Rabu, 23 Januari 2013

BASMALAH DALAM AWAL SURAT



BASMALAH
Di dalam Al-Quran ada 114 surah, semuanya dimulai dengan "Basmalah", kecuali surat At-Taubah. Di samping pada  permulaan surat, "Basmalah" juga  disebutkan satu kali di pertengahan surah An-Naml, yaitu ayat  30. Dengan demikian, "Basmalah" di dalam Al-Quran didapati sebanyak 114 kali.  Ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang sebab tidak dituliskan  Basmalah di awal surat Bara-ah (At-Taubah). Dalam  tafsir Al-Qurthuby disebutkan lima pendapat, [1] yaitu : 
1.   Sudah menjadi kebiasaan orang-orang Arab zaman Jahiliyah apabila telah terjadi kesepakan dalam suatu perjanjian, dan mereka hendak membatalkan perjanjian itu, maka mereka menuliskan surat pembatalannya tanpa menuliskan  basmallah. Ketika surat Bara-ah turun sebagai pembatalan perjanjian antara Nabi saw dan orang-orang musyrik, maka beliau mengutus Ali bin Abi Thalib untuk membacakan surat bara-ah, dan dia membacanya tanpa basmalah sebagai sikap menjalankan kebiasaan orang-orang Arab zaman itu dalam membatalkan perjanjian. 
2.   Terdapat kesamaan kisah (isi) antara  surat Bara-ah dan  surat Al-Anfal, sehingga surat Bara-ah  diyakini oleh Utsman bin Affan sebagai  bagian dari surat Al-Anfal, sehingga surat Bara-ah digandengkan dengan surat Al-Anfal tanpa dituliskan basmalah sebagai pemisah antara keduanya. Pendapat ini berdasarkan sebuah hadits :    
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ وَابْنُ أَبِي عَدِيٍّ وَسَهْلُ بْنُ يُوسُفَ قَالُوا حَدَّثَنَا عَوْفُ بْنُ أَبِي جَمِيلَةَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ الْفَارِسِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ قَالَ قُلْتُ لِعُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ مَا حَمَلَكُمْ أَنْ عَمَدْتُمْ إِلَى الْأَنْفَالِ وَهِيَ مِنْ الْمَثَانِي وَإِلَى بَرَاءَةٌ وَهِيَ مِنْ الْمِئِينَ فَقَرَنْتُمْ بَيْنَهُمَا وَلَمْ تَكْتُبُوا بَيْنَهُمَا سَطْرَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ وَوَضَعْتُمُوهَا فِي السَّبْعِ الطُّوَلِ مَا حَمَلَكُمْ عَلَى ذَلِكَ فَقَالَ عُثْمَانُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِمَّا يَأْتِي عَلَيْهِ الزَّمَانُ وَهُوَ تَنْزِلُ عَلَيْهِ السُّوَرُ ذَوَاتُ الْعَدَدِ فَكَانَ إِذَا نَزَلَ عَلَيْهِ الشَّيْءُ دَعَا بَعْضَ مَنْ كَانَ يَكْتُبُ فَيَقُولُ ضَعُوا هَؤُلَاءِ الْآيَاتِ فِي السُّورَةِ الَّتِي يُذْكَرُ فِيهَا كَذَا وَكَذَا وَإِذَا نَزَلَتْ عَلَيْهِ الْآيَةَ فَيَقُولُ ضَعُوا هَذِهِ الْآيَةَ فِي السُّورَةِ الَّتِي يُذْكَرُ فِيهَا كَذَا وَكَذَا وَكَانَتْ الْأَنْفَالُ مِنْ أَوَائِلِ مَا أُنْزِلَتْ بِالْمَدِينَةِ وَكَانَتْ بَرَاءَةٌ مِنْ آخِرِ الْقُرْآنِ وَكَانَتْ قِصَّتُهَا شَبِيهَةً بِقِصَّتِهَا فَظَنَنْتُ أَنَّهَا مِنْهَا فَقُبِضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَمْ يُبَيِّنْ لَنَا أَنَّهَا مِنْهَا فَمِنْ أَجْلِ ذَلِكَ قَرَنْتُ بَيْنَهُمَا وَلَمْ أَكْتُبْ بَيْنَهُمَا سَطْرَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فَوَضَعْتُهَا فِي السَّبْعِ الطُّوَلِ. (رواه الترمذي : 3011 – سنن الترمذي – الكتبة الشاملة -  بَاب وَمِنْ سُورَةِ التَّوْبَةِ – الجزء : 10 – صفحة : 352)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Sa’id, Muhammad bin Ja’far, Ibnu Abi ‘Ady dan Sahl bin Yusuf, mereka berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Auf bin Abi Jamilah, telah menceritakan kepada kami Yazid Al-farisy, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abbas, ia berkata kepada Utsman bin Affan : Apa yang mendorong kalian dengan sengaja menggolongkan  surat Al-Anfal kepada Al-Matsani (ayat yang dibaca berulang-ulang), menggolongkan surat Bara-ah (Taubah) kepada Al-Mi’iin (surat yang lebih dari seratus ayat), dan kalian telah menggandengkan keduanya tanpa ditulis Basmalah (sebagai pemisah), serta kalian meletakkan dua surat itu di deretan As-Sab’utthuwal (tujuh surat yang panjang), apa yang mendorong kalian melakukan demikian?. Utsman menjawab : Dulu Rasulullah saw terkadang memasuki suatu waktu yang diturunkan kepadanya sejumlah surat, karena itu, apabila diturunkan kepadanya suatu ayat, maka beliau memanggil orang yang bisa menulis, lalu bersabda :  Letakkanlah ayat-ayat ini pada surat yang di dalamnya disebutkan begini dan begitu. Dan apabila turun satu ayat lagi kepadanya,  beliau bersabda : Letakkanlah ayat ini di surat yang di dalamnya disebutkan  begini dan  begitu.  Surat Al-Anfal adalah termasuk surat yang pertama kali diturunkan di Madinah; dan surat Bara-ah termasuk surat Al-Qur’an yang terakhir diturunkan, sedangkan kisah (isi) surat Bara-ah mirip dengan kisah (isi)  surat Al-Anfal, sehingga saya yakin bahwa surat Bara-ah adalah bagian dari surat Al-Anfal. (Setelah itu) Rasulullah saw wafat, tetapi tidak menjelaskan kepada kami bahwa surat Bara-ah adalah bagian dari surat Al-Anfal. Oleh karena itu saya yang menggandengkan surat Bara-ah dan surat Al-Anfal, dan saya tidak menulis : “BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM” sebagai pemisah di antara duanya, lalu saya meletakkannya di dalam deretan As-Sab’utthuwal (tujuh surat yang panjang). (HR.Tirmidzi : 3011, Sunan Tirmidzi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab wamin suratit Taubah, juz : 10, hal. 352)
3.   Diriwayatkan dari Utsman. Malik mengatakan seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Wahab, Ibnu Al-Qasim dan Ibnu Abdil-Hakam, bahwa sesungguhnya telah terjadi penghapusan diawal surat bara-ah sehingga basmalahnya pun ikut terhapus bersamanya. Dari Ibn ‘Ajlaan, bahwa sesungguhnya surat bara-ah sebanding  atau berdekatan dengan surat Al-Baqarah, sehingga tidak dituliskan basmalah sebagai pemisah antara keduanya. Sa’id Bin Jubair berkata, bahwa surat bara-ah sama seperti surat Al-Baqarah.
4.   Kharijah, Abu ‘Ishmah dan lainnya berkata : Ketika dilakukan penulisan mushaf pada zaman kakhalifahan Utsman, terjadi perbedaan pendapat dikalangan para shahabat Rasulullah saw. Sebagian  menyatakan, bahwa antara surat Bara-ah dan surat Al-Anfaal adalah satu surat. Ada lagi yang beranggapan, bahwa keduanya adalah dua surat. Untuk mengambil jalan tengah dari dua pendapat tersebut, maka ditetapkan bahwa surah Bara-ah dan Al-Anfal adalah dua surah dengan tanpa menuliskan Basmallah di awal surat Bara-ah. Dua kelompok yang berbeda pendapat secara bersama-sama rela menerima jalan tengah ini, pendapat mereka tetap terlindungi dalam mushaf.
5.   Abdullah bin Abbas berkata : Saya pernah bertanya kepada Ali bin Abi Thalib : Mengapa basmalah tidak ditulis di permulaan surat Bara-ah?  Ali bin Abi Thalib  menjawab : "Basmalah adalah mengandung makna rasa aman dan damai; sedangkan surat Bara-ah turun dengan bayang-bayang pedang (peperangan), di dalamnya tidak ada rasa aman dan damai."[2] Dari Al-Mubarrad : “Tidak mungkin berkumpul antara Basmalah yang mengandung makna rahmah (kasih sayang), dengan surat Bara-ah yang diturunkan terkait dengan kejengkelan dan kemarahan”.  Sufyan bin Uyaynah berkata : “Basmalah tidak ditulis di permulaan surat Bara-ah karena Basmalah mengandung  makna rahmah (kasih sayang); sedangkan surat Bara-ah diturunkan sebagai kecaman terhadap orang-orang munafiq, dan dengan bayang-bayang pedang (peperangan),  dan tidak ada rasa aman dan damai bagi orang-orang munafik. Dan pendapat yang shahih, Basmalah tidak dituliskan dalam surat Bara-ah, karena memang malaikat Jibril tidak menyertakan Basmalah ketika surat tersebut diturunkan. Demikianlah menurut pendapat imam Al-Qusyairy.
BASMALAH DALAM  PERMULAAN SURAH
Para ulama telah sepakat bahwa Basmalah termasuk bagian dari ayat dalam surat An-Naml. Tetapi para ulama berbeda pendapat tentang Basmalah yang terletak di awal semua surat. Dalam hal ini, Sayid Sabiq dalam Fiqhussunnah mengemukan tiga pendapat yang terkenal,[3] yaitu : 
1.   Basmalah termasuk bagian dari surat Al-Fatihah, dan juga bagian dari setiap surat  (dalam Al-Qur’an). Dengan demikian, membaca Basmalah dalam surat Al-Fatihah   adalah wajib hukumnya sebagaimana hukum membaca Al-Fatihah itu sendiri (di dalam ibadah shalat), baik ketika dibaca pelan (sirr) maupun keras (jahr). Pendapat ini dikuatkan oleh hadits yang diriwayatkan dari Nu'aim Al-Mujmir :
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْحَكَمِ عَنْ شُعَيْبٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ حَدَّثَنَا خَالِدٌ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي هِلَالٍ عَنْ نُعَيْمٍ الْمُجْمِرِ قَالَ صَلَّيْتُ وَرَاءَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَقَرَأَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ثُمَّ قَرَأَ بِأُمِّ الْقُرْآنِ حَتَّى إِذَا بَلَغَ {غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ} فَقَالَ آمِينَ فَقَالَ النَّاسُ آمِينَ وَيَقُولُ كُلَّمَا سَجَدَ اللَّهُ أَكْبَرُ وَإِذَا قَامَ مِنْ الْجُلُوسِ فِي الِاثْنَتَيْنِ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ وَإِذَا سَلَّمَ قَالَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنِّي لَأَشْبَهُكُمْ صَلَاةً بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. (رواه النسائي : 895 – سنن النسائي – المكتبة الشاملة – باب قِرَاءَةُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ – الجزء :  3 – صفحة : 459)
Telah mengabarkan kepada kami [Muhammad bin Abdillah bin Abdil Hakim] dari [Syua’ib], telah menceritakan kepada kami [Khalid] dari [Sa’id bin Abi Hilal] dari [Nu’aim Al-Mujmir, ia berkata : Aku pernah  shalat dibelakang Abu Hurairah, kemudian dia membaca  “Bismillaahir Rahmaanir Rahiim”, lalu membaca Ummul Qur’an (surat Al-Fatihah), hingga tetkala sampai pada “Ghairil Maghdluubi ‘Alaihim Waladl-Dlaalliin”, dia mengucapkan Aamiin, lalu orang-orang-pun mengucapkan Aamiin. Dan dia (Abu Hurairah) juga mengucapkan Allahu Akbar setiap  hendak sujud, dan ketika bangun dari duduk pada rakaat kedua (tahiyyat awal). Dan setelah selesai salam, dia berkata : Demi Dzat yang jiwaku berada dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya aku adalah orang yang paling menyerupai Rasulullah saw dalam shalat. (HR.An-Nasai : 895, Sunan An-Nasai, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Qiraa-ati Bismillaahir Rahmaanir Rahiim, juz : 3, hal. 459)    
2.    Basmalah merupakan suatu ayat yang berdiri sendiri yang diturunkan untuk mengambil berkah dan pemisah di antara surat-surat, dan bahwa membacanya pada Al-Fatihah hukumnya boleh (mubah), bahkan sunat (mustahab), dan tidak disunatkan membacanya dengan keras (jahar). Hal ini berdasarkan hadits Anas :
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ صَلَّيْتُ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَخَلْفَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَكَانُوا لَا يَجْهَرُونَ بْ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. (رواه احمد :  12380 – مسند احمد -المكتبة الشاملة – باب مسند انس بن مالك - الجزء 25:– صفحة : 426)
Telah menceritakan kepada kami [Waki’], telah menceritakan kepada kami [Syu’bah], dari [Qatadah], dari [Anas], ia berkata : Saya pernah shalat di belakang Rasulullah saw, di belakang Abu Bakar, Umar dan Utsman, dan mereka tidak membaca dengan suara keras (jahar) bacaan Bismillaahir Rahmaanir Rahiim. (HR. Ahmad : 12380, Musnad Ahmad, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Musnad Anas bin Malik, juz : 25, hal. 426)
3.       Basmalah bukan merupakan suatu ayat dari Al-Fatihah atau dari surat lainnya, dan bahwa membacanya dimakruhkan baik secara sir maupun jahar, pada shalat fardhu ataupun sunat. Mazhab ini tidak kuat. [4]

Dalam  Tafsir Ibnu Katsir[5] dipaparkan pula perbedaan pendapat dikalangan ulama tentang bacaan basmalah dalam shalat, apakah dibaca dengan suara keras (Jahar) ataukah dibaca dengan pelan (sir). 

1.   Imam Malik, Imam Abu Hanifah dan pengikut-pengikutnya berpendapat, bahwa "Basmalah" bukanlah satu ayat dari surah Al-Fatihah dan juga bukan  ayat dari surah yang lain. Sebab itu menurut mazhab Imam Abu Hanifah, Ats-Tsawry dan Ahmad bin Hanbal "Basmalah" itu tidak dikeraskan membacanya dalam shalat (dibaca dengan pelan/sir), bahkan Imam Malik tidak membaca Basmalah sama sekali. 

2.   Imam Syafii, sebagian pengikutnya berpendapat, bahwa "Basmalah"  adalah satu ayat dari surah Al-Fatihah dan bukan  ayat dari surah yang lain. Dan sebagian pengikut lainnya  berpendapat, bahwa basmalah adalah salah satu ayat dari surah Al-Fatihah, dan satu ayat dari permulaan setiap surat lainnya. Sebab itu Menurut mazhab Imam Syafii "Basmalah" itu dibaca dengan suara keras (Jahar) dalam shalat. 

Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa surah Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat. Oleh karenanya, bagi golongan yang berpendapat bahwa basmalah bukan  ayat dari surat Al-Fatihah, maka mereka memandang :  غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ  adalah satu ayat dari surat Al-Fatihah, dengan demikian ayat dalam surat tersebut  tetap berjumlah tujuh ayat.[6]


[1].  Syamsuddin Al-Qurthuby (1204 – 1273 M / 600 – 671 H), Tafsiir Al-Qurthuuby, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab : 8, juz : 8, hal : 61-63
[2]   - فحدثناه أبو بكر محمد بن عبد الله الجنيد، حدثنا محمد بن زكريا بن دينار، حدثنا يعقوب بن جعفر بن سليمان الهاشمي، حدثني أبي، عن أبيه، عن علي بن عبد الله بن عباس، قال : سمعت أبي يقول : سألت علي بن أبي طالب رضي الله عنه : لِمَ لَمْ تُكْتَبْ فِيْ بَراءة بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ؟ قال : لِأَنَّ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  أَمَانٌ وبراءة نُزِلَتْ بِالسَّيْفِ لَيْسَ فِيْهَا أَمَانٌ.(رواه الحاكم : 3231 – المستدرك على الصحيحين للحاكم– المكتبة الشاملة– باب تفسير سورة التوبة– الجزء : 7 –صفحة : 410)
Telah menceitakan kepada kami Abu Bakar Muhammad bin Abdillah Al-Junaid, telah meceritakan kepada kami Muhamma bin Zakaria bin Dinar, telah meceritakan kepada kami Ya’qub bin Ja’far bin Sulaiman Al-Hasyimy, telah meceritakan kepadaku ayahku, dari ayahnya, dari ‘Ali bin Abdillah bin Abbas, ia berkata : Saya pernah mendengar ayahku berkata : Saya bertanya kepada Ali bin Abi Thalib ra : Mengapa dalam surat Bara-ah tidak ditulis BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM? Ali menjawab : (Dalam surat Bara-ah tidak ditulis basmalah) karena BISMILLAAHIR RAHMAANIR RAHIIM adalah keamanan, sedangkan surat Bara-ah diturunkan  dengan  bayang-bayang pedang (perang) yang di dalamnya tidak terdapat keamanan. (HR.Hakim : 3231, Al-Mustadrak Alash-Shahihain Lil-Hakim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab tafsir surat At-Taubah, juz : 7, hal. 410)
[3] . Sayid Sabiq, Fiqhussunnah, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab 1, juz 1, hal. 135 - 136
[4] . ibd,  hal. 135 - 136
[5] . Abul Fida’ Isma’il bin Umar bin Katsir,  Op cit, Tafsir Ibnu Katsir, hal.117-118

Tidak ada komentar:

Posting Komentar