Jumat, 16 Oktober 2009

HUKUM MIM MATI

Mim mati apabila disambut salah satu huruf hijaiah dapat dibaca dengan empat macam cara, yaitu :

1. IDGHAM MIMI

Idgham Mimi yaitu apabila Mim mati” bertemu dengan huruf “Mim”. Dan juga disebut “Idgham Mutamatsilain”. Dinamakan “Idgham Mutamatsilain” karena bertemu dua huruf yang sama. Cara membacanya adalah merapatkan dua bibir atas dan bawah sebelah luar serta diikuti suara berdengung dengan dengungan yang sempurna, sehingga disebut juga dengan : “Ghunnah Kamilah” . Temponya adalah 2 sampai 2,5 harakat/ketukan.

Contoh :

لَهُـمْ مَـا يَشَاءُ لَكُـمْ مَـا كَسَبْتُمْ يَتَوَفَّاكُـمْ مَـلَكُ الْمَـوْتِ

2. IKHFA’ SYAFAWI

Ikhfa’ Syafawi yaitu apabila “Mim Mati” bertemu dengan huruf “Ba”. Dinamakan Ikhfa’ Syafawi karena makhraj huruf “Mim Dan Ba” ada pada bagian bibir. Cara membacanya adalah merapatkan dua bibir atas dan bawah sebelah dalam dan diikuti dengan suara berdengung. Temponya adalah 2 sampai 2,5 harakat/ketukan.

Contoh :

تَرْمِيْهِـمْ بِـحِجَارَةٍ اِنَّ رَبَّهُـمْ بِـهِمْ بَلْهُـمْ بِـلِقَاءِ رَبِّـهِـم

3. IZH-HAR SYAFAWI

Izh-Har Syafawi yaitu apabila “Mim Mati” bertemu dengan huruf “Waw atau Fa”. Dinamakan Syafawi karena makhraj huruf “Mim, Waw dan Fa” ada pada bagian bibir. Cara membacanya adalah merapatkan dua bibir atas dan bawah dan segera membuka kembali, sehingga bunyi Mim mati ketika itu menjadi sangat jelas. Temponya adalah 1 harakat/ketukan.

Contoh :

وَهُـمْ فِـيْهِ ذَالِكُـمْ فِـسْقٌ اَعْمَالُهُـمْ فَـهُمْ

عَنْهُـمْ وَرَضُوْا اُجُوْرَهُـمْ وَيَزِيْدَهُمْ مِنْ رَبِّكُـمْ وَرَحْمَةٌ

4. IZH-HAR

Izh-Har yaitu apabila “Mim Mati” bertemu dengan selain empat huruf tersebut di atas. Cara membacanya adalah merapatkan dua bibir atas dan bawah dan segera membuka kembali, sehingga bunyi Mim mati ketika itu menjadi sangat jelas. Temponya adalah 1 harakat/ketukan.

Contoh :

عَالِيَهُـمْ ثِـيَابٌ - اَلَـمْ تَـرَ - هُـمْ خَـيْرٌ - لَهُـمْ جَـنَّةٌ - عَلَيْهِـمْ حِـجَارَةٌَ - كُـمْ دِيْـنُكُـمْ - عَلَيْهِـمْ رَبُّه - َمَهِّلْهُـمْ قَـلِيْلاً - هُـمْ شَـرٌّ - هُـمْ ضَـلُّوْا - عَلَيْهِمْ ظِـلاَلُهَ وَلَهُـمْ عَـذَابٌ عَلَيهِـمْ غَـضَبٌ - وَهُـمْ نَـائِمُوْنَ - فَجَعَلَهُـمْ كَـعَصْفٍ - سَعْيُكُـمْ لَـشَتَّى - نَوْمَكُـمْ سُـبَاتًا - اِلَيْكُـمْ ذِكْرًا - عَلَيْهِـمْ طَـيْرًا- بَيْنَهُـمْ زُبُرًا - اَهْدِيْكُمْ صِرَاطًا - زِدْنَاهُـمْ هُـدًى - فَلَهُـمْ أَجْـرٌ - وَلَـمْ يُـوْلَـدْ

1 komentar: