Minggu, 11 Agustus 2013

SALAM KETIKA MENGAKHIRI SHALAT UNTUK SIAPA?


SALAM KETIKA MENGAKHIRI SHALAT UNTUK SIAPA?

حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ الْقَاسِمِ أَنْبَأَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُسَلِّمَ عَلَى أَئِمَّتِنَا وَأَنْ يُسَلِّمَ بَعْضُنَا عَلَى بَعْضٍ. (رواه ابن ماجه)
Telah menceritakan kepada kami 'Abdah bin Abdullah berkata, telah menceritakan kepada kami Ali bin Al Qasim berkata, telah memberitakan kepada kami Hammam dari Qatadah dari Al Hasan dari Samurah bin Jundub ia berkata, "Rasulullah saw  memerintahkan kami untuk mengucapkan salam kepada imam-imam  kami, dan agar sebagian kami memberi salam kepada sebagian yang lain. " (HR. Ibnu Majah)

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ أَبُو الْجَمَاهِرِ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ بَشِيرٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ سَمُرَةَ قَالَ أَمَرَنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَرُدَّ عَلَى الْإِمَامِ وَأَنْ نَتَحَابَّ وَأَنْ يُسَلِّمَ بَعْضُنَا عَلَى بَعْضٍ. (رواه ابو داود)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Utsman Abu Al Jamahir telah menceritakan kepada kami Sa'id bin Basyir dari Qatadah dari Al Hasan dari Samurah dia berkata; "Nabi saw memerintahkan kami untuk menjawab salamnya imam, saling berkasih sayang dan saling mengucapkan salam antara sebagian kami dengan sebagian yang lain." (HR. Abu Dawud)
Dalam kitab Majmu' Syarah Muhadzdzab Lil Imam An-Nawawi   disebutkan :
 
أ‌.      ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻋﻦ ﻳﻤﻴﻨﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺍلحفظة ، ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﻋﻠﻰ ﻳﺴﺎﺭﻩ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ.
a.    Dengan salam yang pertama imam berniat untuk keluar dari shalat, salam kepada orang yang ada di sebelah kanannya dan salam kepada malaikat Hafadhah. Dan dengan salam yang kedua imam berniat memberi salam kepada orang yang disebelah kirinya dan salam kepada malaikat Hafadhah. 
ب‌.      ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ من ﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻣﻴﻦ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺘﻪ ﻓﻲ ﺻﻔﻪ ﻭﺭﺍﺋﻪ ﻭﻗﺪﺍﻣﻪ .  ﻭﻳﻨﻮﻱ بالثاﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ ﻭﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻣﻴﻦ ﻣﻦ ﻧﺎﺣﻴﺘﻪ.
b.    Dengan salam yang pertama makmum berniat untuk keluar dari shalat, salam untuk imam, salam kepada malaikat Hafadhah  dan salam kepada para makmum yang ada disekitarnya dalam shaf, di belakang dan di depannya.  Dan dengan salam yang kedua makmum berniat memberi salam kepada malaikat Hafadhah dan kepada makmum yang ada di sekitarnya. 
ت‌.      ﻭﻳﻨﻮﻱ ﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩ ﺑﺎﻟﺘﺴﻠﻴﻤﺔ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ، ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻔﻈﺔ، ﻭﺑﺎﻟﺜﺎﻧﻴﺔ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ الحفظة.
c.    Dengan salam yang pertama orang yang shalat sendirian berniat untuk keluar dari shalat dan salam kepada malaikat Hafadhah. Dan dengan salam yang kedua   orang yang shalat sendirian berniat memberi salam kepada malaikat Hafadhah

وينوى الامام بالتسليمة الاولي الخروج من الصلاة والسلام على من عن يمينه وعلى الحفظة وينوى بالثانية السلام على من علي يساره وعلي الحفظة وينوى المأموم بالتسليمة الاولي الخروج من الصلاة والسلام علي الامام وعلي الحفظة وعلي المأمومين من ناحيته في صفه وورائه وقدامه وينوى بالثانية السلام علي الحفظة وعلي المأمومين من ناحيته فان كان الامام قدامه نواه في أي التسليمتين شاء وينوى المنفرد بالتسليمة الاولي الخروج من الصلاة والسلام على الحفظة وبالثانية السلام علي الحفظة. (المجموع - محيى الدين النووي – المكتبة الشاملة – الباب/ الجزء : 3 – صفحة : 474)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar