Jumat, 06 Mei 2011

SHALAT SAFAR (BEPERGIAN)

Safar menurut bahasa adalah pergi atau berjalan. Menurut istilah, shalat safar adalah shalat sunat dua rakaat yang dilakukan oleh orang yang akan bepergian ketika hendak keluar dari rumahnya. Demikian pula disunatkan bagi orang yang baru datang dari bepergia ketika ia telah sampai di rumahnya. Hadits Nabi :
حدثنا أبو زيد معاذ بن فضالة حدثنا يحيى بن أيوب عن بكر بن عمرو عن صفوان بن سليم ، قال بكر : حسبته عن أبي سلمة عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا خَرَجْتَ مِنْ مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ تَمْنَعَانِكَ مِنْ مَخْرَجِ السُّوْءِ وَإِذَا دَخَلْتَ إِلَى مَنْزِلِكَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ تَمْنَعَانِكَ مِنْ مَدْخَلِ السُّوْءِ.(رواه البيهقي : 2942 – شعب الإيمان للبيهقي– المكتبة الشاملة -بَاب إذا خرجتَ من منزلك- الجزء : 7-صفحة: 89)
Telah menceritakan kepada kami [Abu Zaid Mu'adz bin Fadhalah] telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Ayyub] dari [Bakar bin 'Amer] dari [Shafwan bin Sulain]. Bakar berkata : Saya mengira : Dari [Abu Salamah], dari [Abu hurairah], Nabi saw bersabda : Apabila engkau keluar dari rumahmu, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang dengan ini akan menghalangimu dari kejelekan yang ada diluar rumah. Jika engkau memasuki rumahmu, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang akan menghalangimu dari kejelekan yang masuk ke dalamr rumah. (HR.Baihaqi : 2942, Syu'abul Iman Lil-Baihaqi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, Bab Idzza Kharajta Min Mnzilik, Juz : 7, hal. 89)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar