تبسطها الآية.(لباب النزول – جلال الدين السيوطي – المكتبة الشاملة – الجزء : 1- صفحة : 122)

Sa’id bin Manshur telah meriwayatkan, dari Sayyar Abil hakam, ia berkata : Pernah datang kiriman kepada Rasulullah saw berupa pakaian katun, dan karena beliau seorang yang dermawan, maka pakaian itu dibagi-bagikan kepada orang-orang. Kemudian datanglah serombongan orang (yang meminta-minta bagian), namun mereka mendapati kenyataan pakaian itu telah habis. Berkaitan dengan peristiwa tersebut, Allah menurunkan ayat 29 surat Al-Isra. (Lubabun Nuzul oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, juz : 1, hal. 122)

وأخرج ابن مردويه وغيره عن ابن مسعود قال جاء غلام إلى النبي صلى الله عليه وسلم فقال إن أمي تسألك كذا وكذا قال ما عندنا شئ اليوم قال فتقول لك اكسني قميصك فخلع قميصه فدفعه إليه فجلس في البيت حاسرا فأنزل الله : ولا تجعل يدك مغلولة إلى عنقك ولا تبسطها كل البسط فتقعد ملوما محسورا.(لباب النزول – جلال الدين السيوطي – المكتبة الشاملة – الجزء : 1- صفحة : 122-123)

Ibnu Mardawaeh dan lainnya telah meriwayatkan, dari Ibnu Mas’ud, ia berkata : Ada seorang anak datang kepada Nabi saw, seraya berkata : Sesungguhnya ibuku meminta ini dan itu kepadamu. Beliau menjawab : “KAMI TIDAK PUNYA APA-APA HARI INI”. Anak itu berkata : Ibuku berkata (meminta), agar tuan memberikan pakaian tuan kepadaku. LALU BELIAU MEMBUKA BAJU GAMISNYA DAN DISERAHKAN KEPADA ANAK ITU. DAN BELIAU TINGGAL DI RUMAH TANPA MEMAKAI BAJU GAMIS. Berkaitan dengan peristiwa tersebut, Allah menurunkan ayat 29 surat Al-Isra. (Lubabun Nuzul oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, juz : 1, hal. 122-123)

وأخرج أيضا عن أبي أمامة ان النبي صلى الله عليه وسلم قال لعائشة أنفق ما على ظهر كفي قالت إذن لا يبقى شئ فأنزل الله ولا تجعل يدك مغلولة إلى عنقك الآية.(لباب النزول – جلال الدين السيوطي – المكتبة الشاملة – الجزء : 1- صفحة : 123)

Dan diriwayatkan pula dari Abu Umamah, bahwa Nabi saw bersabda kepada ‘Aisyah : Aku akan menginfaqkan apa-apa yang ada padaku. ‘Aisyah berkata : Kalau begitu, tidak akan ada sisanya sedikitpun. Berkaitan dengan peristiwa tersebut, Allah menurunkan ayat 29 surat Al-Isra. (Lubabun Nuzul oleh Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, juz : 1, hal. 123)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar