Jumat, 12 November 2010

PUASA ARAFAH

PUASA ARAFAH

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Keutamaan puasa Arafah ditegaskan oleh Rasulullah saw dalam sabdanya :

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ حَرْمَلَةَ بْنِ إِيَاسٍ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُورَاءَ يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً.(رواه اجمد-مسند احمد- باب حديث ابي قتادة رضي الله عنه)

Yahya bin Sa'id bercerita kepada kami, Sufyan bercerita kepada kami, dari Manshur, dari Mujahid, dari Harmalah bin Iyas, dari Abu Qatadah ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun, yaitu setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang telah lalu. (HR.Ahmad, Musmad Ahmad, Bab Hadits Abu Qatadah ra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar