Rabu, 14 April 2010

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN(سراج الدين شمس العارفين نور)

Sering-seringlah kita memandang, membaca dan merenungkan rangkaian kata yang terdapat dalam kitab suci Al-Qur’an, karena itu merupakan ibadah yang sangat tinggi nilainya. Marilah kita renungkan hadis Nabi, antara lain sebagai berikut :

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ قَابُوسَ بْنِ أَبِي ظَبْيَانَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ الَّذِي لَيْسَ فِي جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنْ الْقُرْآنِ كَالْبَيْتِ الْخَرِبِ (رواه الترمذي : 2837 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِيمَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ الْقُرْآنِ مَالَهُ مِنْ الْأَجْرِ – الجزء : 10- صفحة : 155)

Ahamad bin Mani’ bertecerita kepada kami, Jarir bercerita kepada kamk, dari Qwabus bin Abi Thabyan, dari ayahnya, diterima dari Ibnu Abbas ia berkata, Rasulullah saw, bersabda : Sesungguhnya orang yang dirongga mulutnya tidak terdapat sedikitpun suara Al-Qur’an, orang itu bagaikan rumah yang roboh. (HR.Tirmidzi : 2837, Sunan Tirmidzi, Bab Maa Jaa-a fiiman Qara-a harfan minal-qur’an maalahu minal-Ajri, juz 10, hal.155 )

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ الْحَنَفِيُّ حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ عُثْمَانَ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى قَال سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ كَعْبٍ الْقُرَظِيَّ قَال سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ. (رواه الترمذي : 2835 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِيمَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ الْقُرْآنِ مَالَهُ مِنْ الْأَجْرِ – الجزء : 10- صفحة : 153)

Muhammad bin Basysyar bercerita kepada kami, Abu Bakar Al-Hanafi bercerita kepada kami,, Adh-Dhahhak bin Utsman bercerita kepada kami, dari Ayyub bin Musa, ia berkata : Saya mendengar Muhammd bin Ka’ab Al-Quradhi berkata : Saya mendengar Abdullah bin Mas’ud berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya diberikan satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Tidaklah membaca “Alif Lam mim” itu disebut satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf, Lam satu huruf dan Mim adalah satu huruf pula. (HR. Tirmidzi : 2835, Sunan Tirmidzi, Bab Maa Jaa-a fiiman Qara-a harfan minal-qur’an maalahu minal-Ajri, juz 10, hal.153 )

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ عَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الْأُتْرُنْجَةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا طَيِّبٌ، وَمَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ التَّمْرَةِ لَا رِيحَ لَهَا وَطَعْمُهَا حُلْوٌ، وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الرَّيْحَانَةِ رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ، وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي لَا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ كَمَثَلِ الْحَنْظَلَةِ رِيحُهَا مُرٌّ وَطَعْمُهَا مُرٌّ. (رواه الترمذي : 2791– سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي مَثَلِ الْمُؤْمِنِ الْقَارِئِ لِلْقُرْآنِ وَغَيْرِ الْقَارِئِ- الجزء : 10- صفحة :91)

Qutaibah bercerita kepada kami, Abu ‘Awanah bercerita kepada kami, dari Qatdah, dari Anas, diterima dari Abu Musa Al-Asy’ari ia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Perumpamaan orang beriman yang membaca Al-Qur’an seperti jeruk, baunya sedap dan rasanya enak, perumpamaan orang beriman yang tidak membaca Al-Qur’an seperti korma, tidak ada bau dan rasanya manis, perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur’an seperti tumbuhan yang wangi, baunya sedap , tapi rasanya pahit, dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an seperti buah pare, baunya tidak sedap dan rasanya pahit. (HR. Tirmidzi : 2791, Sunan Tirmidzi, Bab Maa Jaa-a fii matsalil Mu’min Al-Qari’ Lil -qur’an wa ghairil Qaari’, juz 10, hal.91 )

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ. (رواه الترمذي : 2834 - سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي تَعْلِيمِ الْقُرْآنِ- الجزء : 10- صفحة : 151)

Qutaibah bercerita kepada kami, Abdulwahid bin Ziyad bercerita kepada kami, dari Abdurrahman bin Ishaq, dari An-Nu’man bin Sa’ad, dari Ali bin Abi Thalib ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR. Tirmidzi : 2834, Sunan Tirmidzi, Bab Maa Jaa-a fii ta’liimil ‘ilmi, juz 10, hal.151)

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ مُحَمَّدٍ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ وَإِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ الْبَقَرَةُ لَا يَدْخُلُهُ الشَّيْطَانُ.(رواه الترمذي : 2802 سنن الترمذي -بَاب مَا جَاءَ فِي فَضْلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ- الجزء : 10- صفحة : 107)

Qatadah bercerita kepada kami, Abdul-Aziz bin muhammad bercerita kepada kami, dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Abu Hurairah : Bahwasanaya Rasulullh saw bersabda : Janganlah menjadikan rumahmu sebagai kuburan, dan sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan Al-Baqarah, tidak akan dimasuki setan. (HR. Tirmidzi : 2802, Sunan Tirmidzi, Bab Maa Jaa-a fii fadhli suratil Baqarah wa aayatil kursiyyi, juz 10, hal.107)

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ وَهِشَامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَؤُهُ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ فَلَهُ أَجْرَانِ.(رواه الترمذي : 2829- سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي فَضْلِ قَارِئِ الْقُرْآنِ- الجزء : 10- صفحة : 144)

Mahmud bin Ghailan bercerita kepada kami, Abu Daud bercerita kepada kami, Syu’bah dan Hisyam bercerita kepada kami, dari Qaytadah, dari Zurarah bin Awfa, dari Sa’ad bin Hisyam, dari ‘Aisyah, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Orang yang membaca Al-Qur’an dan dia mahir dengan Al-Qur’an itu, nanti akan bersama para Nabi dan Rasul yang mulia dan baik (dalam surga). Sedang orang yang membaca Al-Qur’an tersendat-sendat dan merasa berat lidahnya dalam membaca, baginya ada dua pahala. HR. Tirmidzi : 2829, Sunan Tirmidzi, Bab Maa fii Fadhli Qari-il -qur’an, juz 10, hal. 144 )

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ السَّرْحِ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ عَنْ زَبَّانِ بْنِ فَائِدٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيهِ أُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ ضَوْءُهُ أَحْسَنُ مِنْ ضَوْءِ الشَّمْسِ فِي بُيُوتِ الدُّنْيَا لَوْ كَانَتْ فِيكُمْ فَمَا ظَنُّكُمْ بِالَّذِي عَمِلَ بِهَذَا.(رواه ابو داود : 1241- سنن ابو داود- بَاب فِي ثَوَابِ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ- الجزء : 4 – صفحة : 246)

Ahmad bin ‘Amer bin Assarah bercerita kepada kami, Ibnu Wahab mengabarkan kepada kami, Yahya bin Ayyub mengabarkan kepadaku, dari Rabban bin Faid, dari Sahl bin Mu’adz Al-Juhaniy dari ayahnya : Bahwa Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka kepada kedua orang tuanya akan dikenakan pakaian mahkota pada hari kiamat, yang cahayanya lebih terang dari sinar matahari di dunia. Seandainya hal itu terjadai pada dirimu, maka pengetahuanmu tidak akan sanggup membayangkan kebaikan (pahala) yang begitu besar yang diberikan kepada orang yang mengamalkan Al-Qur’an ini. (HR.Abu Daud 1241, Sunan Abu Daud, Bab fii Tsawaabi Qira’-ah Al-Qur’an, juz : 4, hal. 246)

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ تَعَالَى يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ. (رواه ابو داود : 1243- سنن ابو داود- بَاب فِي ثَوَابِ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ- الجزء : 4 – صفحة : 248)

Utsman bin Abi Syaibah bercerita kepada kamki, Abu Mu’awiyah berceriota kepada kami, dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah dari Nabi saw, beliau bersabda : Tidaklah suatu kaum yang berkumpul di sebuah rumah dari rumah-rumah Allah, mereka membaca Al-Qur’an dan belajar bersama (tadarus) diantara mereka, melainkan diturunkan ketenangan, dikucurkan rahmat kasih sayang kepada mereka, dikelilingi oleh para malaikat dan disebutkan identitasnya oleh Allah terhadap orang yang ada di sisi-Nya. (HR.Abu Daud 1243, Sunan Abu Daud, Bab fii Tsawaabi Qira’-ah Al-Qur’an, juz : 4, hal. 248)

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ نَجِيحٍ عَنْ أَبِي عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ عَنْ جُنْدُبِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ فِتْيَانٌ حَزَاوِرَةٌ فَتَعَلَّمْنَا الْإِيمَانَ قَبْلَ أَنْ نَتَعَلَّمَ الْقُرْآنَ ثُمَّ تَعَلَّمْنَا الْقُرْآنَ فَازْدَدْنَا بِهِ إِيمَانًا.(رواه ابن ماجة : 60 – سنن ابن ماجة - بَاب فِي الْإِيمَانِ - الجزء : 1- صفحة : 70)

‘Ali bin Muhammad bercerita kepada kami, Waki’ bercerita kepada kaim, Hammad bin Najih bercerita kepada kami, dari Abi ‘Imran Al-Jauni, diterima dari Jundub bin Abdillah ia berkata : Kami bersama Nabi saw, kami termasuk pemuda yang kekar dan kuat. Kami belajar iman sebelum belajar Al-Qu’an, lalu kami belajar Al-Qu’an, maka dengan itu, bertambahlah iman kami. (HR.Ibnu Majah : 60, Sunan Ibnu Majah, Bab Fil-Iman, juz : 1, hal.70)

حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ خَلَفٍ أَبُو بِشْرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ بُدَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنْ النَّاسِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ هُمْ قَالَ هُمْ أَهْلُ الْقُرْآنِ أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ.(رواه ابن ماجة : 211 - – سنن ابن ماجة -بَاب فَضْلِ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ - الجزء : 1- صفحة : 250)

Bakar bin Khalaf, yaitu Abu Bisyr bercerita kepada kami, Abdurrahman bin Mahdi bercerita kepada kami, Abdurrahman bin Budail bercerita kepada kami, dari ayahnya, dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya Allah mempunyai ahli dari kalangan manusia. Mereka bertanya : Wahai Rasulullah! Siapakah mereka itu? Beliau menjawab : Mereka itu adalah ahli-ahli Al-Qur’an, itulah ahlullah, dan orang-orang diistimewakannya. (HR.Ibnu Majah : 211, Sunan Ibnu Majah, Bab Fadhli man Ta’allamanl-Qur’an wa ‘allamah, juz : 1, hal.250)

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدِ بْنِ كَثِيرِ بْنِ دِينَارٍ الْحِمْصِيُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حَرْبٍ عَنْ أَبِي عُمَرَ عَنْ كَثِيرِ بْنِ زَاذَانَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ ضَمْرَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَحَفِظَهُ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ وَشَفَّعَهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ كُلُّهُمْ قَد اسْتَوْجَبُوا النَّارَ.(رواه ابن ماجة : 212 – سنن ابن ماجة -بَاب فَضْلِ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ - الجزء : 1- صفحة : 251)

Amer bin Usman bin Sa’id bin Katsir bin Dinar Al-Himshi bercerita kepada kamki, Muhammad bin Harab bercerita kepada kami, dari Abu Umar, dari Katsir bin Zadzan, Dari Ali bin Abi Thalib ia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Barangiapa membaca Al-Qur’an dan memeliharanya (dengan melaksanakan kandungannya), Allah pasti memasukkannya ke dalam surga, dan memberikan syafaat (pertolongan) kepadanya untuk sepuluh orang penghuni rumahnya, semuanya dipastikan jauh dari azab api neraka. (HR.Ibnu Majah : 212, Sunan Ibnu Majah, Bab Fadhli man Ta’allamanl-Qur’an wa ‘allamah, juz : 1, hal.251)

حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْوَاسِطِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ غَالِبٍ الْعَبَّادَانِيُّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زِيَادٍ الْبَحْرَانِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ زَيْدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَا أَبَا ذَرٍّ لَأَنْ تَغْدُوَ فَتَعَلَّمَ آيَةً مِنْ كِتَابِ اللَّهِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ تُصَلِّيَ مِائَةَ رَكْعَةٍ وَلَأَنْ تَغْدُوَ فَتَعَلَّمَ بَابًا مِنَ الْعِلْمِ عُمِلَ بِهِ أَوْ لَمْ يُعْمَلْ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ تُصَلِّيَ أَلْفَ رَكْعَةٍ.(رواه ابن ماجة : 215– سنن ابن ماجة -بَاب فَضْلِ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ - الجزء : 1- صفحة : 254)

Abbas bin Abdillah Al-Wqasithi bercerita kepada kami, Abdullah bin Ghalib Al-‘Abbadani bercerita kepada kami, dari Abdullah bin Ziyad Al-Bahrani, dari Ali bin Zaid, dari Sa’id Al-Musayyab, dari Abu Dzar ia berkata, Rasulullah saw bersabda kepadaku : Wahai Abu Dzar! Sesungguhnya keluarmu di pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah, itu lebih baik bagimu dari shalat 100 rakaat. Dan keluarmu di pagi hari untuk mempelajari satu bab dari ilmu itu, diamalkan atau tidak, itu lebih baik bagimu dari shalat 1000 rakaat. (HR.Ibnu Majah :215, Sunan Ibnu Majah, Bab Fadhli man Ta’allamal-Qur’an wa ‘allamah, juz : 1, hal.254)

حَدَّثَنَا أبو خالد الأحمر عن هشام الدستوائي عن يحيى بن أبي كثير عن أبي سلام قال : سمعت أبا أمامة ، يقول : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : اِقْرَؤُا الْقُرْءَانَ فَاِنَّـهُ نِعْمَ الشَّفِيْعُ لِصَاحِبِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.(مسند الشهاب القضاعي- باب نعم الشفيع القرآن لصاحبه يوم القيامة – الجزء : 4 – صفحة : 481)

Abu Khalid Al-Ahmar bercerita kepada kami, dari Hisyam Ad-Dustuwaii, dari Yahya bin Abi Katsir, dari Abu Salam ia berkata : Saya mendengar Abu Umamah berkata : Saya mendengar Rasulullah saw berabda : Bacalah Al-Qur’an, karena ia adalah sebaik-baik pemberi syafaat bagi pembacanya nanti di hari kiamat. (Musnad Asy-Syihab Al-Qudhaii, Bab Ni’masy-Syafii’i Al-Qur’an Lishaahibih Yawmal Qiyaamah, juz : 4, hal. 481)

Selasa, 13 April 2010

ORANG-ORANG YANG SELALU DI DO'AKAN MALAIKAT

Do'a para malaikat dikabulkan Allah, karena mereka tidak pernah mendurhakai-Nya dan selalu menjalankan perintah-Nya. Berikut ini adalah orang-orang yang selalu di do'akan oleh para malaikat :

1. Orang Yang Tidur Dalam Keadaan Suci.


أخبرنا محمد بن صالح بن ذريح حدثنا أبو عاصم أحمد بن جواس الحنفي، حدثنا ابن المبارك، عن الحسن بن ذكوان، عن سليمان الأحول، عن عطاء، عن ابن عمر، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : مَنْ بَاتَ طَاهِرًا بَاتَ فِيْ شِعَارِهِ مَلَكٌ فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلاَّ قَالَ الْملَكُ : اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلاَنٌ فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا.(رواه ابن حبان : 1057- صحيح ابن حبان – باب فضل الوضوء- الجزء : 5 – صفخة : 98)

Muhammad bin Shalih bin Dzarihmengabrkan kepada kami, Abu Ashim, yaitu Ahmad bin Jawas Al-Hanafi bercerita kepada kami, Ibnu Al-Mubarak bercerita kepada kami, dari Hasan bin Dzakwan, dari Sulaiman Al-Ahwal, dari ‘Atha’, dari Ibnu Umar, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdo’a : Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si Fulan karena tidur dalam keadaan suci. (HR. Ibnu Hibban : 1057, Shahih Ibnu Hibban, bab fadhlil-Wudhu’, juz 5, hal. 98)

2. Orang Yang Sedang Duduk
Menunggu Waktu Salat

حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ الْمُرَادِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ ابْنِ هُرْمُزَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : أَحَدُكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلَاةَ فِي صَلَاةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ تَدْعُو لَهُ الْمَلَائِكَةُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ. (رواه مسلم : 1063 – صحيح مسلم - بَاب فَضْلِ صَلَاةِ الْجَمَاعَةِ وَانْتِظَارِ الصَّلَاةِ – الجزء : 3 – صفحة : 409)

Harmalah bin yahya bercerita kepadaku, Ibnu Wahab mengabarkan kepada kami, Yunus mengabarkan kepadaku, dan Muhammad bin Salamah Al-Muradi bercerita kepadaku, Abdullah bin Wahab bercerita kepada kami, dari Yunus, dari Ibnu Syihab, dari Hurmuz, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda : Salah seorang kamu yang duduk menunggu salat, selama ia tidak berhadas, maka para malaikat akan mendo’akannya : Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia. (HR. Muslim : 1063, Shahih Muslim, Bab fadhli Shalatil Jama’h wan-tidzarisa shalah, juz 3, hal. 409)

3. Orang Yang Berada Di Shaf Terdepan
Dalam Shalat Berjamaah.

حَدَّثَنَا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ وَأَبُو عَاصِمِ بْنُ جَوَّاسٍ الْحَنَفِيُّ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ طَلْحَةَ الْيَامِيِّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَوْسَجَةَ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الصُّفُوفِ الْأُوَلِ (رواه ابو داود :568 – سنن ابو داود : باب تسوية الصفوف – الجزء : 2و صفحة : 307)

Hannad bin As-Sariyyi dan Abu ‘Ashim bin Jawwas Al-Hanafi bercerita kepada kami, dari Abu Al-Ahwash, dari Manshur, dari Thalhah Al-Yaami, dari Abdurrahman bin ‘Awsajah, dari Al-Barra’ bin ‘Aazib, ia berkata : Rasulullah saw bersabda, Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat (berdo’a) untuk orang-orang yang berada pada shaf-shaf awal (terdepan). (HR.Abu Daud : 568, Sunan Abu Dawud, bab Taswiyatush-Shufuf, juz 2, hal.307)

4. Orang Yang Menyambung (Merapatkan)
Shaf Pada Salat Berjamaah

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الَّذِينَ يَصِلُونَ الصُّفُوفَ وَمَنْ سَدَّ فُرْجَةً رَفَعَهُ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً (رواه ابن ماجه : 985 – سنن ابن ماجه - بَاب إِقَامَةِ الصُّفُوفِ – الجزء : 3 – صفحة : 367)

Hisyam bin Ammar bercerita kepada kami, Ismai’il bin ‘Ayyasy bercerita kepada kami, Hisyam bin Urwah bercerita kepada kami, dari ayahnya dari Aisyah, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat (berdo’a) untuk orang-orang yang menyambung shaf-shaf. Dan barangsiapa yang menutup (merapatkan) shaf-shaf, maka derajatnya pasti akan diangkat oleh Allah. (HR. Ibnu Majah : 985, Sunan Ibnu Majah, Bab Iqamatush-Shufuf, juz 3, hal. 367)

5. Para Malaikat Mengucapkan ‘Amin’ Ketika Seorang
Imam Selesai Membaca Al Fatihah.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ سُمَيٍّ مَوْلَى أَبِي بَكْرٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِذَا قَالَ الْإِمَامُ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ فَقُولُوا آمِينَ فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ الْمَلَائِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (رواه البحاري : 740- صحيح البخاري - بَاب جَهْرِ الْمَأْمُومِ بِالتَّأْمِينِ – الجزء : 3 - صفحة : 348)
Abdullah bin Maslamah bercerita kepada kami, dari Malik dari Sumiyy bekas budak yang dimerdekakan Abu Bakar, dari Abu Shalih As-Samman, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda : Jika seorang Imam membaca ‘ghairil maghdhuubi ‘alaihim waladh dhaalinn’, maka ucapkanlah oleh kalian ‘aamiin’, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang lalu. (HR.Bukhari : 740, Shahih Bukhari, Bab Jahril Ma’mum Bit-Ta’min, juz 3, hal.348)

6. Orang Yang Duduk Di Tempat Salatnya
Setelah Melakukan Salat

حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صَلَاةُ الرَّجُلِ فِي جَمَاعَةٍ تَزِيدُ عَنْ صَلَاتِهِ فِي بَيْتِهِ بِضْعًا وَعِشْرِينَ دَرَجَةً وَالْمَلَائِكَةُ يُصَلُّونَ عَلَى أَحَدِهِمْ مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ الَّذِي صَلَّى فِيهِ يَقُولُونَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيهِ (رواه احمد : 7121 – مسند احمد – باب مسند ابي هريرة – الجزء : 9 – صفحة : 449)

Abu Mu’awiyah bercerita kepada kami, Al-A’masy bercerita kepada kami, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Salat seseorang yang dilakukan dengan berjama’ah pahalanya bertambah dari salat yang dilakaukan di rumahnya sebanyak dua puluh sekian derajat, dan para malaikat akan bershalawat (mendo’akan) salah seorang diantara mereka selama ia ada di tempat salatnya dimana ia melakukan salat, para malaikat berkata : Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia, ya Allah terimalah tobatnya selama ia belum berhadas. (HR.Ahmad : 7121, Musnad Ahmad, Bab Musnad Abu Hurairah, juz : 9, hal. 449)

7. Orang Yang Melakukan Salat Subuh
Dan ‘Ashar Berjama’ah

حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : تَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ قَالَ فَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ قَالَ فَتَصْعَدُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَتَثْبُتُ مَلَائِكَةُ النَّهَارِ قَالَ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ قَالَ فَيَصْعَدُ مَلَائِكَةُ النَّهَارِ وَتَثْبُتُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ قَالَ فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ : كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي قَالَ فَيَقُولُونَ أَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَتَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ قَالَ سُلَيْمَانُ وَلَا أَعْلَمُهُ إِلَّا قَدْ قَالَ فِيهِ فَاغْفِرْ لَهُمْ يَوْمَ الدِّينِ.(رواه احمد : 8787 – مسند احمد – باب مسند ابي هريرة – الجزء : 18 – صفحة : 329)

Muawiyah bin ‘Amer bercerita kepada kami, ia berkata : Zaaidah bercerita kepada kami, dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, dari Rasulullah saw beliau bersabda : Para malaikat siang dan malam berkumpul pada saat salat subuh, dan salat ‘Ashar. Beliau bersabda : Para malaikat yang sudah bertugas malam hari berkumpul di salat fajar. Beliau bersabda : Malaikat yang berjaga malam hari naik ke (ke langit), dan malaikat yang bertugas pada siang hari tetap tinggal. Beliau bersabda : Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu salat ‘ashar. Beliau bersabda : Malaikat yang ditugaskan pada siang hari naik (ke langit), sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal. Beliau bersabda : Allah bertanya kepada mereka : Bagaimana kalian meninggalkan hamba-Ku? Beliau bersabda : Mereka menjawab : Kami mendatangi mereka, sedangkan mereka sedang melakukan salat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan salat. Sulaiman berkata : Saya tidak mengetahuinya kecuali ia berkata : Ampunilah mereka pada hari kiamat. (HR. Ahmad, Musnad Amad, Bab musnad Abu Hurairah, juz 18, hal. 329)

8. Orang Yang Mendoakan Saudaranya Tanpa
Sepengetahuan Orang Yang Didoakan.

حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ صَفْوَانَ اِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ : دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ. (رواه مسلم : 4914 - صحيح مسلم - بَاب فَضْلِ الدُّعَاءِ لِلْمُسْلِمِينَ بِظَهْرِ الْغَيْبِ – الجزء : 13- صفحة :271)

Ishaq bin Ibrahim bercerita kepada kami, ‘Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami, Abdulmalik bin Abi Suylaiman bercerita kepada kami, dari Zubair bin Shafwan, bahwa sesungguhnya Nabi saw, bersabda : Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah mustajabah (dikabulkan). Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata ‘aamiin dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan. (HR.Muslim : 4914, Shahih Muslim, Bab Fadhlid-duaa Lil-Muslim Bidhahril-ghaibi, juz 13, hal.271)

9. Orang-Orang Yang Berinfak.

حَدَّثَنِي الْقَاسِمُ بْنُ زَكَرِيَّا حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ حَدَّثَنِي سُلَيْمَانُ وَهُوَ ابْنُ بِلَالٍ حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ أَبِي مُزَرِّدٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ يَسَارٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا. (رواه مسلم : 4914 - صحيح مسلم -بَاب فِي الْمُنْفِقِ وَالْمُمْسِكِ– الجزء : 5- صفحة : 182)
Al-Qasim bin zakaria bercerita kepadaku, Khalid bin Makhlad bercerita kepada kami, Sulaiman, yaitu Ibnu Bilal bercerita kepadaku, Muawiyah bin Abi Muzarrid bercerita kepadaku, dari Said bin Yasar, dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata : Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak. Dan lainnya berkata : Ya Allah, berikanlah kehancurann bagi orang yang pelit. (HR. Muslim : 4914, Shahih Muslim, Bab Fil-Munfiq wal-Mumsik, juz 5, hal. 182)

10. Orang Yang Sedang Makan Sahur.

حدثنا محمد بن الربيع حدثنا يوسف بن أبي طيبة حدثنا إدريس بن يحيى الخولاني، حدثني عبد الله بن عياش بن عباس القتباني، عن عبد الله بن سليمان الطويل ، عن نافع ، عن ابن عمر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ. (رواه الطبراني : 6621 – المعجم الأوسط للطبراني - باب الميم من اسمه محمد – الجزء : 14 – صفحة : 199)

Muhammad bin Ar-Rabi’ bercerita kepada kami, Yusuf bin Abi Thaibah bercerita kepada kami, Idris bin Yahya Al-Khaulany bercerita kepada kami, Abdullah bin ‘Iyasy bin Abbas Al-Qatbany bercerita kepadaku, dari Abdullah bin Sulaiman Ath-Thawil dari Nafi’ dari Ibnu Umar ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat (berdoa ) kepada orang-orang yang sedang makan sahur.(HR.Thabrani : 6621, Asl-Mu’jam Al-Awsath Lith-Thabrany, Babul mim min ismi Muhammad, juz 14, hal.199)

11. Orang Yang Sedang Menjenguk Orang Sakit

حَدَّثَنَا يَزِيدُ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يَسَارٍ أَنَّ عَمْرَو بْنَ حُرَيْثٍ عَادَ الْحَسَنَ بْنَ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : مَا مِنْ مُسْلِمٍ عَادَ أَخَاهُ إِلَّا ابْتَعَثَ اللَّهُ لَهُ سَبْعِينَ أَلْفَ مَلَكٍ يُصَلُّونَ عَلَيْهِ مِنْ أَيِّ سَاعَاتِ النَّهَارِ كَانَ حَتَّى يُمْسِيَ وَمِنْ أَيِّ سَاعَاتِ اللَّيْلِ كَانَ حَتَّى يُصْبِحَ. (رواه احمد : 715 – مسند احمد –باب من مسند علي بن ابي طالب – الجزء : 2 – صفحة : 221)

Yazid bercerita kepada kami, Hammad bin Salamah bercerita kepada kami, dari ya’la bin ‘Atha’, dari Abdullah bin Yasar, bahwa Amer bin Huraits menjenguk Hasan bin Ali ra. Ali ra berkata : Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Tidaklah seorang mukmin yang menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat (berdoa) kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh.(HR.Ahmad : 715, Musnad Ahmad, bab Musnad Ali bin Abi Thalib, juz 2, hal. 221)

12. Seseorang Yang Sedang Mengajarkan
Kebaikan Kepada Orang Lain

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى الصَّنْعَانِيُّ حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ رَجَاءٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ جَمِيلٍ حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ قَالَ : ذُكِرَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلَانِ أَحَدُهُمَا عَابِدٌ وَالْآخَرُ عَالِمٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِي عَلَى أَدْنَاكُمْ - ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ.(رواه الترمذي : 2609 – سنن الترمذي- بَاب مَا جَاءَ فِي فَضْلِ الْفِقْهِ عَلَى الْعِبَادَةِ – الجزء : 9 – صفحة : 299)

Muhammad bin Al-A’la Ash-Shan’ani bercerita kepada kami, Salamah bin raja’bercerita kepada kami, AlWalid bin Jamil bercerita kepada kami, Al-Qasim, yaiotu Abu Abdirrahman bercerita kepada kami, dari Abu Umamah Al-Bahili, ia berkata : Dituturkan kepada Rasulullah saw dua orang laki-laki, salah satunya adalah seorang ahli ibadah, dan yang lain adalah seorang yang alim (berilmu), lalu Rasulullah saw bersabda : Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Kemudian Rasulullah saw bersabda lagi : Sesungguhnya para malaikat, penghuni langit, bumi, semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat (berdo’a) untuk orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain. (HR.Tirmidzi : 2609, Sunan Tirmidzi, Bab Maa jaa-a fii fadhlil fiqhi alal-ibaadati, juz 9, hal.299)

Rabu, 07 April 2010

FADHILAH (KEUTAMAAN) AYAT KURSI(سراج الدين شمس العارفين نور)

Ayat kursi merupakan ayat yang paling mulia di dalam Al-Qur’an, sehingga disebut tuan dari ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam ayat Kursi telah terhimpun semua sifat kemahasempurnaan dan kemahaesaan Allah. Tiada Tuhan kecuali Allah, Dia Yang Maha Hidup, Yang Maha Kekal, Maha Mengatur, Maha Agung, Maha Raja, Maha Mengetahui, Maha Menjaga, Maha Kuat, Maha Tinggi dan Maha Besar. Ayat Kursi yang dimaksud adalah berikut ini :

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ.

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.(QS.Al-Baqarah [2] :255).

Dalam kitab tafsir Al-Imam Al-Fahrurrazi dikisahkan tentang keutamaan ayat Kursi, antara lain :

قال علي قال لي رسول الله صلى الله عليه وسلم : يا علي سيد البشر آدم وسيد العرب محمد ولا فخر وسيد الكلام القرآن وسيد القرآن البقرة وسيد البقرة آية الكرسي.

Ali berkata : Rasulullah saw menuturkan kepadaku : Wakai Ali, tuannya manusia adalah Adam, tuannya bangasa Arab adalah Muhammad, namun tidak sombong, tuannya kalam (rangkaian kata) adalah Al-Qur’an, tuannya Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah dan tuannya surat Al-Baqarah adalah ayat Kursi.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ما قرئت هذه الآية في دار إلا اهتجرتها الشياطين ثلاثين يوماً ولا يدخلها ساحر ولا ساحرة أربعين ليلة.

Rasulullah saw bersabda : Tidaklah ayat ini dibaca di dalam sebuah rumah, kecuali syetan-syetan meninggalkan rumah itu selama 30 hari, dan tidak akan masuk ke dalam rumah itu tukang sihir laki dan tukang sihir wanita selama 40 malam.

من قرأها إذا أخذ مضجعه أمنه الله على نفسه وجاره وجار جاره والأبيات التي حوله

Barangsiapa membaca ayat Kursi ketika hendak tidur, maka Allah akan memberikan keamanan terhadap dirinya, tetangganya, tetangga tetangganya dan rumah-rumah disekitarnya.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَعِيلَ قَالَ حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ فِي تَفْسِيرِ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ : مَا خَلَقَ اللَّهُ مِنْ سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ أَعْظَمَ مِنْ آيَةِ الْكُرْسِيِّ قَالَ سُفْيَانُ لِأَنَّ آيَةَ الْكُرْسِيِّ هُوَ كَلَامُ اللَّهِ وَكَلَامُ اللَّهِ أَعْظَمُ مِنْ خَلْقِ اللَّهِ مِنْ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ. (رواه الترمذي : 2809 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي سُورَةِ آلِ عِمْرَانَ– الجزء : 10 – صفحة : 116)

Muhammad bin Ismail bercerita kepada kami, ia berkata : Humaidi bercerita kepada kami, Sufyan bin ‘Uyainah bercerita kepada kami dalam tafsir Abdullah bin Mas’ud, ia berkata : Allah tidak menciptakan langit dan bumi lebih agung dari ayat Kursi. Sufyan berkata : Ayat Kursi adalah firman Allah (Kalamullah), dan firaman Allah adalah lebih agung dari semua citaan Allah di langit dan di bumi. (HR.Tirmidzi : 2809, Sunan Tirmidzi, Bab Maa jaa-a fii suurati Aali ‘Imraan, juz 10, hal.116)

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ الْجُعْفِيُّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ حَكِيمِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِيَ سَيِّدَةُ آيِ الْقُرْآنِ هِيَ آيَةُ الْكُرْسِيِّ.(رواه الترمذي : 2803 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي فَضْلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ – الجزء : 10 – صفحة : 108)

Mahmud bin Ghailan bercerita kepada kami, Husain Al-Ju’fi bercerita kepada kami, dari Zaidah, dari Hakim bin Jubair, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Segala sesuatu mempunyai puncak, dan sesungguhnya puncaknya Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah, dan di dalam surat Al-Baqarah terdapat induknya ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu ayat kursi. (HR.Tirmidzi : 2803, Sunan Tirmidzi, Bab Maa jaa-a fii fadhli suratil-Baqarati wa aayatil-Kursiyyi, juz : 10, hal.108)

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ حَكِيمِ بْنِ جُبَيْرٍ الأسدي عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أن رسول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال : سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ سَيِّدُ آيِ الْقُرْآن، لاَ يَقْرَأُ فِيْ بَيْتٍ وَفِيْهِ شَيْطَانٌ اِلاَّ خَرَجَ مِنْهُ آيَةُ الْكُرْسِيِّ.(رواه الحاكم : 2016 – المستدرك على الصحيحين للحاكم –باب أخبار في فضل سورة البقرة – الجزء : 5 – صفحة : 125 )

Sufyan bercerita kepada kami, dari Hakim bin Jubair Al-Asady, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda : Di dalam surat Al-Baqarah terdapat tuannya ayat-ayat Al-Qur’an, (yaitu ayat Kursi). Tidaklah ayat Kursi itu dibaca di dalam sebuah rumah yang di dalamnya ada syetan, kecuali syetan itu keluar dari rumah itu.(HR. Hakim :2016, Al-Mustadrak ‘alash-Shahohain Ll-Hakim, Bab Akhbar fii Fadhli suuratil-Baqarah, juz 5, hal.125)

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بن هَاشِمٍ الْبَغَوِيُّ، حَدَّثَنَا كَثِيرُ بن يَحْيَى، حَدَّثَنَا حَفْصُ بن عُمَرَ الرَّقَاشِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بن حَسَنِ بن حَسَنٍ ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ الصَّلاةِ الْمَكْتُوبَةِ كَانَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ إِلَى الصَّلاةِ الأُخْرَى.(رواه الطبراني : 2667- المعجم الكبير للطبراني – باب 1 – الجزء : 3 – صفحة : 141)

Ibrahim bin Hasyim Al-Baghawi bercerita kepada kami, Katsir bin Yahya bercerita kepada kami, Hafash bin Umar Arraqasyiyyi bercerita kepada kami, Abdullah bin Hasan bin Hasan bercerita kepada kami, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa membaca ayat Kursi di akhir (sesudah) shalat fardu, ia akan berada dalam lindungan Allah hingga masuk waktu shalat yang lain. (HR.Thabrani : 2667, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thabrani, Bab 1, juz 1, hal.131)

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن حِمْيَرٍ، حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بن زِيَادٍ الأَلْهَانِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا أُمَامَةَ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَكُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ.(رواه الطبراني : 7408 - المعجم الكبير للطبراني – باب 2 – الجزء : 7– صفحة : 122)

Muhammad bin Himyar bercerita kepada kami, Muhammad bin Ziyad Al-Alhany bercerita kepadaku, ia berkata : Saya mendengar Abu Umamah berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa membaca ayat Kursi di akhir (sesudah) shalat fardu, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga, kecuali hanya menunggu maut.(HR.Thabrani : 7408, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thabrani, Bab 2, juz 7, hal.122)

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا يُونُسُ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ هِلَالٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِيِّ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنْ اللَّهِ حَافِظٌ وَلَا يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ. رواه البخاري : 3033 – صحيح البخاري - بَاب صِفَةِ إِبْلِيسَ وَجُنُودِهِ – الجزء : 11 – صفحة : 53)

Abu Ma’mar bercerita kepada kami, Abdulharits bercerita kepada kami, Yunus bercerita kepada kami, dari Humaid bin Hilal, dari Abu Shalih, dari Abu Sa’id, ia berkata : Rasulullah saw bersabda : Apabila kamu pergi ke tempat tidur, maka bacalah ayat Kursi, karena dengan bacaan itu kamu akan selalu mendapatkan penjagaan dari Allah, dan syetan tidak akan mendekat kepadamu hingga pagi hari. (HR.Bukhari : 3033, Shahih Bukhari, Bab Shifati Ibliis wa junuudihi, juz 11, hal.53)

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَاصِمٍ أَخْبَرَنَا حَمَّادٌ عَنْ عَاصِمٍ عَنِ الشَّعْبِىِّ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ : مَنْ قَرَأَ أَرْبَعَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةَ الْكُرْسِىِّ وَآيَتَانِ بَعْدَ آيَةِ الْكُرْسِىِّ وَثَلاَثاً مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ لَمْ يَقْرَبْهُ وَلاَ أَهْلَهُ يَوْمَئِذٍ شَيْطَانٌ وَلاَ شَىْءٌ يَكْرَهُهُ، وَلاَ يُقْرَأْنَ عَلَى مَجْنُونٍ إِلاَّ أَفَاقَ.(رواه الدارمي: 3446-سنن الدارمي-باب فَضْلِ أَوَّلِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآيَةِ الْكُرْسِىِّ – الجزء : 10- صفحة : 271)

‘Amer bin ‘Ashim bercerita kepada kami, Hammad mengabarkan kepada kami, dari ‘Ashim, dari Asy-Sya’by, dari Ibnu Mas’ud, ia berkata : Barangsiapa membaca 4 ayat dari awal surat Al-Baqarah, ayat Kursi, 2 ayat sesudah ayat Kursi, 3 ayat dari akhir surat Al-Baqarah, maka ketika itu syetan tidak berani mendekatinya dan tidak pula mendekati keluarganya dan tidak ada sesuatu yang dapat membencinya. Dan tidaklah dibaca (ayat Kursi itu) untuk orang gila kecuali ia akan disembuhkan (oleh Allah). (HR. Addarimy : 3446, Sunan Addarimy, Bab Fadhli awwali suuratil Baqarati wa aayatil-Kursiyyi, juz 10, hal.271)

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْحَارِثِ قَالَ حَدَّثَنِي سَلَمَةُ بْنُ وَرْدَانَ أَنَّ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ صَاحِبَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَهُ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ رَجُلًا مِنْ صَحَابَتِهِ فَقَالَ أَيْ فُلَانُ هَلْ تَزَوَّجْتَ قَالَ لَا وَلَيْسَ عِنْدِي مَا أَتَزَوَّجُ بِهِ - قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ إِذَا زُلْزِلَتْ الْأَرْضُ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ أَلَيْسَ مَعَكَ آيَةُ الْكُرْسِيِّ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ قَالَ بَلَى قَالَ رُبُعُ الْقُرْآنِ قَالَ تَزَوَّجْ تَزَوَّجْ تَزَوَّجْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ. (رواه احمد : 12831 - مسند احمد – باب مسند انس بن مالك – الجزء : 265 – صفحة : 378)

Abdullah bin Al-Harits bercerita kepada kami, ia berkata : Salamah bin Wardan becerita kepadaku, bahwa Anas bin Malik, yaitu sahabat Nabi saw menceritakan sebuah hadits kepadanya (Salamah bin Wardan). Bahwasanya Rasulullah saw bertanya kepada seorang lelaki dari sahabatnya seraya berkata : Hai Fulan! Apakah engkau telah kawin? Ia menjawab : Tidak, saya tidak mempunyai apa-apa untuk kawin. Rasulullah bertanya : Bukankah bersamamu ada “QUL HUWALLAAHU AHAD” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “QUL YAA AYYUHAL KAAFIRUUN” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “IDZAA ZULZILATIL ARDHU” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “IDZAA JAA-A NASHRULLAAHI” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Rasulullah bertanya lagi : Bukankah bersamamu ada “AYAT KURSI, YAITU : ALLAAHU LAA ILAAHA ILLAA HUU” ? Ia menjawab : Ya, ada. Beliau bersabda : Itu seperempat Al-Qur’an. Selanjutnya beliau bersabda : Kawinlah, kawinlah, kawinlah. Beliau sampai mengulangi tiga kali. (HR. Ahmad : 12831, Musnad Ahmad, Bab Musnad Anas bin Mal;k, juz : 265, hal.378)

Senin, 05 April 2010

KEUTAMAAN KHATAM AL-QUR'AN(سراج الدين شمس العارفين نور)


Mengkhatamkan Al-qur’an, yaitu membacanya dari awal (surat al-fatihah) hingga akhir (surat annas), dan setiap kali selesai sampai akhir, ia mengulanginya lagi dari awal. Hadis nabi :

عَنْ قَتَادَةَ عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ : الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ - قَالَ : وَمَا الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ؟ قَالَ الَّذِي يَضْرِبُ مِنْ أَوَّلِ الْقُرْآنِ إِلَى آخِرِهِ كُلَّمَا حَلَّ ارْتَحَلَ .(رواه الترمذي : 2872 – سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ أَنَّ الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ – الجزء : 10 – صفحة : 202)


Dari Qatadah, dari Zurarah bin Awfa, dari Ibnu Abbas, beliau mengatakan : Seseorang bertanya kepada Rasulullah : Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah? Beliau menjawab : Al-hal wal murtahal. Orang ini bertanya lagi : Apa itu Al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah? Beliau menjawab : Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal. (HR. Tirmidzi :2872, Sunan Tirmidzi, Bab maa jaa-a annal-Qur’an unzila ‘alaa sab’ati ahruf, juz 10, hal.202)

Mengkhatamkan Al-qur’an merupakan sunnah Rasulullah saw. Hal ini tergambar dari hadis berikut :

عَنْ مُطَرِّفٍ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ فِي كَمْ أَقْرَأُ الْقُرْآنَ قَالَ اخْتِمْهُ فِي شَهْرٍ قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ اخْتِمْهُ فِي عِشْرِينَ قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ اخْتِمْهُ فِي خَمْسَةَ عَشَرَ قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ اخْتِمْهُ فِي عَشْرٍ قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ اخْتِمْهُ فِي خَمْسٍ قُلْتُ إِنِّي أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ قَالَ فَمَا رَخَّصَ لِي. (رواه الترمذي : 2870 – سنن الترمذي -بَاب مَا جَاءَ أَنَّ الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ – الجزء : 10 – صفحة : 200)

Dari Mutharrif, dari Abi Ishaq, dari Abi Burdah, dari Abdullah bin Amru bin Ash, beliau berkata : Saya bertanya : Wahai Rasulullah saw, berapa lama aku sebaiknya membaca Al-Qur’an? Beliau menjawab : Khatamkanlah dalam satu bulan. Aku bertanya lagi : Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah? Beliau menjawab : Khatamkanlah dalam dua puluh hari. Aku bertanya lagi : Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah. Beliau menjawab : Khatamkanlah dalam lima belas hari. Aku bertanya lagi : Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah. Beliau menjawab : Khatamkanlah dalam sepuluh hari. Aku bertanya lagi : Aku masih mampu lebih lagi, wahai Rasulullah. Beliau menjawab : Khatamkanlah dalam lima hari. Aku bertanya lagi : Aku masih mampu lebih lagi, wahai Rasulullah. Namun beliau tidak memberikan kemurahan (izin) bagiku. (HR. Tirmidzi : 2870, Sunan Tirmidzi, Bab maa jaa-a annal Qur’an unzila ‘alaa sab’ati ahruf, juz 10, hal.200)

Orang yang mengikuti khataman Al-qur’an, seperti mengikuti kemenangan dalam perjuangan fi sabilillah dan pembagian harta ghanimah. Hadis Nabi :

عَنْ أَيُّوبَ عَنْ أَبِى قِلاَبَةَ ُ قَالَ : مَنْ شَهِدَ الْقُرْآنَ حِينَ يُفْتَحُ فَكَأَنَّمَا شَهِدَ فَتْحاً فِى سَبِيلِ اللَّهِ ، وَمَنْ شَهِدَ خَتْمَهُ حِينَ يُخْتَمُ فَكَأَنَّمَا شَهِدَ الْغَنَائِمَ تُقْسَمُ. (رواه الدارمي : 3535 - سنن الدارمي - باب فِى خَتْمِ الْقُرْآنِ- الجزء 10 – صفحة : 380)

Dari Ayyub, dari Abu Qilabah, ia berkata : Barangsiapa yang menyaksikan bacaan Al-Qur’an ketika dibuka (dimulai), maka seakan-akan ia mengikuti kemenangan dalam perjuangan fi sabilillah. Dan barangsiapa yang mengikuti pengkhataman Al-Qur’an maka seakan-akan ia mengikuti pembagian harta ghanimah. (HR. Addarimi :3535, Sunan Addarimi, Bab fii khatmil Quir’an, juz 10, hal.380)

Orang yang mengkhatamkan Al-qur’an akan mendapatkan doa/shalawat dari malaikat.

عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ سَعْدٍ بن ابِيْ وَقَّاص قَالَ : إِذَا وَافَقَ خَتْمُ الْقُرْآنِ أَوَّلَ اللَّيْلِ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى يُصْبِحَ ، وَإِنْ وَافَقَ خَتْمُهُ آخِرَ اللَّيْلِ صَلَّتْ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى يُمْسِىَ . (رواه الدارمي: 3547 -سنن الدارمي - باب فِى خَتْمِ الْقُرْآنِ - الجزء 10 – صفحة :392)

Dari Mus’ab bin Sa’d, dari Sa’d bin Abi Waqas, beliau berkata : Apabila Al-Qur’an dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bersalawat (berdoa) untuknya hingga subuh. Dan apabila khatam bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat/ berdoa untuknya hingga sore hati. (HR. Addarimi :3547, Sunan Addarimi, Bab fii khatmil Quir’an, juz 10, hal.392)

Orang yang mengkhatamkan Al-qur’an dosanya akan diampuni Allah. Hadis Nabi :

عن وبرة بن عبد الرحمن عن الأسود قال : مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ فَخَتَمَهُ نَهَارًا غُفِرَ لَهُ ذَالِكَ الْيَوْمِ، وَمَنْ خَتَمَهُ لَيْلاً غُفِرَ لَهُ تِلْكَ الَّليْلَةِ (رواه البيهقي : 2014- سنن البيهقي - شعبة الإيمان للبيهقي – الجزء 5 – صفحة : 86)

Dari Wabarah bin Abdirrahman dari Al-Aswad, ia berkata : Barangsiapa membaca Al-Qur’an, lalu ia mengkhatamkannya pada siang hari, maka pada hari itu dosanya diampuni, dan barangsiapa yang mengkhatamkannya pada malam hari, maka pada malam itu dosanya diampuni. (HR.Baihaqi : 2014, Sunan Al-Baihaqi, Syu’batul iman, juz 5, hal.86)

Ketika khatam Al-qur’an merupakan waktu yang mustajabah untuk berdoa kepada Allah. HadisNabi :

أَنَّ أَنَسَ بن مَالِكٍ كَانَ إِذَا خَتَمَ الْقُرْآنَ جَمَعَ أَهْلَهُ وَوَلَدَهُ فَدَعَا لَهُمْ .(رواه الطبراني : 673- المعجم الكبير للطبراني الجزء 1 – صفحة : 291)

Sesungguhnya ada kebiasaan Anas bin Malik apabila telah mengkhatamkan Al-Qur’an, beliau mengumpulkan keluarga dan anaknya, lalu beliau berdo’a untuk mereka. (HR. Thabrani : 673, Al-Mu’jam Al-Kabir Lith-Thabrani, juz 1, hal.291)