Kamis, 17 April 2014

SUNAT PUASA



SUNAT PUASA
Banyak sekali amalan sunnah dalam melaksanakan ibadah puasa, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.    Makan Sahur
Makan sahur disunatkan dan lebih utama diakhirkan agar tubuh kita kuat dalam melaksanakan ibadah puasa. Makan sahur juga sekaligus membedakan puasa orang Islam dengan puasa ahli kitab (Yahudi dan Nasrani).[1]  Rasulullah saw menyeru kita agar bersahur :
أَخْبَرَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ قَالَ أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللَّهِ عَنْ بَقِيَّةَ بْنِ الْوَلِيدِ قَالَ أَخْبَرَنِي بَحِيرُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ عَنْ الْمِقْدَامِ بْنِ مَعْدِ يكَرِبَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:عَلَيْكُمْ بِغَدَاءِ السُّحُورِ فَإِنَّهُ هُوَ الْغَدَاءُ الْمُبَارَكُ. (رواه النسائي : 2135 –سنن النسائي– المكتبة الشاملة –باب  تسمية السحور غداء- الجزء : 7– صفحة :333)
Telah mengabarkan kepada kami Suwaid bin Nashr, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abdullah, dari Baqiyyah bin Al-Walid, ia berkat : Telah mengabarka kepadaku Bahir bin Sa’ad, dari Khalid bin Ma’dan, dari Al-Miqdam bin Ma’dikarib, dari Nabi saw bersabda : Hendaklah kalian makan sahur, karena itulah makanan yang penuh berkah. (HR. An-Nasai : 2135, Sunan An-Nasai, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab   tasmiyatus ghadaa-an,  juz : 7, hal. 333).
حَدَّثَنَا آدَمُ بْنُ أَبِي إِيَاسٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ صُهَيْبٍ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً. (رواه البخاري :  1789 - صحيح البخاري– المكتبة الشاملة –باب بركة السحور من غير ايجاب- الجزء : 7– صفحة :  3)
Telah menceritakan kepada kami Adam bin Abi Iyas, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Shuhaib, ia berkata : Aku telah mendengar Anas bin Malik ra berkata : Nabi saw bersabda : Bersahurlah kalian karena di dalam sahur itu ada barakah. (HR. Bukhari : 1789, shahih Bukhari,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab  barakatus shuuri min ghairi iijaabin,  juz : 7, hal. 3).
Yang dimaksud dengan “barakah” dalam hadits ini adalah pahala atau kuat dan tetap segar dalam menjalankan ibadah puasa sehingga beban terasa lebih ringan.[2] Dalam hadits lain Rasulullah saw menegaskan :
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ دَاوُدَ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ سَالِمِ بْنِ غَيْلَانَ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ الْحِمْصِيِّ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَا تَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْإِفْطَارَ وَأَخَّرُوا السُّحُورَ. (رواه احمد : 20350 -مسند احمد - المكتبة الشاملة – باب حديث أبي ذر الغفاري رضي الله عنه– الجزء : 43– صفحة :   316)  
Telah menceritakan kepada kami Musa bin Daud, telah menceritakan kepada kami Ibnu Lahi’ah, dari Salim bin Ghailan, dari Sulaiman bin Abi Utsman, dari ‘Adi bin Hatim Al-Himshi, dari Abu Dzar, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Umatku akan senantiasa  berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur. (HR.Ahmad  : 20350, Musnad Ahmad, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab hadits Abu Dzar Al-Ghifari,  juz : 43, hal. 316)
2.    Menyegerakan Berbuka
Menyegerakan berbuka disunatkan apabila matahari telah nyata sudah terbenam atau telah masuk waktu maghrib. Hadits Nabi :  
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الصَّبَّاحِ قَالَا حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْإِفْطَارَ.(رواه ابن ماجه :   1687 - سنن ابن ماجه–المكتبة الشاملة – بَاب ما جاء فى تعجيل الإفطار– الجزء : 5– صفحة :215)
Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin ‘Ammar dan Muhammad bin Ashshabbah, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Abdul Azizi bin Abi Hazim dari ayahnya, dari Sahl bin Sa’ad, bahwa Nabi Nabi saw bersabda : Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka. (HR.Ibnu Majah  : 1687, Sunan Ibnu Majah,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab maa jaa-a fii  ta’jilil ifthar,   juz : 5, hal.215)
3.    Berbuka Dengan Kurma
Disunatkan berbuka dengan kurma, sesuatu yang manis, atau dengan air. Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ :كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ.(رواه ابو داود :  2009 - سنن ابو داود–المكتبة الشاملة–باب ما يفطر عليه-الجزء : 6-صفحة : 306)
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq, telah menceritakan kepada kami Ja’far bin Sulaiman,   telah menceritakan kepada kami Tsabit Al-Bunani, bahwa ia pernah mendengar Anas bin Malik berkata : Rasulullah saw berbuka dengan Ruthab (kurma basah)  sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka berbuka dengan tamr (kurma kering), jika tamr tidak ada juga, maka beliau minum air beberapa teguk. (HR.Abu Daud : 2009, Sunan Abu Daud, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babu  maa yufthiru ‘alaih, juz : 6, hal. 306)
4. Membaca Do’a Ketika  Berbuka
 حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ عَنْ حُصَيْنٍ عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ. (رواه ابو داود :  2011 - سنن ابو داود–المكتبة الشاملة–باب القول عند الإفطار-الجزء : 6-صفحة : 309)
Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami  Husyaim, dari Hushain, dari Muadz bin Zuhrah,   bahwa telah sampai kepadanya, bahwa Nabi saw apabila berbuka beliau  berdo’a : Ya Tuhanku, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan  Rizqi-Mu aku berbuka. (HR.Abu Daud : 2011, Sunan Abu Daud, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babu Al-Qaul ‘Indal Ifthar, juz : 6, hal. 309)
Terdapat kalimat do’a tambahan dalam hadits lain :
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى أَبُو مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ أَخْبَرَنِي الْحُسَيْنُ بْنُ وَاقِدٍ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ يَعْنِي ابْنَ سَالِمٍ الْمُقَفَّعَ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَقْبِضُ عَلَى لِحْيَتِهِ فَيَقْطَعُ مَا زَادَ عَلَى الْكَفِّ وَقَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ. (رواه ابو داود :  2010 - سنن ابو داود–المكتبة الشاملة–باب القول عند الإفطار-الجزء : 6-صفحة : 308)
Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad bin Yahya Abu Muhammad, telah menceritakan kepada kami Ali bin Hasan, telah mengabarkan   kepadaku  Husain bin Waqid, telah menceritakan kepada kami Marwan yaitu Salim bin Muqaffa’ ia berkata : Saya melihat Ibnu Umar mengganggam jenggotnya dan memotong jenggot yang melebihi telapak tangan. Dan ia berkata : Rasulullah saw apabila berbuka beliau  berdo’a :  Telah hilang dahaga, telah basah tenggorokan dan telah tetap pahala, insyallah. (HR.Abu Daud : 2010, Sunan Abu Daud, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babu Al-Qaul ‘Indal Ifthar, juz : 6, hal. 308)
 5. Memberikan Makan Untuk  Berbuka Puasa
Sunat memberikan makanan atau minuman kepada orang-orang untuk  berbuka puasa. Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحِيمِ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ عَنْ عَطَاءٍ عَنْ زَيْدِ بْنِ خَالِدٍ الْجُهَنِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا. (رواه الترمذي : 735 - سنن الترمذي -المكتبة الشاملة – باب فى فضل من فطر صائما– الجزء :  3– صفحة :301)
Telah menceritakan kepada kami Hannad, telah menceritakan kepada kami Abdurrahman, dari Abdul Malik bin Abi Sulaiman, dari ‘Atha’, dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang memberi makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala seperti  pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.  (HR.Tirmidzi – 735, Sunan Tirmidzi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab fii fadhli man faththara shaaiman,   juz :  3, hal. 301)  
6.  Banyak Sedekah
Disunatkan memperbanyak sedekah selama dalam bulan suci Ramadhan karena sedekah yang lebih utama adalah sedekah di bulan Ramdhan. Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ مُوسَى عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الصَّوْمِ أَفْضَلُ بَعْدَ رَمَضَانَ فَقَالَ شَعْبَانُ لِتَعْظِيمِ رَمَضَانَ قِيلَ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ. (رواه الترمذي : 599 - سنن الترمذي -المكتبة الشاملة – باب ما جاء فى فضل الصدقة– الجزء :  3– صفحة : 27)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Isma’il, telah menceritakan kepada kami  Musa bin Isma’il, Telah menceritakan kepada kami Shadaqah bin Musa, dari Tsabit, dari Anas, ia berkata : Nabi saw ditanya : Kapankah puasa yang lebih utama setelah puasa Ramadhan? Beliau menjawab : Puasa yang lebih utama adalah puasa di bulan Sya’ban karena menghormati bulan Ramadhan. Ditanyakan lagi : Kapankah sedekah yang lebih utama? Beliau menjawab : Sedekah yang lebih utama adalah sedekah di bulan Ramdhan. (HR.Tirmidzi – 599, Sunan Tirmidzi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab maa jaa-a fii fadhlis shadaqati,  juz:3,hal.27)  
7.    Tadarus Al-Qur’an
Memperbanyak membaca Al-Qur’an dan tadarus (saling mempelajari, saling meneliti, menelaah dan mengkaji secara lebih mendalam) adalah salah satu amalan sunah utama di bulan Ramadan. Terlebih, pada bulan suci inilah Al-Qur’an mulai diturunkan. Malaikat Jibril senantiasa tadarus Al-Qura’n bersama Rasulullah   Muhammad saw setiap hari sepanjang Ramadan. Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا عَبْدَانُ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ ح و حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا يُونُسُ وَمَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ نَحْوَهُ قَالَ أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ. (رواه البخاري : 5 - صحيح البخاري– المكتبة الشاملة –باب بدء الوحي - الجزء :1– صفحة :7)
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdan, ia berkata :  Telah mengabarkan kepada kami Abdullah, ia berkata : Telah mengabarkan kepada kami Yunus, dari Az-Zuhri. Dan telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Muhammad, ia berkata : Telah mengabarkan kepada kami Abdullah, ia berkata : Telah mengabarkan kepada kami Yunus dan Ma’mar, dari Azzuhri, ia berkata : Telah mengabarkan kepadaku ‘Ubaidullah bin Abdillah, dari Ibnu Abbas, ia berkata : Rasulullah saw  adalah orang yang paling murah hati, lebih-lebih ketika bertemu Jibril di bulan Ramadhan. Beliau bertemu Jibril pada setiap malam bulan Ramadhan untuk tadarus Al-Qur'an. Maka sifat murah hati Rasulullah saw melebihi hembusan angin." (HR. Bukhari : 5, Shahih Bukhari,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab  bad’ul wahyi,   juz : 1, hal. 7).
Tadarus Al-Qur’an mempunyai banyak kelebihan. Selain kelebihan-kelebihan yang dijanjikan bagi siapa yang membaca Al-Quran, Rasulullah saw juga telah bersabda :
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ تَعَالَى يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ. (رواه ابو داود : 1243 -سنن ابو داود–المكتبة الشاملة–باب فضل الإجتماع على تلاوة القرآن والذكر-الجزء : 13-صفحة : 212)
Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abi Syaibah, telah menceritakan kepada kami Abu Muawiyah, dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Nabi saw, beliau bersabda :   Tidak berkumpul suatu kaum pada sebuah rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membaca dan bertadarus Al-Qur’an, melainkan diturunkan kepada mereka ketenangan (sakinah), diliputi rahmat, dikelilingi malaikat dan Allah menyebut mereka pada orang (para malaikat) yang ada di sisi-Nya. (HR.Abu Daud : 1243, Sunan Abu Daud, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babu  Fadhlul ijtima’ alaa tilawatil qur’an wadz dzikri, juz : 13, hal. 212)


[1].  Fathul Bari oleh Ibnu Hajar,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab  barakatus shuuri min ghairi iijaabin,  juz : 6, hal. 171
[2]. Ibid, juz : 6, hal. 171

Tidak ada komentar:

Posting Komentar