Jumat, 11 Juni 2010

MAUT PASTI DATANG

Semua yang bernyawa pasti menemui maut. Disaat sakartul maut datang, keadaan kita sungguh sangat lemah dan tidak berdaya. Sanak keluarga yang hadir hanya bisa menyaksikan jasad kita. Sementara malaikat maut sudah sangat dekat untuk melaksanakan tugasnya. Namun tak seorang-pun dari mereka yang hadir dapat menyaksikan malaikatnya yang sudah siap merenggut nyawa.

اَنبأَنا محمدُ بنُ ابراهيمَ عن محمدِ بنِ عمرٍو عن ابي سلَمَةَ عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : اَكْثِرُوْا ذِكْرَ هَاذِمِ الَّلذَّاتِ.(رواه النسائي –سنن النسائي – باب كثرة ذكر الموت – الجزء : 4 – صفحة : 4)

Muhammad bin Ibrahim bercerita kepada kami, dari Muhammad bin ‘Amer, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Banyak-Banyaklah kamu mengingat yang memutuskan lezatnya dunia, yaitu mati. (HR. An-Nasa’i, Sunan An-Nasa’i, Bab Katsrah Dzikral maut, Juz 4, hal.4) [1]

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS. Ali-‘Imran [3] : 185)

Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusiapun sebelum kamu (Muhammad); maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (QS. Al-Anbiyaa' [21] : 34-35)

Tobat Sudah Tidak Diterima

عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : اِنَّ اللهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَالَمْ يُغَرْغِر (رواه الترمذي : 3537)

Dari Ibnu Umar berasal dari Nabi saw, beliau bersabda : “Sesungguhnya Allah menerima tobat seorang hamaba selama belum sekarat”.(HR. Tirmidzi : 3537)

Jangan Memaki Yang Telah Mati

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم : لاَ تَسُبُّوْا اْلأَمْوَاتَ فَاِنَّهُمْ قَدْ اَفْضَوْا اِلَى مَا قَدَّمُوْا {رواه البخاري}

Dari ‘Aisyah RA. ia berkata : Nabi saw. bersabda : “Janganlah kamu memaki orang-orang yang sudah mati. Karena sesungguhnya mereka telah menemui apa yang telah mereka tampilkan (semasa hidupnya)” (HR. Bukhari) [2]



[1]. Sunan An-Nasa’i, jilid 4, Maktabah wa Mathba’ah, putra Semarang, cet. ke-1, 1930, hal. 4

[2]. Abi Abdillah Muhammad bin Isma’il, Shahih Al-Bukhari, jilid 2, Dar Al-Fikr, Beirut, tanpa tahun, hal. 108

Tidak ada komentar:

Posting Komentar