Senin, 21 Juni 2010

JUJUR DAN BOHONG

Berbahagialah hamba yang jujur dalam sikap dan tutur kata, dan selalu berjuang untuk jujur, karena kejujuran akan mengantarkan manusia ke dalam surga. Jauhilah kebohongan, karena ia akan mengantarkan manusia ke lembah jurang yang penuh dengan penderitaan. Renungkan sabda Nabi :


حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا. (رواه مسلم : 4721 – صحيح مسلم- بَاب قُبْحِ الْكَذِبِ وَحُسْنِ الصِّدْقِ وَفَضْلِهِ- الجزء : 13- صفحة : 16)

Al-A’masy bercerit kepada kami, dari Syaqiq, diytrima dari Abdullah, ia berkata : Rasulullah saw beraabda : Hendaklah kamu berlaku jujur, karena kejujuran mengantarkan kepada kebaikan, sedangkan kebaikan mengantarkan ke surga. Seseorang yang selalu berlaku jujur akan ditulis di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hindarilah berlaku dusta, karena dusta mengantarkan kepada kejahatan, sedangkan kejahatan mengantarkan ke neraka. Seseorang yang selalu berlaku dusta akan ditulis di sisi Allah sebagai orang yang pendusta. (HR. Muslim : 4721, Shahih Muslim, Bab Qubhil-Kadzibi wa husnsh-Shidqi wa fadhlih, juz 13, hal.16)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar