Jumat, 26 Maret 2010

PEMBATAS TEMPAT SALAT (سراج الدين شمس العارفين نور)

Suatu hal yang sangat penting diperhatikan sebelum mengerjakan salat adalah membuat tanda di perbatasan tempat sujud agar orang tidak lewat di depan orang yang sedang salat, sebab lewat di depan orang yang sedang salat hukumnya haram. Rasulullah saw bersabda :

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ أَبِي النَّضْرِ عَنْ بُسْرِ بْنِ سَعِيدٍ أَنَّ زَيْدَ بْنَ خَالِدٍ الْجُهَنِيَّ أَرْسَلَهُ إِلَى أَبِي جُهَيْمٍ يَسْأَلُهُ مَاذَا سَمِعَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَارِّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي قَالَ أَبُو جُهَيْمٍ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي مَاذَا عَلَيْهِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ (رواه مسلم : 785- بَاب مَنْعِ الْمَارِّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي – الجزء : 3 – صفحة : 76)

Yahya bin Yahya bercerita kepada kami, ia berkata : Saya membacakan sebuah hadis kepada Malik, hadis itu diterima dari Abu Nadher, dari Buser bin Sa’id, bahwasanya Zaid bin Khalid Al-Juhany mengutus Buser bin Sa’id kepada Abu Juhaim menanyakan sebuah hadis yang didengar dari Rasulullah tentang orang yang lewat di depan orang salat. Abu Juhaim berkata : Rasulullah saw bersabda : Kalau orang yang lewat di depan orang salat mengetahui apa (dosa) yang akan ditimpakan atas dirinya (dari kejahatan perbuatannya itu), tentu lebih baik baginya berhenti (menanti) empat puluh tahun dari pada lewat di depan orang salat. (HR.Muslim : 785, Bab Man’ilmarri bayna yadayil-Mushalli, juz 3, hal. 76)

Alat pembatas dapat berupa dinding, sajadah, atau tongkat dan lain sebagainya. Rasulullah saw bersabda :

حَدَّثَنَا زَيْدٌ أَخْبَرَنِي عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ الرَّبِيعِ بْنِ سَبْرَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَتِرْ لِصَلَاتِهِ وَلَوْ بِسَهْمٍ ( مسند احمد : 14799 – سنن احمد -باب حَدِيثُ سَبْرَةَ بْنِ مَعْبَدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ – الجزء : 30 – صفحة : 354)

Zaid bercerita kepada kami, Abdulmalik bin Rabi’ bin Sabrah mengabarkan kepadaku, dari ayahnya, diterima dari kakeknya, ia berkata, Rasulullah saw bersabda : Apabila salah seorang kamu hendak mengerjakan salat, buatlah dinding pembatas buat salatmu walaupun dengan sebuah anak panah. (HR.Ahmad : 14799, Sunan Ahmad, Bab Hadis Sabrah bin Ma’bad ra, juz 30, hal.354)

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ إِسْمَعِيلَ بْنِ أُمَيَّةَ عَنْ أَبِي عَمْرِو بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ حُرَيْثٍ عَنْ جَدِّهِ حُرَيْثِ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَجْعَلْ تِلْقَاءَ وَجْهِهِ شَيْئًا فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيَنْصِبْ عَصًا فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيَخُطَّ خَطًّا ثُمَّ لَا يَضُرُّهُ مَا مَرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ (رواه ابن ماجه : 933- سنن ابن ماجه - بَاب مَا يَسْتُرُ الْمُصَلِّي – الجزء : 3 – صفحة : 201)

Sufyan bin Uyainah bercerita kepada kami, dari Isma’il bin Umayyah, dari Abu ‘Amer bin Muhammad bin ‘Amer bin Huraits, diterima dari kakeknya, yaitu Huraits bin Salim, bersumber dari Abu Hurairah, diterima dari Nabi saw, beliau bersabda : Apabila salah seorang kamu hendak mengerjakan salat, maka jadikanlah sesuatu dihadapan mukanya (sebagai pembatas). Jika tidak mendapatkannya, tegakkanlah sebuah tongkat, dan jika tidak mendapatkannya, buatlah sebuah garis. Dengan demikian, sesuatu yang lewat di hadapan orang yang sedang salat itu tidak memadaratkannya (maksudnya : tidak termasuk menggangu orang yang sedang salat). (HR. Ibnu Majah : 933, Sunan Ibnu Majah, Bab Maa Yasturu Al-Mushalli, juz 3, hal. 201)

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ أَبِي جَعْفَرٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَسْتَحِبُّ الصَّلَاةَ فِي الْحِيطَانِ. ((رواه الترمذي : 306 - سنن الترمذي - بَاب مَا جَاءَ فِي الصَّلَاةِ فِي الْحِيطَانِ – الجزء : 2 – صفحة : 60)

Al-Hasan bin Abi Ja’far bercerita kepada kami, dari Abu Az-Zubair, dari Abi Ath-Thufail, dari Mu'az bin Jabal : Bahwasanya Nabi saw, senang mengerjakan salat (menghadap) ke dinding (sebagai pembatas). (HR. Tirmidzi : 306, Sunan Tirmidzi, Bab Maa jaa-a fish-Shalati fil-Hiithani, juz 2, hal.60)

Diantara fungsi pembatas tersebut adalah jauh dari gangguan setan, sehingga salat akan lebih mudah untuk khusyu’. Berkaitan dengan hal tersebut Rasulullah saw bersabda :

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ عَنْ نَافِعِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ أَبِي حَثْمَةَ يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ إِلَى سُتْرَةٍ فَلْيَدْنُ مِنْهَا لَا يَقْطَعْ الشَّيْطَانُ عَلَيْهِ صَلَاتَهُ. (رواه ابو داود : 596 – سنن ابو داود - بَاب الدُّنُوِّ مِنْ السُّتْرَةِ – الجزء : 2 – صفحة : 349)

Sufyan bercerita kepada kami, dari Shafwan bin Sulaim, dari Nafi’ bin Jubair, dari Suhail bin Abi Hatsmah yang sampai kepada Nabi saw, beliau bersabda : Apabila salah seorang kamu mengerjakan salat di depan pembatas, hendaklah mendekat kepada pembatas itu, niscaya setan tidak dapat memutuskan salatnya. (HR.Abu Daud :596, Sunan Abu Daud, Babunnuduwwi minassitrah, juz 2, hal.349)

Rabu, 17 Maret 2010

MINUM KHAMAR(سراج الدين شمس العارفين نور)


Sungguh sangat berat penderitaan akibat mengkonsumsi yang dilarang Allah, seperti “Khamar” dan sejenisnya, bukan hanya penderitaan jasmaniyah, tetapi penderitaan ruhaniyah-pun sangat menyedihkan. Mari kita renungkan berita dari Rasulullah saw berikut ini :
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُبَيْدِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً فَإِنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ فَإِنْ عَادَ كَانَ حَقًّا عَلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْ يَسْقِيَهُ مِنْ نَهَرِ الْخَبَالِ قِيلَ وَمَا نَهَرُ الْخَبَالِ قَالَ صَدِيدُ أَهْلِ النَّارِ.(رواه احمد : 4681 – مسند احمد – باب مسند عبد الله بن عمر- الجزء : 10 – صفحة : 217)
Dari Ibnu Umar, bahwa Nabi saw, bersabda : Barangsiapa yang minum khamar, maka shalatnya tidak diterima 40 hari/malam. Jika ia bertobat, maka Allah akan menerima tobatnya. Namun bila kembali lagi, maka hak Allah untuk memberinya minum dari sungai Khabal. Seseorang bertanya : Apakah sungai Khabal itu?" Beliau menjawab : Sungai Khabal itu adalah nanahnya penduduk neraka. (HR Ahmad: 4681, Musnad Ahmad, Bab Musnad Abdullah bin Umar, juz 10, hal.217)
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ يَزِيدَ عَنْ ابْنِ الدَّيْلَمِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ وَسَكِرَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ صَبَاحًا وَإِنْ مَاتَ دَخَلَ النَّارَ فَإِنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَإِنْ عَادَ فَشَرِبَ فَسَكِرَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ صَبَاحًا فَإِنْ مَاتَ دَخَلَ النَّارَ فَإِنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَإِنْ عَادَ فَشَرِبَ فَسَكِرَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ صَبَاحًا فَإِنْ مَاتَ دَخَلَ النَّارَ فَإِنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَإِنْ عَادَ كَانَ حَقًّا عَلَى اللَّهِ أَنْ يَسْقِيَهُ مِنْ رَدَغَةِ الْخَبَالِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا رَدَغَةُ الْخَبَالِ قَالَ عُصَارَةُ أَهْلِ النَّارِ.(رواه ابن ماجه : 3368 – سنن ابن ماجه - بَاب مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ – الجزء : 10 – صفحة : 150)
Dari Abdullah bin Amr berkata : Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa yang minum khamar lalu mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila dia mati masuk neraka. Bila dia taubat, maka Allah akan mengampuninya. Namun bila kembali minum khamar dan mabuk, tidak diterima shalatnya 40 hari. Bila mati masuk neraka. Bila dia kembali minum, maka hak Allah untuk memberinya minum dari Radaghatul Khabal di hari kiamat. Para shahabat bertanya : Ya Rasulullah : Apakah Radaghatul khabal itu? Beliau menjawab : Radaghatul khabal itu adalah perasan penduduk neraka. (HR.Ibnu Majah : 3368, Sunan Ibnu Majah, Bab Man Syaribal-Khamri Lam Tuqbal lahuu Shalaatun,. Juz 10, hal. 150)
أَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا سُرَيْجُ بْنُ يُونُسَ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ عَنْ الْعَلَاءِ وَهُوَ ابْنُ الْمُسَيَّبِ عَنْ فُضَيْلٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ : مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فَلَمْ يَنْتَشِ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ مَا دَامَ فِي جَوْفِهِ أَوْ عُرُوقِهِ مِنْهَا شَيْءٌ - وَإِنْ مَاتَ مَاتَ كَافِرًا - وَإِنْ انْتَشَى لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلَاةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً - وَإِنْ مَاتَ فِيهَا مَاتَ كَافِرًا.(رواه النسائي : 5573 – سنن النسائي – باب ذِكْرُ الْآثَامِ الْمُتَوَلِّدَةِ عَنْ شُرْبِ الْخَمْرِ – الجزء : 17 – صفحة :145 )
Dari Ibnu Umar berkata : Barangsiapa yang meminum khamar meski tidak sampai mabuk, tidak diterima shalatnya selagi masih ada tersisa di mulutnya atau tenggorokannya. Apabila dia mati maka dia mati dalam keadaan kafir. Bila sampai mabuk, maka tidak diterima shalatnya 40 malam. Dan bila dia mati, maka mati dalam keadaan kafir. (HR An-Nasai : 5573, Sunan Nasai, Bab Dzikru-Aatsam Al-Mutawallad ‘an Syurbil Khamr, juz 17, hal.135)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (90) إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ (91)
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (QS. Al-Maidah [5] : 90- 91)

Minggu, 14 Maret 2010

الله الغفار (ALLAH MAHA PENGAMPUN)

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (QS.Ali ‘Imran [3] : 133)

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ إِسْحَقَ الْجَوْهَرِيُّ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ حَدَّثَنَا كَثِيرُ بْنُ فَائِدٍ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عُبَيْدٍ قَال سَمِعْتُ بَكْرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيَّ يَقُولُ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلَا أُبَالِي - يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي - يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً. (رواه الترمذي : 3463 – سنن الترمذي - بَاب فِي فَضْلِ التَّوْبَةِ وَالِاسْتِغْفَارِ وَمَا ذُكِرَ مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ لِعِبَادِهِ – الجزء 11 – صفحة : 448)

Anas bin Malik bercerita kepada kami, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah saw, bersabda : Allah Tabaaroka wa Ta’aalaa berfirman : Hai anak Adam! Sesungguhnya apa yang engkau mohon dan engkau harapkan kepada-Ku tentang pengampunan dosa yang ada padamu, pasti akan Aku berikan ampunan buatmu, dan Aku tidak peduli sebesar apapun dosa itu. Hai anak Adam! Andaikata dosa-dosamu sepenuh awan di langit, lalu engkau berharap kepada-Ku untuk mendapatkan ampunan, pasti Aku berikan ampunan buatmu, dan Aku tidak peduli sebesar apapun dosa itu. Hai anak Adam! Sesungguhnya, andaikata engkau datang kepada-Ku dengan membawa dosa sepenuh bumi, lalu engkau menemui Aku dengan tidak mempersekutukan Aku dengan sesuatu apapun, niscaya Aku akan menyambutmu dengan ampunan sepenuh bumi. (HR.Tirmidzi : 3463, Sunan Tirmidzi, Bab Fii Fadhlit-Taubah wal-istighfar Wamma Dzukira min Rahmatillahi Li’ibaadih, juz 11, hal.448)

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُصْعَبٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ (رواه ابن ماجه : 3809 – سنن ابن ماجه - بَاب الِاسْتِغْفَارِ- الجزء : 11 – صفحة : 266)

Dari Abdullah bin ‘Abbas ia berkata : Rasulullah saw, bersabda : Barangsiapa yang selalu beristighfar (memohon ampunan kepada Allah), maka Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari setiap kesulitan, jalan keluar dari setiap kesempitan dan memberinya rezeki dari arah yang tidak terkirakan. (HR. Ibnu Majah : 3809 Sunan Ibnu Majah, Bab Istighfar, juz 11, hal.266)

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي لَأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِي الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّة. (رواه ابن ماجه : 3805 – سنن ابن ماجه - بَاب الِاسْتِغْفَارِ- الجزء : 11 – صفحة :262)

Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya aku memohon ampunan kepada Allah dan bertobat kepada-Nya dalam satu hari sebanyak seratus kali. (HR. Ibnu Majah : 3805, Sunan Ibnu Majah, Bab Istighfar, juz 11, hal.262)

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ بْنِ سَعِيدِ بْنِ كَثِيرِ بْنِ دِينَارٍ الْحِمْصِيُّ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عِرْقٍ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ بُسْرٍ يَقُولُ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طُوبَى لِمَنْ وَجَدَ فِي صَحِيفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيرًا. (رواه ابن ماجه : 3808 – سنن ابن ماجه - بَاب الِاسْتِغْفَارِ- الجزء : 11 – صفحة :265)

Muhammad bin Abdurrahman bin ‘Irq bercerita kepada kami, saya mendengar Abdullah bin Busr berkata : Rasulullah saw. bersabda : Berbahagialah orang-orang yang banyak beristighfar dalam lembaran hidupnya. (HR. Ibnu Majah : 3808, Sunan Ibnu Majah, Bab Istighfar, juz 11, hal.265)