Jumat, 02 Mei 2014

PUASA NADZAR



Puasa Nadzar
Puasa nadzar adalah puasa wajib yang difardhukan sendiri oleh seorang muslim atas dirinya sendiri untuk mensyukuri nikmat atau mendekatkan diri kepada Allah. Puasa nadzar wajib ditunaikan menurut nadzarnya. Firman Allah :
ثُمَّ لْيَقْضُوا تَفَثَهُمْ وَلْيُوفُوا نُذُورَهُمْ وَلْيَطَّوَّفُوا بِالْبَيْتِ الْعَتِيقِ
Kemudian, hendaklah mereka menghilangkan kotoran yang ada pada badan mereka dan hendaklah mereka menyempurnakan nazar-nazar mereka dan hendaklah mereka melakukan thawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah) (QS.Al- Hajj : 29)
Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا مَالِكٌ عَنْ طَلْحَةَ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ عَنْ الْقَاسِمِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :  مَنْ نَذَرَ أَنْ يُطِيعَ اللَّهَ فَلْيُطِعْهُ وَمَنْ نَذَرَ أَنْ يَعْصِيَهُ فَلَا يَعْصِهِ. (رواه البخاري : 6202- صحيح البخاري– المكتبة الشاملة –باب النذر فى الطاعة- الجزء : 20– صفحة :  399)
Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim, Telah menceritakan kepada kami Malik, dari Thalhah bin Abdulmalik, dari Al-Qasim, dari ’Aisyah ra, dari Nabi saw, beliau bersabda : Barangsiapa bernazdar menaati Allah, maka hendaklah ditaatinya. Dan barangsiapa bernadzar mengerjakan maksiat kepada Allah maka janganlah dilakukannya. (HR. Bukhari : 6202, Shahih Bukhari,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab  Annadzru fitt-Thaa’ati,   juz : 20, hal. 399)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar