Rabu, 17 Agustus 2011

AYAT MUTASYABIHAT DAN MUHKAMAA


Firman Allah :

هُوَ الَّذِي أَنزلَ عَلَيْكَ الْكِتَابَ مِنْهُ آيَاتٌ مُحْكَمَاتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتَابِ وَأُخَرُ مُتَشَابِهَاتٌ فَأَمَّا الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاءَ تَأْوِيلِهِ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيلَهُ إِلا اللَّهُ وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنَا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلا أُولُو الألْبَابِ

Dia-lah yang menurunkan Al kitab (Al Quran) kepada kamu. di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang MUHKAMAAt, Itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain (ayat-ayat) MUTASYAABIHAAT. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, Maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, Padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.-QS.Ali-'Imran : 7

Ayat yang MUHKAMAAT ialah ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya, dapat dipahami dengan mudah.

Ayat-Ayat Mutasyaabihaat adalah ayat-ayat yang mengandung beberapa pengertian dan tidak dapat ditentukan arti mana yang dimaksud kecuali sesudah diselidiki secara mendalam; atau ayat-ayat yang pengertiannya hanya Allah yang mengetahui seperti ayat-ayat yang berhubungan dengan yang ghaib-ghaib misalnya ayat-ayat yang mengenai hari kiamat, surga, neraka dan lain-lain.

MAKNA AYAT-AYAT "MUTASYAABIHAAT"

Makna ayat-ayat "mutasyaabihaat" yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al-Quran adalah sebagai berikut :

1- Dalam tafsir Al-Qur'an DEDAG : YAA SIIN- ALIF LAAM MIIN- ALIF LAAM RAA- ALIF LAAM MIIM SHAAD dan seterusnya : adalah huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al-Quran, diantara Ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada Allah karena dipandang termasuk ayat-ayat "MUTASYAABIHAAT", dan ada pula yang menafsirkannya. Golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama surat, dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untuk menarik perhatian para pendengar supaya memperhatikan Al-Quran itu, dan untuk mengisyaratkan bahwa Al-Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad. kalau mereka tidak percaya bahwa Al Quran diturunkan dari Allah dan hanya buatan Muhammad saw, semata-mata, maka cobalah mereka buat semacam Al Quran itu.

2- Dalam tafsir Jalain, YAA SIIN dijelaskan :

يــس : الله أعلم بمراده به .

YAA SIIN hanya Allah yang mengetahui maksudnya.

3- Dalam tafsir Al-Fakhrurrazi YAA SIN:

يــس : إنه كلام هو نداء معناه يَا إِنْـسَان

YAA SIIN adalah sebuah kalimat panggilan, yang artinya : Wahai Manusia!

4- Dalam tafsir Al-Bahrul Muhith, YAA SIIN adalah :

قال ابن جبير هنا : إنه اسم من أسماء محمد صلى الله عليه وسلم ، ودليله إنك لمن المرسلين

Ibnu Jubair berkata : YAA SIIN adalah salah satu nama dari nama-nama Nabi Muhammad saw, dasarnya adalah ayat berikutnya yang artinya : "Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar