Rabu, 23 Juni 2010

MEMBINA AKHLAK DENGAN MENUMBUHKAN RASA MALU

Berbahagilah hamba yang memiliki rasa malu, yaitu sikap tidak suka terhadap perbuatan dan tutur kata yang tercela, tidak suka terhadap perbuatan dan tutur kata yang mungkar dan batil. Itulah hakikat malu. Malu adalah sebahagian dari iman dan hamba yang beriman itu tempatnya di surga. Sungguh amat beruntunglah seorang hamba apabila merasa malu untuk berbohong, merasa malu untuk menipu, merasa malu untuk menyuap dan menerimanay, merasa malu untuk dengki dan iri hati, merasa malu untuk korupsi. Singkatnya merasa malu untuk melakuian larangan Allah. Renungkan hadis Nabi berikut ini :

حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ سَلَمَةَ بْنِ صَفْوَانَ بْنِ سَلَمَةَ الزُّرَقِيِّ عَنْ زَيْدِ بْنِ طَلْحَةَ بْنِ رُكَانَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لِكُلِّ دِينٍ خُلُقٌ وَخُلُقُ الْإِسْلَامِ الْحَيَاءُ.(رواه مالك : 1406 – الموطأ- بَاب مَا جَاءَ فِي الْحَيَاءِ)

Zaid bin Rukanah berkata : Nabi saw bersabda : Semua agama itu mempunyai akhlak (perangai), dan akhlak (perangai) islam itu adalah malu. (HR. Malik)

حدثنا قبيصة قال حدثنا سفيان عن عبد العزيز بن رفيع الاسدي عن إبن منبه قال : اَلأِيْمَانُ عُرْيَانٌ وَلِبَاسُهُ التَّقْوَى وَمَالُهُ الْفِقْهُ وًَزِيْنَتُهُ الْحَيَاءُ.(رواه ابن ابي شيبة- مصنف ابن ابي شيبة)

Dari Ibnu Munabbih ia berkata : Iman itu telanjang, pakaiannya adalan takwa, hartanya adalah fiqih dan hiasannya adalah malu.(HR. Ibnu Abi Syaibah, Mushannif Ibnu Abi Syaibah)

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ وَعَبْدُ الرَّحِيمِ وَمُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْحَيَاءُ مِنْ الْإِيمَانِ وَالْإِيمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَالْبَذَاءُ مِنْ الْجَفَاءِ وَالْجَفَاءُ فِي النَّارِ.(رواه الترمذي : 1932- سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي الْحَيَاءِ)

Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Malu adalah sebagian dari iman dan iman itu tempatnya di surga; sedangkan perbuatan keji (dosa) adalah sebagian dari perbuatan batil dan batil itu tempatnya di neraka. (HR.Tirmidzi)

حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَبِي السَّوَّارِ الْعَدَوِيِّ قَالَ سَمِعْتُ عِمْرَانَ بْنَ حُصَيْنٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْحَيَاءُ لاَ يَأْتِي إِلاَّ بِخَيْرٍ.(رواه البخاري : 5652 – صحيح البخاري- بَاب الْحَيَاءِ)

‘Imram bin Hushain berkata : Nabi saw bersabda : Malu itu tidak datang kecuali dengan membawa kebaikan. (HR.Bukhari)

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبٍ الْحَارِثِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ إِسْحَقَ وَهُوَ ابْنُ سُوَيْدٍ أَنَّ أَبَا قَتَادَةَ حَدَّثَ قَالَ كُنَّا عِنْدَ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ فِي رَهْطٍ مِنَّا وَفِينَا بُشَيْرُ بْنُ كَعْبٍ فَحَدَّثَنَا عِمْرَانُ يَوْمَئِذٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الْحَيَاءُ كُلُّهُ خَيْرٌ.(رواه مسلم : 54 – صحيح مسلم - بَاب بَيَانِ عَدَدِ شُعَبِ الْإِيمَانِ وَأَفْضَلِهَا وَأَدْنَاهَا وَفَضِيلَةِ الْحَيَاءِ وَكَوْنِهِ مِنْ الْإِيمَانِ)

Rasulullah saw bersabda : Malu itu semuanya adalah baik. (HR.Muslim)

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ وَكِيعٍ حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ عَنْ الْحَجَّاجِ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ أَبِي الشِّمَالِ عَنْ أَبِي أَيُّوبَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَرْبَعٌ مِنْ سُنَنِ الْمُرْسَلِينَ الْحَيَاءُ وَالتَّعَطُّرُ وَالسِّوَاكُ وَالنِّكَاحُ.(رواه الترمذي : 1000 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي فَضْلِ التَّزْوِيجِ وَالْحَثِّ عَلَيْهِ)

Dari Abu Ayyub ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Ada empat macam yang termasuk sunnah (jejak) para rasul, yaitu 1. Malu. 2. Memakai wewangian. 3. Sikat gigi (siwak). 4. Nikah. (HR.Tirmidzi)

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ أَبَانَ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ الصَّبَّاحِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ مُرَّةَ الْهَمْدَانِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اسْتَحْيُوا مِنْ اللَّهِ حَقَّ الْحَيَاءِ قَالَ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا نَسْتَحْيِي وَالْحَمْدُ لِلَّهِ قَالَ لَيْسَ ذَاكَ وَلَكِنَّ الِاسْتِحْيَاءَ مِنْ اللَّهِ حَقَّ الْحَيَاءِ أَنْ تَحْفَظَ الرَّأْسَ وَمَا وَعَى وَالْبَطْنَ وَمَا حَوَى وَلْتَذْكُر الْمَوْتَ وَالْبِلَى وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ تَرَكَ زِينَةَ الدُّنْيَا فَمَنْ فَعَلَ ذَلِكَ فَقَدْ اسْتَحْيَا مِنْ اللَّهِ حَقَّ الْحَيَاءِ. (رواه الترمذي : 2382- سنن الترمذي - بَاب منه – الجزء : 8- صفحة : 498)

Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Malulah terhadap Allah dengan malu yang sebenar-benarnya. Ia berkata : Kami berkata : Wahai Rasulullah! Sesungguhnya kami malu dan segala puji kepunyaan Allah. Rasulullah saw menjawab : Bukan itu yang dimaksud dengan malu; tetapi yang dimaksud dengan malu terhadap Allah dengan malu yang sebenar-benarnya adalah menjaga kepala dan apa yang ada di dalamnya, menjaga perut dan apa yang dikandungnya, ingat mati dan akibat buruk yang akan diterimanya. Barangsiapa yang menghendaki kebahagian akhirat, maka ia meninggalkan perhiasan dunia. Barangsiapa yang mengerjakan itu, maka sungguh ia telah malu terhadap Allah dengan malu yang sebenar-benarnya. (HR.Tirmidzi : 2382, Sunan Tirmidzi, Bab Minhu, Juz : 8, hal.498)

Semoga kita senantiasa mendapatkan hidayah dari Allah swt. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar