Rabu, 17 April 2013

اسم غير منصرف



Isim Ghairu Munsharif adalah Isim yang tidak bisa menerima tanwin atau kasrah dengan adanya  beberapa hal berikut :   
1.      Semua Isim ‘Alam (Nama) yang diakhiri dengan Ta Marbuthah (meskipun ia adalah Mudzakkar). Misalnya: فَاطِمَةُ  -آمِنَةُ  - مَكَّةُ  -مُعَاوِيَةُ  - حَمْزَةُ  dll.
2.      Semua Isim ‘Alam Muannats (meskipun tidak diakhiri dengan Ta Marbuthah). Misalnya: خَدِيْجَةُ - سَوْدَةُ - زَيْنَبُ  - بَغْدَادُ  - دِمَشْقُ dll.
3.      Isim ‘Alam yang merupakan kata serapan atau berasal dari bahasa ‘ajam (bukan Arab). Misalnya: إِبْرَاهِيْمُ - دَاوُدُ  - يُوْسُفُ  - فِرْعَوْنُ    قَارُوْنُ  dll.
4.      Isim ‘Alam yang menggunakan wazan (pola/bentuk) Fi’il. Misalnya: يَزِيْدُ   - أَحْمَدُ  - يَثْرِبُ  dll.
5.      Isim ‘Alam yang menggunakan wazan  فُعَل . Misalnya: عُمَرُ   زُحَلُ  dll.
6.      Semua Isim, baik Isim ‘Alam maupun bukan, yang diakhiri dengan huruf Alif-Nun. Misalnya: عُثْمَانُ سُلَيْمَانُ- رَمَضَانُ  - جَوْعَانُ  - غَضْبَانُ  dll.
7.       Semua Isim yang menggunakan wazan (pola/bentuk) أَفْعَل .Misalnya: أَفْضَلُ  - أَكْبَرُ - أَسْوَدُ dll.
8.      Isim Jamak yang mempunyai wazan yang di tengahnya terdapat Mad Alif. Misalnya: رَسَائِلُ   - أَنَاشِيْدُ  - شَوَارِعُ  -  قَبَائِلُ  dll.
9.      Isim ‘ADAD (عَدَد) atau Bilangan dari satu sampai sepuluh yang menggunakan wazan فَعَال atau مَفْعَل . Misalnya: ثُلاَثُ   -  رُبَاعُ  -  خُمَاسُ  -  مَعْشَرُ (kelompok), dll.  
10.    Isim  أُخَرُ   yang merupakan bentuk Jamak dari أُخْرَى .
11.    Isim yang huruf akhirnya berupa Alif Mamdudah ( أَلِف مَمْدُوْدَة ) atau Alif Lurus ( اء ). Misalnya : زَهْرَاءُ  - عُلَمَاءُ   أَصْدِقَاءُ   dll.  
12.    Isim-isim yang huruf akhirnya Alif Maqshurah ( أَلِف مَقْصُوْرَة ) atau Alif Bengkok   (ى)  Isim-isim ini huruf akhirnya tidak pernah berubah, dalam keadaan I’rab apapun. Misalnya :
   جَاءَ مُوْسَى
=    datang Musa
   رَأَيْتُ مُوْسَى
=    aku melihat Musa
   سَلَّمْتُ عَلَى مُوْسَى
=    aku memberi salam kepada Musa
13.  Nama yang tersusun dari dua kata (Tarkib Mazji) dan bukan Idlafah dan bukan  nama yang diakhiri وَيْهِ . Misalnya :   حَضرَمَوْت  - بَعْلَبَكَّ
Isim Ghairu Munsharih I’rab Rafa’ dg dhammah,  Nashab dan Jarr dg fathah. Contoh :
جَاءَ سُلَيْمَانُ
=     datang Sulaiman
رَأَيْتُ سُلَيْمَانَ
=     aku melihat Sulaiman
سَلَّمْتُ عَلَى سُلَيْمَانَ
=     aku memberi salam kepada Sulaiman
Perkecualian : Bila Isim-isim tersebut menggunakan awalan Alif-Lam Ma’rifah, maka tanda jarr dengan  kasrah.
سَلَّمْتُ عَلَى قَبَائِلَ
=     aku memberi salam kepada suku-suku
سَلَّمْتُ عَلَى الْقَبَائِلِ
=     aku memberi salam kepada suku-suku itu
سَلَّمْتُ عَلَى عُلَمَاءَ
=     aku memberi salam kepada para ulama
سَلَّمْتُ عَلَى الْعُلَمَاءِ
=     aku memberi salam kepada para ulama itu

Sabtu, 06 April 2013

KATA "ISMUN" (NAMA)



Kata  اسمٌ  “ISMUN”
Kata “ISMUN” dalam Al-Qur’an ditemukan dua macam penulisan, yaitu membuang huruf alif dalam kata   اسْمٌ dari kalimat  بِسْمِ اللهِ dan menetapkannya (tidak membuangnya)  dari kalimat  اقرأ باسم رَبّكَ-  Berhubungan dengan hal ini, Imam Al-Fakhrurrazi dalam tafsirnya menjelaskan perbedaannya sebagai berikut :  
1. Kalimat بِسْمِ اللهِ banyak disebut dalam banyak kesempatan ketika melakukan berbagai macam aktivitas,  dan agar menjadi ringan, dibuanglah huruf alif yang terdapat dalam kata   اسْمٌ dari kalimat  بِسْمِ اللهِ  . Berbeda dengan huruf alif dalam kata  اسْمٌdari kalimatإِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ  , huruf alif tetap ada, tidak dibuang,  karena kalimat ini tidak banyak disebut  seperti basmalah. 
2. Al-Khalil berkata : Huruf alif dalam kata  اسْمٌpada kalimat بِسْمِ اللهِ  dibuang karena huruf tersebut masuk ke dalam kata اسْمٌ dengan adanya sebab, yaitu huruf Sin mati, seperti  سْمٌ tidak mungkin menjadi permulaan kata; oleh karenannya dimasukkanlah huruf alif kepadanya, sehingga menjadi اسْمٌ [1]. Setelah huruf Ba’ masuk ke dalam kata اسْمٌ   maka ia berfungsi sebagai pengganti huruf alif yang dibuang,  sehingga menjadi بِسْمِ اللهِ Sedangkan huruf alif pada kalimat  اقرأ باسم رَبّكَ tidak dapat dibuang, karena huruf Ba’ pada kata  باسمtidak dapat menggantikan huruf alif sebagaimana yang terdapat dalam kalimat بِسْمِ اللهِ   Alasannya adalah pada kalimat  اقرأ باسم رَبّكَ dapat membuang huruf Ba’ tanpa merusak  arti, umpama : اقرأ اسمَ رَبّكَ tetapi  Ba’ pada kalimat بِسْمِ اللهِ  tidak dapat dibuang karena membuangnya dapat  merusak arti. [2]
Kata “ismun” yang berarti “nama” dalam basmalah mengandung maksud yang sangat agung, mengingat pentingnya nama itu sendiri. Tidak dapat dibayangkan sebuah dunia tanpa nama. Sebuah pergaulan manusia tanpa nama. Sebuah lingkuangan keluarga atau sosial tanpa nama, baik nama orang atau nama lainnya. Kalau itu yang terjadi, tentu tidak akan ada kata-kata, tidak akan ada tegur sapa dan tidak akan ada warta berita. Tidak akan ada panggilan, tidak akan ada buku dan juga tidak akan ada puisi.  Yang ada hanyalah suara alami seperti yang ditampilkan atau diperagakan oleh dunia hewan. Lalu untuk siapa alam semseta yang sangat indah ini diciptakan? Pertanyaan ini telah  dijawab dalam Al-Qur’an, bahwa Allah telah menciptakan alam semesta ini dengan segala isinya untuk manusia :
هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS.Al-Baqarah : 29)
 Dalam awal ayat surat Al-Baqarah ayat 29 di atas yang terjemahannya : “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu”. Ayat ini  dapat dipahami bahwa segala apa yang terbentang di bumi dan segala isinya adalah mengandung banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhan manusia.[3] Dan manusia dapat memanfaatkannya,  kecuali jika ada dalil yang melarangnya.
Di dalam nama tercakup sifat dan identitas orang, benda atau pribadi yang memiliknya. Bahkan nama bisa mewakili yang mempunyai nama untuk dihadirkan, walaupun secara fisik tidak hadir untuk disapa dan dikenali. Seorang penceramah bisa bercerita mengenai peran dan sepak terjang para sahabat Nabi dalam perjuangan membela Rasulullah saw ketika menjalankan tugas sucinya, sehingga mereka yang mendengarnya adakalanya sedih, senang, terharu dan muncul semangat untuk meneladani para sahabat yang didengar melalui cerita itu, padahal mereka tidak pernah bertemu dengan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut. Begitu pentingnya “nama”, Allah mengajarkan “nama-nama” kepada Adam (manusia) dari nama-nama makhluk yang bertebaran di muka bumi, sebagaimana yang telah diabadikan dalam  Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 31 – 33 : 
وَعَلَّمَ آدَمَ الأسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَؤُلاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (البقرة :31)
Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"
 قَالُوا سُبْحَانَكَ لا عِلْمَ لَنَا إِلا مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ (البقرة :32)
Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi  Maha Bijaksana.[4]
 قَالَ يَا آدَمُ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ فَلَمَّا أَنْبَأَهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُلْ لَكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُونَ (البقرة :33)
Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini." Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?"

Allah-pun mempunyai nama-nama indah (Al-Asmaaul Husna) yang diabadikan dalam kitab suci Al-Qur’an, sebagai penjelasan bagi hamba-Nya agar mengenal akan kemahaan-Nya, dan berdo’a dengan-Nya.  
وَ ِللّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى فَادْعُوهُ بِهَا وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Dan Allah memiliki nama-nama indah (Al-Asmaaul Husna), maka berdo'alah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama indah itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS.Al-A’raaf  : 180)
قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا.(الإسرأ :110)
Katakanlah : Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaa ul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu. (QS.Al-Isra : 110)
هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ
Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (QS.Al-Hasyr : 22)
 هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ
 Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (QS.Al-Hasyr : 23)
هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ      
 Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepadaNya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS.Al-Hasyr : 24)
Melalui nama-nama Allah kita dapat mendekatkan diri dan berdialog dengan-Nya. Bahkan, setiap nama itu sesungguhnya mengandung pancaran energi dari sifat-sifat-Nya, sehingga siapa pun yang membuka hati dan pikiran serta membersihkan diri dari maksiat dan dosa, lalu memanggil-Nya, maka Dia akan hadir dan membagi energi ke dalam dirinya dari sifat-sifat-Nya yang indah dan agung itu, sehingga perilakunya akan memperoleh bimbingan berupa akhlak-Nya yang indah dan terpuji dalam mengarungi kehidupan di alam fana ini. Demikialah salah satu cara menjaga dan memelihara nama-nama indah (Al-Asmaul Husna) sebagaimana sabda Nabi saw, :   
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ.(رواه البخاري : 6843 – صحيح البخاري – المكتبة الشاملة – باب إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا – الجزء : 22 – صفحة : 393)
Telah menceritakan kepada kami Abul Yaman, telah mengabarkan kepada kami Syu'aib, telah menceritakan kepada kami Abuz Zinad, dari Al A'raj dari Abu Hurairah, Rasulullah saw,  bersabda : "Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu. Barangsiapa yang menghitungnya (menjaganya) maka dia akan masuk surga".(HR.Bukhari : 6843, Shahih Bukhari, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab Inna lillaahi tis’atan wa tis’iina isman miatan illaa wahidan, juz : 22, hal. 393)
 حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ يَعْقُوبَ الْجُوزَجَانِيُّ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ صَالِحٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ لِلَّهِ تَعَالَى تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً غَيْرَ وَاحِدٍ مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ الْغَفَّارُ الْقَهَّارُ الْوَهَّابُ الرَّزَّاقُ الْفَتَّاحُ الْعَلِيمُ الْقَابِضُ الْبَاسِطُ الْخَافِضُ الرَّافِعُ الْمُعِزُّ الْمُذِلُّ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ الْحَكَمُ الْعَدْلُ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ الْحَلِيمُ الْعَظِيمُ الْغَفُورُ الشَّكُورُ الْعَلِيُّ الْكَبِيرُ الْحَفِيظُ الْمُقِيتُ الْحَسِيبُ الْجَلِيلُ الْكَرِيمُ الرَّقِيبُ الْمُجِيبُ الْوَاسِعُ الْحَكِيمُ الْوَدُودُ الْمَجِيدُ الْبَاعِثُ الشَّهِيدُ الْحَقُّ الْوَكِيلُ الْقَوِيُّ الْمَتِينُ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ الْمُحْصِي الْمُبْدِئُ الْمُعِيدُ الْمُحْيِي الْمُمِيتُ الْحَيُّ الْقَيُّومُ الْوَاجِدُ الْمَاجِدُ الْوَاحِدُ الصَّمَدُ الْقَادِرُ الْمُقْتَدِرُ الْمُقَدِّمُ الْمُؤَخِّرُ الْأَوَّلُ الْآخِرُ الظَّاهِرُ الْبَاطِنُ الْوَالِيَ الْمُتَعَالِي الْبَرُّ التَّوَّابُ الْمُنْتَقِمُ الْعَفُوُّ الرَّءُوفُ مَالِكُ الْمُلْكِ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ الْمُقْسِطُ الْجَامِعُ الْغَنِيُّ الْمُغْنِي الْمَانِعُ الضَّارُّ النَّافِعُ النُّورُ الْهَادِي الْبَدِيعُ الْبَاقِي الْوَارِثُ الرَّشِيدُ الصَّبُورُ.(رواه الترمذي : 3429- سنن الترمذي– المكتبة الشاملة – باب ما جاء فى عقد التسبيح باليد – الجزء : 11 – صفحة : 412)
Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Ya'qub Al-Jurajani, telah menceritakan kepada kami Shafwan bin Shalih, telah menceritakan kepada kami Al-Walid bin Muslim, telah menceritakan kepada kami Syu'aib bin Abu Hamzah, dari Abu Az Zinad, dari Al-A'raj, dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah saw,  bersabda : "Sesungguhnya Allah ta'ala memiliki sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu. Barangsiapa yang menghitungnya (menjaganya) maka dia akan masuk surga. Yaitu; Allah yang tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia Ar Rahman, Ar Rahim, Al Malik, Al Quddus, As Salamu, Al Mukmin, Al Muhaiminu, Al 'Aziz, Al Jabbar, Al Mutakabbir, Al Khaliq, Al Bari-u, Al Mushawwiru, Al Ghaffaru, Al Qahhar, Al Wahhab, Ar Razzaq, Al Fattah, Al 'Alim, Al Qabidh, Al Basith, Al Khafidh, Al Mu'iz, Al Mudzill, As Sami', Al Bashir, Al Hakam, Al 'Adlu, Al Lathif, Al Khabir, Al Halim, Al 'Azhim, Al Qhafur, Asy Syakur, Al 'Aliyyu, Al Kabir, Al Hafizh, Al Muqitu, Al Hasib, Al Jalil, Al Karim, Ar Raqib, Al Mujib, Al Wasi', Al Hakim, Al Wadud, Al Majid, Al Ba'its, Asy Syahid, Al Haqqu, Al Wakil, Al Qawiyyu, Al Matin, Al Waliyyu, Al Hamid, Al Muhshi, Al Mubdi`, Al Mu'id, Al Muhyi, Al Mumit, Al Hayyu, Al Qayyum, Al Wajid, Al Majid, Al Wahid, Ash Shamad, Al Qadir, Al Muqtadir, Al Muqaddim, Al Muakhkhir, Al Awwalu, Al Akhir, Azh Zhahir, Al Bathin, Al Wali, Al Muta' Ali, Al Barru, At Tawwab, Al Muntaqimu, Al Qafuwwu, Ar Rauf, Malikul Mulk, Dzul Jalal wal Ikram, Al Muqsith, Al Jami', Al Ghani, Al Mani', Adh Dharr, An Nafi', Al Hadi, Al Badi', Al Baqi, Al Warits, Ar Rasyid, Ash Shabur." (HR. Tirmidzi :3429, Sunan Tirmidzi, Al-Maktabah Asy-Syamilah, bab maa jaa-a fii ‘uqadit tasbiiih bilyad, juz : 11, hal.412)
Mengapa jumlah nama Allah sembilan puluh sembilan? Angka sembilan adalah angka terbesar dan setelahnya kembali lagi ke angka nol dan selanjutnya angka satu. Jadi angka sembilan kuadrat bisa juga bermakna sebuah jumlah yang tak terhingga ibarah jumlah pancaran cahaya matahari. Cahaya Kasih Ilahi dengan segala kebesaran-Nya tidaklah bisa dihitung oleh manusia karena sangat luasnya. Allah berfirman :

وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ فَسَأَكْتُبُهَا لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَالَّذِينَ هُمْ بِآَيَاتِنَا يُؤْمِنُونَ  

....Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami. (QS.Al-A’raf : 156)

Al-Asma Al-Husna


No

Latin   

Arab

Arti   

0

الله
Allah
1
الرحمن
Yang Maha Pemurah
2
الرحيم
Yang Maha Penyayang
3
الملك
Yang Maha Merajai/Memerintah
4
القدوس
Yang Maha Suci
5
السلام
Yang Maha Memberi Kesejahteraan
6
المؤمن
Yang Maha Memberi Keamanan
7
المهيمن
Yang Maha Pemelihara
8
العزيز
Yang Maha Perkasa
9
الجبار
Yang Memiliki Mutlak Kegagahan
10
المتكبر
Yang Maha Megah, Yang Memiliki Kebesaran
11
الخالق
Yang Maha Pencipta
12
البارئ
Yang Maha Melepaskan (Membuat, Membentuk, Menyeimbangkan)
13
المصور
Yang Maha Membentuk Rupa (makhluknya)
14
الغفار
Yang Maha Pengampun
15
القهار
Yang Maha Memaksa
16
الوهاب
Yang Maha Pemberi Karunia
17
الرزاق
Yang Maha Pemberi Rezeki
18
الفتاح
Yang Maha Pembuka Rahmat
19
العليم
Yang Maha Mengetahui (Memiliki Ilmu)
20
القابض
Yang Maha Menyempitkan (makhluknya)
21
الباسط
Yang Maha Melapangkan (makhluknya)
22
الخافض
Yang Maha Merendahkan (makhluknya)
23
الرافع
Yang Maha Meninggikan (makhluknya)
24
المعز
Yang Maha Memuliakan (makhluknya)
25
المذل
Yang Maha Menghinakan (makhluknya)
26
السميع
Yang Maha Mendengar
27
البصير
Yang Maha Melihat
28
الحكم
Yang Maha Menetapkan
29
العدل
Yang Maha Adil
30
اللطيف
Yang Maha Lembut
31
الخبير
Yang Maha Mengenal
32
الحليم
Yang Maha Penyantun
33
العظيم
Yang Maha Agung
34
الغفور
Yang Maha Pengampun
35
الشكور
Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai)
36
العلى
Yang Maha Tinggi
37
الكبير
Yang Maha Besar
38
الحفيظ
Yang Maha Memelihara
39
المقيت
Yang Maha Pemberi Kecukupan
40
الحسيب
Yang Maha Membuat Perhitungan
41
الجليل
Yang Maha Luhur
42
الكريم
Yang Maha Mulia
43
الرقيب
Yang Maha Mengawasi
44
المجيب
Yang Maha Mengabulkan
45
الواسع
Yang Maha Luas
46
الحكيم
Yang Maha Maka Bijaksana
47
الودود
Yang Maha Mengasihi
48
المجيد
Yang Maha Mulia
49
الباعث
Yang Maha Membangkitkan
50
الشهيد
Yang Maha Menyaksikan
51
الحق
Yang Maha Benar
52
الوكيل
Yang Maha Memelihara
53
القوى
Yang Maha Kuat
54
المتين
Yang Maha Kokoh
55
الولى
Yang Maha Melindungi
56
الحميد
Yang Maha Terpuji
57
المحصى
Yang Maha Mengalkulasi (Menghitung Segala Sesuatu)
58
المبدئ
Yang Maha Memulai
59
المعيد
Yang Maha Mengembalikan Kehidupan
60
المحيى
Yang Maha Menghidupkan
61
المميت
Yang Maha Mematikan
62
الحي
Yang Maha Hidup
63
القيوم
Yang Maha Mandiri
64
الواجد
Yang Maha Penemu
65
الماجد
Yang Maha Mulia
66
الواحد
Yang Maha Tunggal
67
الاحد
Yang Maha Esa
68
الصمد
Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta
69
القادر
Yang Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan
70
المقتدر
Yang Maha Berkuasa
71
المقدم
Yang Maha Mendahulukan
72
المؤخر
Yang Maha Mengakhirkan
73
الأول
Yang Maha Awal
74
الأخر
Yang Maha Akhir
75
الظاهر
Yang Maha Nyata
76
الباطن
Yang Maha Ghaib
77
الوالي
Yang Maha Memerintah
78
المتعالي
Yang Maha Tinggi
79
البر
Yang Maha Penderma (Maha Pemberi Kebajikan)
80
التواب
Yang Maha Penerima Tobat
81
المنتقم
Yang Maha Pemberi Balasan
82
العفو
Yang Maha Pemaaf
83
الرؤوف
Yang Maha Pengasuh
84
مالك الملك
Yang Maha Penguasa Kerajaan (Semesta)
85
ذو الجلال و الإكرام
Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan
86
المقسط
Yang Maha Pemberi Keadilan
87
الجامع
Yang Maha Mengumpulkan
88
الغنى
Yang Maha Kaya
89
المغنى
Yang Maha Pemberi Kekayaan
90
المانع
Yang Maha Mencegah
91
الضار
Yang Maha Penimpa Kemudharatan
92
النافع
Yang Maha Memberi Manfaat
93
النور
Yang Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya)
94
الهادئ
Yang Maha Pemberi Petunjuk
95
البديع
Yang Maha Pencipta Yang Tiada Bandingannya
96
الباقي
Yang Maha Kekal
97
الوارث
Yang Maha Pewaris
98
الرشيد
Yang Maha Pandai
99
الصبور
Yang Maha Sabar


[1].  Kata إِسْمٌ  asalnya adalah سُـمـْـــوٌ, lalu huruf WAW dibuang karena dianggap berat, sehingga menjadi سُمْ kemudian harakat WAW dipindahkan kepada huruf MIM, menjadi سُمٌ selanjutnya  huruf SIN dimatikan, karena ketika harakat WAW dipindahkan kepada huruf MIM mati, maka berarti memberi harakat (menghiudpkan) huruf mati, lalu (berlakulah sebuah kaidah), bahwa setiap memberi harakat kepada huruf mati, maka wajib mematikan huruf hidup yang berharakat, agar terjadi keseimbagan, dan menjadi سْمٌ - Dan suatu kata tidak mungkin dimulai dengan haruf mati, maka ditambahkanlah huruf HAMZAH dipermulaannya, sehingga menjadi إِسْمٌ (baca Tafsir Ar-Razi, oleh Al-Fajhrurrazi, Al-Maktbah Asy-Syamilah, bab 7, juz 1, hal. 97).
[2]. Al-Fajhrurrazi, Tafsir Ar-Razi, Al-Maktbah Asy-Syamilah, bab 7, juz 1, hal. 95
[3].  Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Ghalib Al-Amali Abu Ja’far Ath-Thabari, Tafsir Ath-Thabari, Al-Maktabah Asy-Syamilah, Cetakan Tahun  2000 M / 1420 H,  juz 1, hal. 426  
[4].  Sebenarnya terjemahan "Hakim" dengan "Maha Bijaksana" kurang tepat, karena arti "Hakim" ialah: yang mempunyai hikmah. Hikmah ialah penciptaan dan penggunaan sesuatu sesuai dengan sifat, guna dan faedahnya. Di sini diartikan dengan "Maha Bijaksana" karena dianggap arti tersebut hampir mendekati arti "Hakim".