Kamis, 02 April 2015

SUNAT HAJI DAN UMRAH


SUNAT HAJI DAN UMRAH
Pada bahasan terdahulu sudah kita bicarakan mengenai sunat-sunat thawaf yang sesungguhnya termasuk amalan-amalan sunat dalam melaksanakan ibadah haji dan umrah. Untuk menambah kesempurnaan ibadah tersebut, kita tambahkan   beberapa amalan-amalan sunat lainnya sebagai berikut  : 
1.    Mandi ihram. Hadits Nabi : 
حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فِي حَدِيثِ أَسْمَاءَ بِنْتِ عُمَيْسٍ حِينَ نُفِسَتْ بِذِي الْحُلَيْفَةِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ أَبَا بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَأَمَرَهَا أَنْ تَغْتَسِلَ وَتُهِلَّ. (رواه مسلم : 2107 –صحيح مسلم – المكتبة الشاملة – باب  احرام النفساء واستحباب الإغتسال– الجزء :  6 – صفحة : 212)
Telah menceritakan kepada kami [Abu Ghassan Muhammad bin Amru], telah menceritakan kepada kami [Jarir bin Abdul Hamid] dari [Yahya bin Sa'id] dari [Ja'far bin Muhammad] dari [bapaknya] dari [Jabir bin Abdullah] ra, yakni terkait dengan hadits Asma binti Umais saat ia melahirkan di Dzulhulaifah bahwa Rasulullah saw  memerintahkan Abu Bakar ra, agar menyuruh Asma binti Umais supaya mandi   dan berniat Ihram. (HR.Muslim :  2107, Shahih Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Ihraamun Nufasaa’ wastihbaabul Ightisaal,   juz : 6, hal. 212)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَبِي زِيَادٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَعْقُوبَ الْمَدَنِيُّ عَنْ ابْنِ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ خَارِجَةَ بْنِ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَجَرَّدَ لِإِهْلَالِهِ وَاغْتَسَلَ. (رواه الترمذي : 760 – سنن الترمذي – المكتبة الشاملة – باب ما جاء فى الإغتسال عند الإحرام – الجزء : 3 – صفحة : 344)
Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abu Ziyad, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Ya'qub Al-Madani, dari Ibnu Abu Az-Zinad dari Ayahnya, dari Kharijah bin Zaid bin Tsabit, dari ayahnya, beliau melihat Nabi saw  ihram dengan melepas pakaian beliau yang dijahit lalu mandi. (HR.Tirmidzi : 760, Sunan Tirmidzi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Maa Jaa-a fil –ightisaal ‘indal ihram, juz : 3, hal. 344)
2.    Mandi ketika hendak masuk kota Makkah. Hadits Nabi :
و حَدَّثَنَا أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهْرَانِيُّ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ لَا يَقْدَمُ مَكَّةَ إِلَّا بَاتَ بِذِي طَوًى حَتَّى يُصْبِحَ وَيَغْتَسِلَ ثُمَّ يَدْخُلُ مَكَّةَ نَهَارًا وَيَذْكُرُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ فَعَلَهُ. (رواه مسلم : 2207 –صحيح مسلم – المكتبة الشاملة – باب استحباب المبيت بذي طوى – الجزء :  6 – صفحة :  334)
Dan Telah menceritakan kepada kami [Abu Rabi' Az Zahrani] Telah menceritakan kepada kami [Hammad] Telah menceritakan kepada kami [Ayyub] dari [Nafi'] bahwa [Ibnu Umar] tidak pernah memasuki kota Makkah kecuali ia bermalam terlebih dahulu di Dzi Thuwa sampai waktu pagi datang. Setelah itu, ia mandi dan baru memasuki kota Makkah pada siang harinya. Ia menyebutkan bahwa hal tersebut dari Nabi saw,  bahwa beliau melakukannya. (HR.Muslim :  2207, Shahih Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Ihtihbaabul Mabbit bidzii Thuwaaa,   juz : 6, hal. 334)
3.    Membaca talbiyah disunahkan selama dalam ihram sampai melontar jumrah ‘Aqabah pada hari raya.[1] Hadits Nabi ;
حَدَّثَنِي حِبَّانُ بْنُ مُوسَى وَأَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَا أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَالِمٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُهِلُّ مُلَبِّدًا يَقُولُ : لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ - لَا يَزِيدُ عَلَى هَؤُلَاءِ الْكَلِمَاتِ. (رواه البخاري :  5460 صحيح البخاري – المكتبة الشاملة – باب التلبية – الجزء : 18 صفحة :   272)
Telah menceritakan kepada kami [Hibban bin Musa] dan [Ahmad bin Muhammad] keduanya mengatakan; telah mengabarkan kepada kami [Abdullah] telah mengabarkan kepada kami [Yunus] dari [Az Zuhri] dari [Salim] dari [Ibnu Umar] ra,  dia berkata; saya mendengar Rasulullah saw, bertalbiyah dengan mengikat rambutnya (menguncir) sambil mengucapkan:
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ "LABBAIKALLAAHUMMA LABBAIK LABBAIKA LAA SYARIIKA LAKA LABBAIK INNAL HAMDA WAN NI'MATA LAKA WAL MULK LAA SYARIIKALAK" (Aku datang memenuhi panggilanMu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilanMu tidak ada sekutu bagiMu. Sesungguhnya segala puji, nikmat milikMU begitu pula kerajaan. Tidak ada sekutu bagiMu), dan tidak lebih dari mengucapkan kalimat tersebut. (HR.Bukhari : 5460, Shahih Bukhari, Asy-Syamilah, babut Talbiyah,  juz : 18, hal. 272)
4.    Membaca talbiyah dengan suara keras bagi laki-laki. Hadits Nabi :  
أَخْبَرَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَنْبَأَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ عَنْ خَلَّادِ بْنِ السَّائِبِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ جَاءَنِي جِبْرِيلُ فَقَالَ لِي يَا مُحَمَّدُ مُرْ أَصْحَابَكَ أَنْ يَرْفَعُوا أَصْوَاتَهُمْ بِالتَّلْبِيَةِ. (رواه النسائي : 2703 سنن النسائي– المكتبة الشاملة – باب كيف التلبية – الجزء :  9 صفحة : 114)
Telah mengabarkan kepada kami [Ishaq bin Ibrahim], ia berkata; telah memberitakan kepada kami [Sufyan] dari [Abdullah bin Abu Bakr] dari [Abdul Malik bin Abu Bakr] dari [Khallad bin As Saib] dari [bapaknya] dari Rasulullah saw  bersabda : "Jibril telah datang kepadaku, kemudian berkata; wahai Muhammad, perintahkan kepada para sahabatmu agar mengeraskan suara ketika mengucapkan talbiyah." (HR.Nasa’I : 2703, Sunan Nasa’I, Asy-Syamilah, bab Kaifat Talbiyah,  juz : 9, hal.114)
5.    Berdo’a sesudah membaca talbiyyah. Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنَا عَلِىُّ بْنُ زَكَرِيَّا التَّمَّارُ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ حُمَيْدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الأُمَوِىُّ قَالَ سَمِعْتُ صَالِحَ بْنَ مُحَمَّدِ بْنِ زَائِدَةَ يُحَدِّثُ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا فَرَغَ مِنْ تَلْبِيَتِهِ سَأَلَ اللَّهَ تَعَالَى مَغْفِرَتَهُ وَرِضْوَانَهُ وَاسْتَعَاذَ بِرَحْمَتِهِ مِنَ النَّارِ. (رواه الدارقطني : 2537–سنن الدارقطني - المكتبة الشاملة – باب المواقيت – الجزء : 6 – صفحة :  284)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Makhlad, Telah menceritakan kepada kami Ali bin Zakariya At-Tammar, Telah menceritakan kepada kami Ya’qub bin Humaid, Telah menceritakan kepada kamiAbdullah bion Abdullah Al-Umawy, ia berkata : Saya pernah mendengar Shalih bin Muhammad bin Zaidah menceritakan sebuah hadits yang diriwayuatkan dari Umarah bin Khuzaimah bin Tsabit, dari ayahnya, bahwa Nabi saw apabila telah selesai membaca talbiyyah, beliau berdo’a memohon ampunan dan rido-Nya serta memohon  perlindungan dengan rahmat-Nya dari siksa api neraka. (HR. Ad-Daraquthni : 2537, Sunan Ad-Daeuquthni, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Al-Mawaaqth, juz : 6, hal. 284)
6.    Masuk ke Baitullah (Ka’bah). Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بن يَحْيَى الْحُلْوَانِيُّ، حَدَّثَنَا سَعِيدُ بن سُلَيْمَانَ الْوَاسِطِيُّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بن الْمُؤَمَّلِ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بن مُحَيْصِنٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ دَخَلَ الْبَيْتَ دَخَلَ فِي حَسَنَةٍ، وَخَرَجَ مِنْ سَيِّئَةٍ مَغْفُورًا لَهُ.(رواه الطبرني :  11328– المعجم الكبير للطبرني- المكتبة الشاملة – باب: 3 – الجزء :  9– صفحة : 401 -402)
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yahya Al-Hulwany, telah menceritakan kepada kami Sa’id bin Sulaiman Al-Wasithy, dari Abdullah bin Al-Muammal, telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Muhaisin, dari ‘Atha’, dari Ibnu Abbas, ia berkata :  Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang masuk ke Baitullah (Ka’bah), maka ia telah masuk dalam kebaikan serta ia telah keluar dari keburukan dengan mendapatkan ampunan. (HR. Thabrani : 11328, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thrany,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab 3, juz : 9, hal. 401-402)
7.    Minum air zam-zam. Hadits Nabi :
أَخْبَرَنَا زِيَادُ بْنُ أَيُّوبَ قَالَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ أَنْبَأَنَا عَاصِمٌ وَمُغِيرَةُ ح وَأَنْبَأَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ أَنْبَأَنَا عَاصِمٌ عَنْ الشَّعْبِيِّ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَرِبَ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ وَهُوَ قَائِمٌ. (رواه النسائي :  2915سنن النسائي– المكتبة الشاملة – باب الشرب من زمزم – الجزء :  9 صفحة :  439)
Telah mengabarkan kepada kami [Ziyad bin Ayyub], ia berkata; telah menceritakan kepada kami [Husyaim], ia berkata; telah memberitakan kepada kami ['Ashim] serta [Mughirah]. -Dan dari jalur periwayatan lain- Telah memberitakan kepada kami [Ya'qub bin Ibrahim], ia berkata; telah menceritakan kepada kami [Husyaim], ia berkata; telah memberitakan kepada kami ['Ashim] dari [Asya'bi] dari [Ibnu Abbas] bahwa Rasulullah saw  pernah meminum sebagian air Zamzam dalam keadaan berdiri. (HR. Nasa’I : 2915,  Sunan nasa’I,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Asy-Syurb min zamzam,  juz : 9, hal. 439)
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُؤَمَّلِ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ مِنْهُ. (رواه احمد: 14466 مسند احمد– المكتبة الشاملة – باب مسند جابر بن عبد الله – الجزء :   30صفحة :   15)
Telah bercerita kepada kami [Abdullah bin Al Walid] telah bercerita kepada kami [Abdullah bin Al Mu'ammal] dari [Abu Az Zubair] dari [Jabir] berkata; Rasulullah saw,  bersabda : "Air Zam Zam mempunyai khasiat tergantung niyat peminumnya". (HR. Ahmad : 14466, Musnad Ahmad,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Musnad Jabir bin Abdillah,   juz : 3, hal. 15)
8.    Bermalam di Mina pada malam Arafah. Hadits Nabi :
حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يُصَلِّي الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ وَالصُّبْحَ بِمِنًى ثُمَّ يَغْدُو إِذَا طَلَعَتْ الشَّمْسُ إِلَى عَرَفَةَ. (رواه  مالك :  795 موطأ مالك- المكتبة الشاملة – باب الصلاة بمنى يوم التروية – الجزء :   3صفحة : 225)
Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari [Nafi'] berkata, "Abdullah bin Umar shalat zhuhur, ashar, maghrib, isya' dan subuh di Mina lalu berangkat pada awal siang, ketika matahari telah terbit ke Arafah." (HR. Malik : 795, Muwatha’ Malik,  Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Ash-Shalaatu bi Minaa yawmat Tarwioyyah,   juz : 3, hal. 225)
9.    Melaksanakan haji ifrad, berpakaian ihram dengan kain putih, shalat sunat thawaf, dan thawaf Qudum.[2]



[1]. Baca fiqh Islam oleh H.Sulaiman Rasjid,  cetakan ke 32, Pt. Sinar Baru Algensindo, Bandung, tahun 1998 hal.262 265
[2]. Baca Kitab KifayatulAkhyar, juz : 1,  oleh Imam Taqiyuddin, Darul ‘Ilmi, Surabaya, hal. 182 - 184

Tidak ada komentar:

Posting Komentar