Kamis, 10 April 2014

MENGGUNAKAN SUSUK ADALAH HARAM



MENGGUNAKAN SUSUK ADALAH HARAM
Susuk adalah logam emas, perak, atau selainnya yang  yang dimasukan ke balik kulit manusia dengan tujuan mempercantik, memperkuat, kekebalan, dan sebagainya, yang dengan itu agar manusia tunduk dan tertarik kepadanya.
Asas dari susuk adalah sihir, dan tidak ada khilafiyah para ulama tentang haramnya mempelajari sihir dan memanfaatkan jasa ahli sihir dan benda-benda yang mengandung sihir seperti susuk.  Menggunakan susuk yang merupakan sejenis penangkal (tamiimah) adalah kesyirikan.   Rasulullah saw bersabda :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ عَمْرِو بْنِ مُرَّةَ عَنْ يَحْيَى بْنِ الْجَزَّارِ عَنْ ابْنِ أَخِي زَيْنَبَ امْرَأَةِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ زَيْنَبَ امْرَأَةِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ. (رواه ابو داود : 3385 – سنن ابو داود – المكتبة الشاملة)
Dari Zainab isteri Abdillah, dari Abdullah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya ruqyah, penangkal, dan pelet, adalah syirik. (HR. Abu Daud : 3885, Sunan Abu Daud, Al-Maktabah Asy-Syamilah)
Pemakai susuk biasanya akan ada ketergantungan dengan susuk tersebut, dia akan merasa percaya diri jika susuk itu ada dalam dirinya; jika lepas maka dia akan mencari-carinya. Hal ini jelas merupakan bentuk ketergantungan kepada benda-benda yang sebenarnya sama sekali tidak membawa manfaat dan mudharat. Itulah sebabnya penggunaan susuk adalah haram. Hanya Allah swt, Pemilik Kekuatan dan bukan dari benda maupun makhluk yang lemah seperti Jin. Allah telah mengharamkan kesyirikan sebagaimana tertera dalam Al-Qur’an : 
إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاء وَمَن يُشْرِكْ بِاللّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (QS.An Nisaa : 48)

Seorang kyai/ustadz tidak akan pernah membolehkan hal ini, kecuali dia adalah “DUKUN” yang mengaku-ngaku kyai/ustadz, atau barangkali dia tergelincir dalam masalah ini. Untuk itu hendaknya kita berhati-hati.  Wallaahu A’lam

1 komentar:

  1. Informasi yang menarik bagi saya. Saat ini, banyak kaum pria dan wanita melakukan pasang susuk langsung maupun pasang susuk jarak jauh agar tampak lebih cantik/ tampan, menarik, mempesona, dan berkharisma. Serta lebih mudah dikasihi dan disayangi banyak orang. Jika Anda ingin pasang susuk yang halal, aman dan lebih modern. Apakah Anda juga tertarik seperti mereka yang saat ini sudah merasakan khasiat dari Pasang Susuk. Silakan Anda KLIK DISINI. Buktikan Sekarang!!!

    BalasHapus