Jumat, 17 Februari 2012

SIFAT MANUSIA JUGA DIMILIKI OLEH RASUL

Orang yang tidak suka kepada Rasulullah saw, seringkali melontarkan kata-kata ejekan dan hinaan, satu diantaranya adalah seperti kalimat : Bagaimana mungkin seorang Rasul seperti Muhammad memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar? Kalimat di atas diucapkan oleh orang-orang musyrik terhadap Rasulullah saw, sebagai ejekan dan hinaan, sehingga beliau merasa sedih. Kemudian Allah menurunkan ayat 20 surat Al-Furqan yang artinya : “Dan Kami tidak mengutus Rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. dan Kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi sebahagian yang lain. maukah kamu bersabar?; dan adalah Tuhanmu Maha melihat”. (QS. Al-Furqan : 20)

وأخرج الواحدي من طريق جويبر عن الضحاك عن ابن عباس قال لما عير المشركون رسول الله صلى الله عليه وسلم بالفاقه وقالوا ما لهذا الرسول يأكل الطعام ويمشي في الأسواق حزن رسول الله صلى الله عليه وسلم فنزلت : وما أرسلنا قبلك من المرسلين إلا أنهم ليأكلون الطعام ويمشون في الأسواق الآية. (لباب النقول – جلال الدين السيوطي – المكتبة الشاملة – الجزء : 1- صفحة : 148)

Dan Al-Wahidi meriwayatkan dari jalan Juwaibir dar Adl-Dlahhak dari Ibnu Abbas, ia berkata : Setelah orang-orang musyrik mencela Rasulullah saw karena miskinnya, dan mereka mengatakan : Bagaimana mungkin seorang Rasul memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Rasulullah merasa sedih (mendengar ejekan orang-orang musyrik itu), lalu turunlah Al-Qur’an surat Al-Furqan ayat 20 yang menegaskan bahwa semua Rasul berbuat seperti itu. (Lubabun Nuzul oleh Imam jalaluddin As-Suyuthi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, juz : 1, hal. 148)

وَمَا أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ مِنَ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا إِنَّهُمْ لَيَأْكُلُونَ الطَّعَامَ وَيَمْشُونَ فِي الْأَسْوَاقِ وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُونَ وَكَانَ رَبُّكَ بَصِيرًا (20)

Dan Kami tidak mengutus Rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. dan Kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi sebahagian yang lain. maukah kamu bersabar?; dan adalah Tuhanmu Maha melihat. (QS. Al-Furqan : 20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar