Jumat, 22 November 2013

ِAyat 3 surat Al-Fatihah -الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ




Pada ayat dua di atas Allah swt. menerangkan bahwa Dia adalah Tuhan semesta alam. Kemudian pada ayat ke 3, Allah mengulangi menyebutkan sifat-Nya yang melampaui segala sesuatu, yaitu Raman dan Rahim.  
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Untuk mengingatkan hamba kepada nikmat dan karunia yang berlimpah, yang telah dikucurkan-Nya, serta sifat dan cinta kasih sayang yang abadi pada diri-Nya, diulangi sekali lagi menyebut "Ar-Rahmanir Rahim". Yang demikian itu supaya hilang  dari hamba-Nya sifat, pikiran dan perbuatan yang mengandung keganasan dan kezaliman seperti raja-raja atau penguasa yang bersifat sewenang-wenang. Allah mengingatkan dalam ayat ini bahwa sifat ketuhanan Allah terhadap hamba-Nya bukanlah sifat keganasan dan kezaliman, tetapi berdasarkan cinta dan kasih sayang. Dengan demikian manusia akan mencintai Allah dan menyembah-Nya dengan hati yang aman dan tenteram bebas dari rasa takut dan gelisah. Hal ini agar manusia dapat mengambil pelajaran dari sifat-sifat Allah, lalu dijadikan pegangan dalam pergaulan dan tingkah lakunya terhadap sesama manusia, bahkan terhadap makhluk lain seperti binatang yang tidak pandai berbicara  atas sifat cinta dan kasih sayang itu. Karena dengan jalan demikianlah manusia akan mendapat rahmat dan karunia dari Allah, sebagaimana sabda Nabi : 
 حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن جَابَانَ الْجُنْدِيسَابُورِيُّ، حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بن غَيْلانَ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بن هَارُونَ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بن جَمِيلٍ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :مَنْ رَحِمَ وَلَوْ ذَبِيحَةَ عُصْفُورٍ رَحِمَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ. (رواه الطبرني : 7840 – المعجم الكبير للطبرني– المكتبة الشاملة – باب  2– الجزء :  7– صفحة :  268)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Jaban Al-Jundisaburi, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ghailan, telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun, telah menceritakan kepada kami Al-Walid bin jamil, dari Qasim, dari Abu Umamah ra, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Barang siapa yang bersikap kasih sayang meskipun kepada seekor burung (pipit) yang disembelih, maka Allah akan melimpahkan kasih sayang kepadanya pada hari kiamat. (HR. Thabrani : 7840, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thbrani, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab 2, juz 7, hal. 268)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar