Jumat, 18 Mei 2012


Shalat Jamak
Kata “Jamak”  menurut bahasa berarti “mengumpulkan atau menggabungkan”. Jadi, yang dimaksud dengan shalat jamak ialah mengumpulkan atau menggabungkan dua shalat fardhu dikerjakan dalam satu waktu. Contohnya adalah shalat dzuhur dan ashar dikerjakan di waktu dzuhur atau di waktu ashar, shalat maghrib dan ‘isya dikerjakan di waktu maghrib atau di waktu ‘isya. Shalat shubuh tetap dikerjakan pada waktunya, tidak boleh dikerjakan di waktu shalat yang lain. Shalat ashar tidak boleh digabungkan di waktu shalat maghrib atau sebaliknya.  Dalil tentang shalat jamak adalah hadits Nabi : 
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَبِيبٍ الْحَارِثِيُّ حَدَّثَنَا خَالِدٌ يَعْنِي ابْنَ الْحَارِثِ حَدَّثَنَا قُرَّةُ حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ حَدَّثَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ بَيْنَ الصَّلَاةِ فِي سَفْرَةٍ سَافَرَهَا فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ فَجَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ. قَالَ سَعِيدٌ فَقُلْتُ لِابْنِ عَبَّاسٍ مَا حَمَلَهُ عَلَى ذَلِكَ قَالَ أَرَادَ أَنْ لَا يُحْرِجَ أُمَّتَهُ. (رواه مسلم : 1148- صحيح مسلم – المكتبة الشاملة - بَاب الْجَمْعِ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ فِي الْحَضَرِ- الجزء : 4- صفحة : 7)
Telah menceritakan kepada kami [Yahya bin Habib Al-Haritsy], telah menceritakan kepada kami [Khalid] yaitu [Ibnul Harits], telah menceritakan kepada kami [Qurrah], telah menceritakan kepada kami [Abuz Zubair], telah menceritakan kepada kami [Sa’id bin Jubair], telah menceritakan kepada kami [Ibnu ‘Abbas], bahwa Rasulullah saw menjamak shalat di perjalanan yang beliau lakukan dalam perang Tabuk. Beliau menjamak shalat zhuhur dan ‘ashar, shalat maghrib dan ‘isya’. Sa’id berkata : Aku bertanya kepada Ibnu ‘Abbas : Apakah yang mendorong Rasulullah saw mengerjakan hal itu. Ibnu ‘Abbas menjawab : Beliau saw berkehendak supaya tidak memberatkan  umatnya. (HR.Muslim : 1148, Shahih Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babul jam’I bainash shalatain fil Hadhar, juz : 4, hal. 7)
حَدَّثَنَا الْقَعْنَبِيُّ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَامِرِ بْنِ وَاثِلَةَ أَنَّ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ أَخْبَرَهُمْ أَنَّهُمْ خَرَجُوا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ فَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ فَأَخَّرَ الصَّلَاةَ يَوْمًا ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا ثُمَّ دَخَلَ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا.(رواه ابو داود : 1020 – سنن ابو داود- المكتبة الشاملة - بَاب الْجَمْعِ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ- الجزء : 3 – صفحة :  445)
Telah menceritakan kepada kami [Al-Qa’naby] dari [Malik] dari [Abiz Zuybair Al-makki] dari [Abu Thufail ‘Amir bin Watsilah], bahwasanya [Mu’adz bin Jabal] mengabarkan kepada mereka, bahwasanya mereka keluar bersama Rasululllah saw dalam perang Tabuk. Beliau menjamak shalat zhuhur dan ashar, maghrib dan ‘isya. Kemudian pada suatu hari beliau mengakhirkan shalat, lalu pergi, kemudian mengerjakan shalat zhuhur dan ashar semuanya dengan jamak, kemudian beliau masuk (ke kemah), kemudian beliau keluar mengerjakan shalat maghrib dan ‘isya semuanya dengan jamak. (HR.  Abu Dawud : 1020, Sunan Abu Dawud, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babul jam’I bainash shalatain, juz : 3, hal. 445)
Pembagian Shalat Jamak
Berdasarkan hadits di atas, shalat jamak terbagi menjadi  dua bagian,  yaitu jamak Taqdim dan Jamak Ta’khir dengan penjelasan sebagai berikut :
1. Jamak Taqdim, yakni menggabungkan dua shalat fardhu dalam satu waktu yang dikerjakan pada waktu shalat yang pertama. Misalnya, mengerjakan shalat dzuhur dengan ashar pada waktu dzuhur; mengerjakan shalat maghrib dengan  isya pada waktu maghrib.
2. Jamak Ta’khir, yaitu mengerjakan dua shalat fardhu pada satu waktu dan dikerjakn pada waktu yang kedua. Misalnya, mengerjakan shalat dzuhur dengan  ‘ashar pada waktu ashar; mengerjakan shalat maghrib dengan  ‘isya pada waktu shalat ‘isya.
Syarat Shalat Jamak
Syarat shalat jamak yang harus dipenuhi untuk shalat jamak taqdim ada tiga hal[1]  sebagai berikut :
1.   Hendaklah memulai shalat dengan shalat yang pertama, yaitu mengerjakan shalat dzuhur sebelum shalat ‘ashar, dan mengerjakan shalat maghrib sebelum shalat ‘isya, karena waktu yang ada adalah milik shalat yang pertama, dan  shalat yang kedua adalah pengikut, sedangkan sesuatu yang mengikuti tidak boleh mendahului yang diikuti. Oleh karenanya, apabila shalat yang kedua di dahulukan, maka tidak sah shalatnya, dan wajib mengulanginya setelah shalat  yang pertama.
2.   Hendaklah niat shalat jamak pada waktu shalat yang pertama, yaitu ketika takbiratul ihram, atau di tengah-tengah shalat yang pertama, menurut qaul yang azhhar. Jadi, tidak boleh niat jamak setelah salam shalat yang pertama.
3.   Berturut-turut atau beriringan antara shalat yang pertama dan shalat yang kedua, sebab shalat yang kedua itu mengikuti, sedangkan segala sesuatu yang mengikuti tidak boleh terpisah dari yang diikuti.
Adapun jamak ta’khir tidak disyaratkan adanya tertib antara dua shalat, tidak disyaratkan pula berniat jamak ketika shalat, tetapi niat jamak dilakukan pada waktu shalat yang pertama, dan tidak disyaratkan pula beriringan/berturut-turut. [2]
 Sebab-Sebab Yang Membolehkan Shalat Jamak
Shalat jamak dapat dilakukan apabila terdapat salah satu dari sebab-sebab  sebagai berikut :
1.    Shalat Jamak Sebab Safar  (Bepergian)
Menjamak shalat dalam safar (bepergian) hukumnya mubah (boleh), baik di waktu dalam perjalanan atau sewaktu berhenti. Hadits Nabi :
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي حُسَيْنُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ عِكْرِمَةَ وَعَنْ كُرَيْبٍ أَنَّ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ أَلَا أُحَدِّثُكُمْ عَنْ صَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي السَّفَرِ؟ قَالَ قُلْنَا بَلَى قَالَ كَانَ إِذَا زَاغَتْ الشَّمْسُ فِي مَنْزِلِهِ جَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ يَرْكَبَ وَإِذَا لَمْ تَزِغْ لَهُ فِي مَنْزِلِهِ سَارَ حَتَّى إِذَا حَانَتْ الْعَصْرُ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَإِذَا حَانَتْ الْمَغْرِبُ فِي مَنْزِلِهِ جَمَعَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الْعِشَاءِ وَإِذَا لَمْ تَحِنْ فِي مَنْزِلِهِ رَكِبَ حَتَّى إِذَا حَانَتْ الْعِشَاءُ نَزَلَ فَجَمَعَ بَيْنَهُمَا.(رواه احمد : 3300– مسند  احمد- المكتبة الشاملة - بَاب بداية مسند عبد الله بن العباس- الجزء : 7– صفحة :  333)
Telah menceritakan kepada kami [Abdur Razaaq], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami [Ibnu Juraij], ia berkata : Telah memngabarkan kepada kami [Husain bin Abdullah bin ‘Ubaidillah bin ‘Abbas] dari [‘Ikrimah] dari [Kuraib], bahwasanya [Ibnu ‘Abbas] berkata : Maukah aku ceritakan kepada kalian tentang shalat Rasulullah saw ketika dalam perjalanan? Ia berkata : Kami menjawab : Tentu kami mau. Ia berkata : Apabila matahari telah tergelincir ketika beliau masih di rumahnya, maka beliau menjamak shalat zhuhur dan ‘ashar sebelum menaiki kendaraannya (sebelum berangkat). Dan apabila matahari belum tergelincir ketika masih di rumahnya, maka beliau berangkat, hingga bila datang waktu ‘ashar, maka beliau berhenti (singgah) lalu menjamak shalat zhuhur dan ‘ashar. Dan apabila masuk waktu maghrib ketika beliau masih di rumahnya, maka beliau menjamak shalat maghrib dan ‘isya. Dan apabila belum masuk wktu maghrib ketika beliau masih di rumahnya, maka beliau menaiki kendaraannya (berangkat) hingga apabila waktu ‘isya telah masuk, maka beiau berhenti (singgah) lalu menjamak shalat maghrib dan ‘isya. (HR. Ahmad : 3300, Musnad Ahmad, Al-Maktabah Asy-Syamilah, Bab Bidayah Musnad Abdullah bin ‘Abbas, juz : 7, hal. 333)
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَامِرِ بْنِ وَاثِلَةَ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَجْمَعَهَا إِلَى الْعَصْرِ فَيُصَلِّيَهُمَا جَمِيعًا وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ صَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا ثُمَّ سَارَ وَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبَ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْعِشَاءِ وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ الْمَغْرِبِ عَجَّلَ الْعِشَاءَ فَصَلَّاهَا مَعَ الْمَغْرِبِ. (رواه ابو داود : 1031 – سنن ابو داود- المكتبة الشاملة - بَاب الْجَمْعِ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ- الجزء : 3 – صفحة : 456)
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id, telah mengabarkan kepada kami [Al-Laits] dari [Zaid bin Abi Habib] dari [Ath-Thufail, ‘Amir bin Watsilah] dari  [Mu’adz bin jabal], bahwasanya Nabi saw dalam perang Tabuk,[3] apabila beliau berangkat sebelum tergelincir matahari, beliau mengakhirkan shalat dzuhur hingga beliau kumpulkan ke ‘ashar, beliau shalat untuk keduanya (dzuhur dan ashar di waktu ashar) semuanya, dan apabila beliau berangkat sesudah tergelincir matahari, beliau kerjakan shalat dzuhur dan ‘ashar (di waktu dzuhur) semuanya,  kemudian beliau berjalan (pergi). Apabila beliau berangkat sebelum (masuk waktu) maghrib, beliau ta’khirkan maghrib hingga beliau lakukan shalat maghrib beserta ‘isya, dan apabila beliau berangkat sesudah masuk waktu maghrib, beliau segerakan shalat ‘isya, dan beliau shalatkan ‘isya dengan shalat maghrib. (HR.  Abu Dawud : 1031, Sunan Abu Dawud, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babul jam’I bainash shalatain, juz : 3, hal. 456)
2.    Shalat Jamak Sebab Ada Keperluan
Dalam syarah Shahih Muslim imam Nawawi berkata : Beberapa imam membolehkan shalat jamak bagi orang yang tidak bepergian (bukan musafir), bila ada suatu keperluan, asalkan tidak dijadikan suatu kebiasaan. Ini merupakan pendapat Ibnu Sirin dan Asyhab dari golongan pengikut imam Malik. Dan demikian pula menurut Al-Khaththabi dari Al-Qaffal dan Asy-Syasyi Al-Kabir dari golongan pengikut imam Syafi’i. Dan juga dari Ishaq Al-Marwazi dari jama’ah ahli hadits. Dan inilah yang dipilh oleh imam Ibnul Mundzir. Hal ini dikuatkan oleh zahirnya perkataan Ibnu ‘Abbas, bahwa jamak itu dimaksudkan agar tidak menyulitkan umat. Jadi tidak dijelaskan apakah karena sakit atau sebab-sebab lainnya.[4] Hadits Ibnu ‘Abbas yang dimaksud adalah sebagai berikut :
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَأَبُو سَعِيدٍ الْأَشَجُّ وَاللَّفْظُ لِأَبِي كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا وَكِيعٌ كِلَاهُمَا عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِالْمَدِينَةِ فِي غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا مَطَرٍ. فِي حَدِيثِ وَكِيعٍ قَالَ قُلْتُ لِابْنِ عَبَّاسٍ لِمَ فَعَلَ ذَلِكَ قَالَ كَيْ لَا يُحْرِجَ أُمَّتَهُ - وَفِي حَدِيثِ أَبِي مُعَاوِيَةَ قِيلَ لِابْنِ عَبَّاسٍ مَا أَرَادَ إِلَى ذَلِكَ قَالَ أَرَادَ أَنْ لَا يُحْرِجَ أُمَّتَهُ. (رواه مسلم : 1151- صحيح مسلم – المكتبة الشاملة - بَاب الْجَمْعِ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ فِي الْحَضَرِ- الجزء : 4- صفحة :  10)
Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakar bin Abi Syaibah] dan [Abu Kuraib], mereka berdua berkata :  Telah menceritakan kepada kami [Abu Kuraib] dan [Abu Sa’id Al-Asyajj]. Dan lafz hadits milik Abu Kuraib, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami [Waki’], keduanya dari [Al-A’masy], dari [Habib bin Abi Tsabit], dari [Sa’id bin Jubair], dari [Ibnu ‘Abbas], ia berkata : Rasulullah saw pernak menjamak shalat zhuhur dan ‘ashar, shalat maghrib dan ‘isya di Madinah, bukan karena ketakutan dan bukan pula karena hujan. Dalam hadiots Waki’ katanya, aku tanyakan kepada Ibnu ‘Abbas : Mengapa beliau lakukan hal itu? Ibnu ‘Abbas menjawab : Agar supaya tidak memberatkan  umatnya. Dan dalam hadits Abu Mu’awiyah ditanyakan kepada Ibnu ‘Abbas : Kenapa belioau saw berbuat itu? Ibnu Abbas menjawab : Beliau saw berkehendak  supaya tidak memberatkan  umatnya. (HR.Muslim : 1151, Shahih Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babul jam’I bainash shalatain fil Hadhar, juz : 4, hal. 10)
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ وَعَوْنُ بْنُ سَلَّامٍ جَمِيعًا عَنْ زُهَيْرٍ قَالَ ابْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا بِالْمَدِينَةِ فِي غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا سَفَر. قَالَ أَبُو الزُّبَيْرِ فَسَأَلْتُ سَعِيدًا لِمَ فَعَلَ ذَلِكَ فَقَالَ سَأَلْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ كَمَا سَأَلْتَنِي فَقَالَ أَرَادَ أَنْ لَا يُحْرِجَ أَحَدًا مِنْ أُمَّتِهِ. (رواه مسلم : 1147- صحيح مسلم – المكتبة الشاملة - بَاب الْجَمْعِ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ فِي الْحَضَرِ- الجزء : 4- صفحة :  6)
Telah menceritakan kepada kami [Ahmad bin Yunus] dan[ ‘Aun bin Salim], semuanya dari [Zuhari], berkatalah [Yunus] : Telah menceritakan kepada kami [Zuhair], telah menceritakan kepada kami [Abuz Zubair], dari [Sa’id bin Jubair] dari [Ibnu ‘Abbas] berkata : Rasulullah saw shalat zhuhur dan ‘ashar sekaligus (jamak) di Madinah bukah karena khauf (ketakutan) dan bukan pula karena safar (bepergian). Abuz Zubair berkata : Aku bertanya kepada Sa’id : Mengapa Rasulullahsaw melakukan hal itu? Dia menjawab : Aku bertanya kepada Ibnu ‘Abbas seperti yang engkau tanyakan kepadaku, lalu dia menjawab : Beliau saw berkehendak supaya tidak memberatkan (menyulitkan) seseorangpun dari umatnya. (HR.Muslim : 1146, Shahih Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babul jam’I bainash shalatain fil Hadhar, juz : 4, hal. 5)
3.    Shalat Jamak Sebab Hujan
Rasulullah saw pernah menjamak shalat ketika terjadi hujan lebat, sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari berikut ini :
حَدَّثَنَا أَبُو النُّعْمَانِ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ هُوَ ابْنُ زَيْدٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ زَيْدٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِالْمَدِينَةِ سَبْعًا وَثَمَانِيًا الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ فَقَالَ أَيُّوبُ لَعَلَّهُ فِي لَيْلَةٍ مَطِيرَةٍ قَالَ عَسَى.(رواه البخاري : 510 – صحيح البخاري-  المكتبة الشاملة -بَاب تَأْخِيرِ الظُّهْرِ إِلَى الْعَصْرِ- الجزء : 2- صفحة : 374)
Telah menceritakan kepadakami [Abu Nu’man], ia berkata : Telah menceritakan kepada kami [Hammad], yaitu [Ibnu Zaid] dari [‘Amr bin Dinar] dari [Jabir bin Zaid] dari [Ibnu ‘Abbas], bahwasanya Nabi saw pernah mengerjakan shalat di Madinah tujuh dan delapan rakaat, yaitu shalat zhuhur dan ‘ashar, shalat maghrib dan ‘isya. Ayyub berkata : Barangkali hal tersebut terjadi pada malam itu hujan. Ibnu ‘Abbas berkata : Bisa jadi. (HR.Bukhari : 510, Shahih Bukhari, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab ta’khirizh zhuhri ilal ‘ashri, , juz : 2, hal. 374)
Terdapat Beda Pendapat
1.    Mazhab Syafi’i membolehkan seorang yang muqim menjamak shalat zhuhur dengan ‘ashar dan maghrib dengan ‘isya secara taqdim saja, dengan syarat adanya hujan ketika membaca takbiratul Ihram dalam shalat yang pertama sampai selesai, dan hujan masih turun ketika memulai shalat yang kedua.
2.    Mazhab Maliki membolehkan menjamak taqdim antara maghrib dengan ‘isya disebabkan adanya hujan yang telah atau akan turun; juga dibolehkan karena banyak lumpur di tengah jalan dan malam sangat gelap. Sedangkan menjamak shalat zhuhur dengan ‘ashar karena hujan dimakruhkan.
3.    Mazhab Hanbali membolehkan menjamak shalat maghrib dengan ‘isya saja, baik secara taqdim atau ta’khir, disebabkan adanya salju, lumpur, dingin yang sangat serta hujan yang membasahi pakaian. Keringanan ini hanya berlaku bagi orang yang biasa mengerjakan shalat berjama’ah di mesjid dan datang dari tempat yang jauh.[5]
4.     Shalat Jamak Sebab Sakit Atau ‘Udzur
1.    Imam Ahmad, Qadhi Husein, Al-Khaththabi dan Al-Mutawalli dari golongan mazhab Syafi’i membolehkan menjamak, baik taqdim  atau ta’khir disebabkan sakit, dengan alasan : Kesukaran di waktu sakit lebih berat dari kesukaran di waktu hujan. Imam Nawawi berkata : Dari segi alasan, pendapat ini adalah kuat.
2.    Golongan mazhab imam Hanbali memperluas ruang lingkup sebab-sebab bolehnya menjamak shalat, yaitu karena berbagai macam halangan, seperti orang yang sedang menyusui bila terdapat kesulitan untuk mencuci pakaiannya ketika hendak shalat, wanita yang sedang istihadhah, orang yang kencing terus, khawatir akan ada bahaya bagi dirinya, harta dan kehormatannya.
3.    Ibnu Taimiyah berkata : Mazhab yang paling luas dalam masalah shalat jamak adalah mazhab imam Ahmad, sebab ia membolehkan menjamak bagi  seseorang yang sedang sibuk bekerja, juru masak atau pembuat roti dan orang-orang lainnya yang takut hartanya menjadi rusak.[6]

Qamat Satu Kali
Dalam shalat jamak hanya dilakukan satu kali qamat sebagaiman yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim :
حَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا الثَّوْرِيُّ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ كُهَيْلٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِجَمْعٍ صَلَّى الْمَغْرِبَ ثَلَاثًا وَالْعِشَاءَ رَكْعَتَيْنِ بِإِقَامَةٍ وَاحِدَةٍ. (رواه مسلم : 2268- صحيح مسلم – المكتبة الشاملة - بَاب الإفاضة من عرفات الى المزدلفة - الجزء : 6- صفحة : 404)
Telah menceritakan kepada kami [‘Abd bin Humaid], telah mengabarkan kepada kami [Abdurrazzaq], telah mengabarkan kepada kami [Atstsauri] dari [Salamah bin Kuhail] dari [Sa’id bin Jubair] dari [Ibnu ‘Umar], ia berkata : Rasululullah saw menggabungkan  antara shalat maghrib dan ‘isya dengan shalat jamak. Beliau kerjakan shalat maghrib tiga rakaat , dan ‘isya dua rakaat dengan satu kali qamat. (HR.Muslim : 2268, Shahih Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babu Al-Ifadhah min ‘araffatin ilaa mudzdalifah,  juz : 6, hal. 404)
Jamak Dan Qashar
Seseorang boleh menjamak shalat sekaligus mengqasharnya apabila syarat-syaratnya terpenuhi seperti yang terdapat pada bahasan terdahulu. Hadits Nabi :
حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَنَّ عُبَيْدَ اللَّهِ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَخْبَرَهُ أَنَّ أَبَاهُ قَالَ جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِجَمْعٍ لَيْسَ بَيْنَهُمَا سَجْدَةٌ وَصَلَّى الْمَغْرِبَ ثَلَاثَ رَكَعَاتٍ وَصَلَّى الْعِشَاءَ رَكْعَتَيْنِ. (رواه مسلم : 2266- صحيح مسلم – المكتبة الشاملة - بَاب الإفاضة من عرفات الى المزدلفة - الجزء : 6- صفحة :402)
Telah menceritakan kepadaku [Harmalah bin Yahya], telah mengabarkan kepada kami [Ibnu Wahab], telah mengabarkan kepadaku [Yunus] dari [Ibnu Syihab], bahwa [‘Ubaidillah bin Abdillah bin Umar] mengabarkan kepadanya, bahwa ayahnya berkata : Rasululullah saw menggabungkan  antara shalat maghrib dan ‘isya dengan shalat jamak, diantara keduanya tidak ada sujud (shalat sunat). Beliau kerjakan shalat maghrib tiga rakaat, dan ‘isya dua rakaat. (HR.Muslim : 2266, Shahih Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, babu Al-Ifadhah min ‘araffatin ilaa mudzdalifah,  juz : 6, hal. 402)





[1].Taqiyuddin, Kifayatul Akhyar, Juz : 1, Darul Ilmi, Surabaya Indonesia, hal. 117,-  
[2]. Ibid, hal. 117,-  
[3]. Perang Tabuk terjadi pada tahun kesembilan Hijriyah. (Lihat dalam kitahb Fiqhussunnah oleh Sayid sabiq, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab/juz :  1, hal. 290)  
[4]. Syarah An-Nawawi ‘alaa Muslim, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Al-Jam’u bainash shalataini fil-Hadlar, juz : 3, hal : 17
[5]. Sayid sabiq, Fiqhussunnah, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab/juz :  1, hal. 290-291
[6]. Ibid, hal. 291 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar