Rabu, 07 April 2010

FADHILAH (KEUTAMAAN) AYAT KURSI(سراج الدين شمس العارفين نور)

Ayat kursi merupakan ayat yang paling mulia di dalam Al-Qur’an, sehingga disebut tuan dari ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam ayat Kursi telah terhimpun semua sifat kemahasempurnaan dan kemahaesaan Allah. Tiada Tuhan kecuali Allah, Dia Yang Maha Hidup, Yang Maha Kekal, Maha Mengatur, Maha Agung, Maha Raja, Maha Mengetahui, Maha Menjaga, Maha Kuat, Maha Tinggi dan Maha Besar. Ayat Kursi yang dimaksud adalah berikut ini :

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ.

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.(QS.Al-Baqarah [2] :255).

Dalam kitab tafsir Al-Imam Al-Fahrurrazi dikisahkan tentang keutamaan ayat Kursi, antara lain :

قال علي قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم : يا علي سيد البشر آدم وسيد العرب محمد ولا فخر وسيد الكلام القرآن وسيد القرآن البقرة وسيد البقرة آية الكرسي.

Ali berkata : Rasulullah saw menuturkan kepadaku : Wakai Ali, tuannya manusia adalah Adam, tuannya bangasa Arab adalah Muhammad, namun tidak sombong, tuannya kalam (rangkaian kata) adalah Al-Qur’an, tuannya Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah dan tuannya surat Al-Baqarah adalah ayat Kursi.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ما قرئت هذه الآية في دار إلا اهتجرتها الشياطين ثلاثين يوماً ولا يدخلها ساحر ولا ساحرة أربعين ليلة.

Rasulullah saw bersabda : Tidaklah ayat ini dibaca di dalam sebuah rumah, kecuali syetan-syetan meninggalkan rumah itu selama 30 hari, dan tidak akan masuk ke dalam rumah itu tukang sihir laki dan tukang sihir wanita selama 40 malam.

من قرأها إذا أخذ مضجعه أمنه الله على نفسه وجاره وجار جاره والأبيات التي حوله

Barangsiapa membaca ayat Kursi ketika hendak tidur, maka Allah akan memberikan keamanan terhadap dirinya, tetangganya, tetangga tetangganya dan rumah-rumah disekitarnya.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ فِي تَفْسِيرِ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ : مَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ أَعْظَمَ مِنْ آيَةِ الْكُرْسِيِّ قَالَ سُفْيَانُ لِأَنَّ آيَةَ الْكُرْسِيِّ هُوَ كَلَامُ اللَّهِ وَكَلَامُ اللَّهِ أَعْظَمُ مِنْ خَلْقِ اللَّهِ مِنْ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ. (رواه الترمذي : 2809 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي سُورَةِ آلِ عِمْرَانَ– الجزء : 10 – صفحة : 116)

Muhammad bin Ismail bercerita kepada kami, ia berkata : Humaidi bercerita kepada kami, Sufyan bin ‘Uyainah bercerita kepada kami dalam tafsir Abdullah bin Mas’ud, ia berkata : Allah tidak menciptakan langit dan bumi lebih agung dari ayat Kursi. Sufyan berkata : Ayat Kursi adalah firman Allah (Kalamullah), dan firaman Allah adalah lebih agung dari semua citaan Allah di langit dan di bumi. (HR.Tirmidzi : 2809, Sunan Tirmidzi, Bab Maa jaa-a fii suurati Aali ‘Imraan, juz 10, hal.116)

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ الْجُعْفِيُّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ حَكِيمِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِيَ سَيِّدَةُ آيِ الْقُرْآنِ هِيَ آيَةُ الْكُرْسِيِّ.(رواه الترمذي : 2803 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي فَضْلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ – الجزء : 10 – صفحة : 108)

Mahmud bin Ghailan bercerita kepada kami, Husain Al-Ju’fi bercerita kepada kami, dari Zaidah, dari Hakim bin Jubair, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Segala sesuatu mempunyai puncak, dan sesungguhnya puncaknya Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah, dan di dalam surat Al-Baqarah terdapat induknya ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu ayat kursi. (HR.Tirmidzi : 2803, Sunan Tirmidzi, Bab Maa jaa-a fii fadhli suratil-Baqarati wa aayatil-Kursiyyi, juz : 10, hal.108)

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ حَكِيمِ بْنِ جُبَيْرٍ الأسدي عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أن رسول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال : سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ سَيِّدُ آيِ الْقُرْآن، لاَ يَقْرَأُ فِيْ بَيْتٍ وَفِيْهِ شَيْطَانٌ اِلاَّ خَرَجَ مِنْهُ آيَةُ الْكُرْسِيِّ.(رواه الحاكم : 2016 – المستدرك على الصحيحين للحاكم –باب أخبار في فضل سورة البقرة – الجزء : 5 – صفحة : 125 )

Sufyan bercerita kepada kami, dari Hakim bin Jubair Al-Asady, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda : Di dalam surat Al-Baqarah terdapat tuannya ayat-ayat Al-Qur’an, (yaitu ayat Kursi). Tidaklah ayat Kursi itu dibaca di dalam sebuah rumah yang di dalamnya ada syetan, kecuali syetan itu keluar dari rumah itu.(HR. Hakim :2016, Al-Mustadrak ‘alash-Shahohain Ll-Hakim, Bab Akhbar fii Fadhli suuratil-Baqarah, juz 5, hal.125)

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بن هَاشِمٍ الْبَغَوِيُّ، حَدَّثَنَا كَثِيرُ بن يَحْيَى، حَدَّثَنَا حَفْصُ بن عُمَرَ الرَّقَاشِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بن حَسَنِ بن حَسَنٍ ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ الصَّلاةِ الْمَكْتُوبَةِ كَانَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ إِلَى الصَّلاةِ الأُخْرَى.(رواه الطبراني : 2667- المعجم الكبير للطبراني – باب 1 – الجزء : 3 – صفحة : 141)

Ibrahim bin Hasyim Al-Baghawi bercerita kepada kami, Katsir bin Yahya bercerita kepada kami, Hafash bin Umar Arraqasyiyyi bercerita kepada kami, Abdullah bin Hasan bin Hasan bercerita kepada kami, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa membaca ayat Kursi di akhir (sesudah) shalat fardu, ia akan berada dalam lindungan Allah hingga masuk waktu shalat yang lain. (HR.Thabrani : 2667, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thabrani, Bab 1, juz 1, hal.131)

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن حِمْيَرٍ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بن زِيَادٍ الأَلْهَانِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا أُمَامَةَ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَكُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ.(رواه الطبراني : 7408 - المعجم الكبير للطبراني – باب 2 – الجزء : 7– صفحة : 122)

Muhammad bin Himyar bercerita kepada kami, Muhammad bin Ziyad Al-Alhany bercerita kepadaku, ia berkata : Saya mendengar Abu Umamah berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa membaca ayat Kursi di akhir (sesudah) shalat fardu, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga, kecuali hanya menunggu maut.(HR.Thabrani : 7408, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thabrani, Bab 2, juz 7, hal.122)

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا يُونُسُ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ هِلَالٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنْ اللَّهِ حَافِظٌ وَلَا يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ. رواه البخاري : 3033 – صحيح البخاري - بَاب صِفَةِ إِبْلِيسَ وَجُنُودِهِ – الجزء : 11 – صفحة : 53)

Abu Ma’mar bercerita kepada kami, Abdulharits bercerita kepada kami, Yunus bercerita kepada kami, dari Humaid bin Hilal, dari Abu Shalih, dari Abu Sa’id, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Apabila kamu pergi ke tempat tidur, maka bacalah ayat Kursi, karena dengan bacaan itu kamu akan selalu mendapatkan penjagaan dari Allah, dan syetan tidak akan mendekat kepadamu hingga pagi hari. (HR.Bukhari : 3033, Shahih Bukhari, Bab Shifati Ibliis wa junuudihi, juz 11, hal.53)

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَاصِمٍ أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ عَنْ عَاصِمٍ عَنِ الشَّعْبِىِّ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ : مَنْ قَرَأَ أَرْبَعَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةَ الْكُرْسِىِّ وَآيَتَانِ بَعْدَ آيَةِ الْكُرْسِىِّ وَثَلاَثاً مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ لَمْ يَقْرَبْهُ وَلاَ أَهْلَهُ يَوْمَئِذٍ شَيْطَانٌ وَلاَ شَىْءٌ يَكْرَهُهُ، وَلاَ يُقْرَأْنَ عَلَى مَجْنُونٍ إِلاَّ أَفَاقَ.(رواه الدارمي: 3446-سنن الدارمي-باب فَضْلِ أَوَّلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةِ الْكُرْسِىِّ – الجزء : 10- صفحة : 271)

‘Amer bin ‘Ashim bercerita kepada kami, Hammad mengabarkan kepada kami, dari ‘Ashim, dari Asy-Sya’by, dari Ibnu Mas’ud, ia berkata : Barangsiapa membaca 4 ayat dari awal surat Al-Baqarah, ayat Kursi, 2 ayat sesudah ayat Kursi, 3 ayat dari akhir surat Al-Baqarah, maka ketika itu syetan tidak berani mendekatinya dan tidak pula mendekati keluarganya dan tidak ada sesuatu yang dapat membencinya. Dan tidaklah dibaca (ayat Kursi itu) untuk orang gila kecuali ia akan disembuhkan (oleh Allah). (HR. Addarimy : 3446, Sunan Addarimy, Bab Fadhli awwali suuratil Baqarati wa aayatil-Kursiyyi, juz 10, hal.271)

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْحَارِثِ قَالَ حَدَّثَنِي سَلَمَةُ بْنُ وَرْدَانَ أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ صَاحِبَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَهُ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ رَجُلًا مِنْ صَحَابَتِهِ فَقَالَ أَيْ فُلَانُ هَلْ تَزَوَّجْتَ قَالَ لَا وَلَيْسَ عِنْدِي مَا أَتَزَوَّجُ بِهِ - قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ إِذَا زُلْزِلَتْ الْأَرْضُ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ آيَةُ الْكُرْسِيِّ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ تَزَوَّجْ تَزَوَّجْ تَزَوَّجْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ. (رواه احمد : 12831 - مسند احمد – باب مسند انس بن مالك – الجزء : 265 – صفحة : 378)

Abdullah bin Al-Harits bercerita kepada kami, ia berkata : Salamah bin Wardan becerita kepadaku, bahwa Anas bin Malik, yaitu sahabat Nabi saw menceritakan sebuah hadits kepadanya (Salamah bin Wardan). Bahwasanya Rasulullah saw bertanya kepada seorang lelaki dari sahabatnya seraya berkata : Hai Fulan! Apakah engkau telah kawin? Ia menjawab : Tidak, saya tidak mempunyai apa-apa untuk kawin. Rasulullah bertanya : Bukankah bersamamu ada “QUL HUWALLAAHU AHAD” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “QUL YAA AYYUHAL KAAFIRUUN” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “IDZAA ZULZILATIL ARDHU” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “IDZAA JAA-A NASHRULLAAHI” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “AYAT KURSI, YAITU : ALLAAHU LAA ILAAHA ILLAA HUU” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Selanjutnya beliau bersabda : Kawinlah, kawinlah, kawinlah. Beliau sampai mengulangi tiga kali. (HR. Ahmad : 12831, Musnad Ahmad, Bab Musnad Anas bin Mal;k, juz : 265, hal.378)

1 komentar:

  1. Terima kasih atas pencerahannya. Ayat Kursi memang punya kedudukan khusus di mata Allah.
    http://www.cordova-bookstore.com/bukutafsir.htm

    BalasHapus